Membangun Manajemen dengan Kegiatan Ekstrakurikuler yang Berbasis Pengembangan Karakter Siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun
Keywords:
Manajemen, Ekstrakurikuler, Pengembangan Karakter SiswaAbstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan manajemen dengan kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis pengembangan karakter siswa. Manajemen yang berbasis pengembangan karakter melibatkan pendayaguanaan sumberdaya yang ada dalam lingkup Pendidikan sehingga dapat menumbuhkan dan membentuk karakter yang psoitif kepada para peserta didik yang berada di lingkungan sekolah. Manajemen pengembangan karakter ini berfokus kepada pengembnagan karakter serta nila-nilai yang positif peserta didik di lingkungan sekolah, agar peserta didik tersebut menjadi pribadi berkualitas yang memiliki sikap positif, moral yang kuat serta kemampuan beradaptasi pada lingkungan sosial. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru serta para siswa didik. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu tehnik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menyetakan bahwa pada prinsipnya pengembangan karakter siswa SMK Muhammadiyah Kutowinangun berdasarkan kegiatan ekstrakurikuler yang telah dilaksanakan berdasarkan prinsip manajemen secara efektif terdiri dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta pengendalian atau evaluasi.
References
Adib, N. (2020). Pendidikan multikultural pada budaya sekolah: Studi kasus pada pendidikan menengah di Pangkalpinang, Bangka.
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rieneka Cipta.
Danim, S. (2002). Menjadi peneliti kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Dinata, F. R., & Kuswadi, A. (2024). Manajemen ekstrakurikuler bidang musik dalam mengembangkan minat dan bakat siswa di SMK PGRI Sumber Agung. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 16-23.
Djailani, A. R. (2016). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SD Negeri Lamklat Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan: Program Pascasarjana Unsyiah, 4(1).
Fauzi, A. (2022). Analisis perencanaan kebijakan pembangunan Seribu Jalan Mulus Kabupaten Seluma tahun 2021 (Doctoral dissertation, Universitas Dehasen Bengkulu).
Hambali, A. (2008). Tesis pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler (studi deskriptif kualitatif di SMA Negeri 2 Curup). Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Hambali, I. (2021). Manajemen pendidikan karakter dalam meningkatkan disiplin peserta didik. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(1), 87-93.
Ichsan, F. N. (2021). Implementasi perencanaan pendidikan dalam meningkatkan karakter bangsa melalui penguatan pelaksanaan kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281-300.
II, B. (1989). A. Administrasi pendidikan.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum.
Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh implementasi pendidikan karakter terhadap sikap sosial pada siswa. Widya Accarya, 13(2), 127-132.
Latif, Y. (2009). Menyemai karakter bangsa: Budaya kebangkitan berbasis kesastraan. Penerbit Buku Kompas.
Marzuki, C. (1999). Metodologi riset. Jakarta: Erlangga.
Moleong, L. J. (2006). Metode penelitian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (1989). Metodologi pendidikan kualitatif. Bandung: Remadja Karya.
Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah. Bumi Aksara.
Mustofa, M., & Sagara, R. D. B. (2015). Analisis persepsi masyarakat terhadap aktivitas PLTU (Pusat Listrik Tenaga Uap) Paiton di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Relasi: Jurnal Ekonomi, 11(1).
Nasional, D. P. (2003). Kurikulum berbasis kompetensi. Jakarta, Indonesia.
Nisrinah, N., Mus, S., & Basri, S. (2022). Pengelolaan layanan ekstrakurikuler. Jambura Journal of Educational Management, 64-74.
Nurani, R., Syamsudin, T. A., & Insan, H. S. (2021). Manajemen implementasi penguatan pendidikan karakter (PPK) untuk meningkatkan disiplin peserta didik dalam masa pandemi Covid-19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(7), 593-604.
Padang, R. (2024). Optimalisasi manajemen madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler di MTs N 2 Deli Serdang (Doctoral dissertation, UIN Sumatera Utara).
Riyani, I. A. P. (2021). Model pembelajaran problem-based learning (PBL) sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir kritis terhadap norma agama, kesopanan, kesusilaan, dan hukum pada peserta didik kelas 7 di SMPN 1 Gunungsari. Teaching and Learning Journal of Mandalika (TEACHER), 2(2), 126-132.
Rohiat. (2008). Menjadi manajer yang ideal dengan belajar sendiri untuk mendukung keberhasilan BHP. Bengkulu: Seminar Unib Program MMP.
Salma, F. (2021). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sugiyono. (2000). Metode penelitian administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. (2004). Manajemen pendidikan untuk pendidikan nonformal dan pengembangan sumber daya manusia. Bandung: Rosdakarya.
Suwartini, S. (2017). Pendidikan karakter dan pembangunan sumber daya manusia keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1).
Taufik, R. (2015). Manajemen kegiatan ekstrakurikuler berbasis pengembangan karakter siswa. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(4).
Terry, R. G. (1971). Principle of management. Ontario: Richard D. Irwin, Inc.
Tirtoni, F. (2022). Implementasi nilai-nilai Pancasila sebagai karakter dasar generasi muda: Di era Society 5.0. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 210-224.
Usman. (2006). Manajemen pendidikan: Aplikasinya dalam penyusunan rencana pengembangan sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wahono, M. (2018). Pendidikan karakter: Suatu kebutuhan bagi mahasiswa di era milenial. Integralistik, 29(2), 145-151.
Warisno, A. (2022). Manajemen pendidikan karakter siswa di sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5073-5080.
Yuni, A. S., Syaodih, C., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi ekstrakurikuler kepramukaan dalam membentuk kedisiplinan siswa di SMP PGRI 2 Ciparay. Al-Afkar, Journal for Islamic Studies, 6(2), 768-777.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.