Analysis of The Relationship Between Warranty and Returns on Consumer Loyalty at Car Dealership in the Application of Conditional Khiyar

Authors

  • Nabila Tasya Nurhafifah Manurung Universitas Islam Negeri Sumatra Utara, Medan
  • Juliana Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan
  • Ahmad Muhaisin B. Syarbaini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan

DOI:

https://doi.org/10.33096/jmb.v11i1.736

Keywords:

Car Warranty, Goods Returns, Consumer Loyalty, Khiyar Terms

Abstract

This research aims to analyze the relationship between the warranty policy and return policy implemented by the Medan Daihatsu Car Dealer and the level of consumer loyalty, especially in the application of the Conditional khiyar principle in business transactions. The research method used was a quantitative approach using a questionnaire as a data collection instrument, the number of samples used was 60 respondents. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis and the hypothesis tests are the t test, F test and coefficient of determination which are processed with SPSS 25 Version software. The collected data will be analyzed using statistical techniques such as regression to assess the relationship between the variables studied. Apart from that, this research can also be a reference for further research in the field of marketing management and business law related to the implementation of  conditional khiyar in business transactions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abas Bambang, Meyzi Heriyanto. 2011. “PENGARUH BRAND EQUITY DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MOBIL MEREK TOYOTA KIJANG INNOVA (Survey Konsumen Pada Dealer PT. Agung Automall Cabang Sutomo Pekanbaru).” Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical 44(8):1–11. doi: 10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Angely, Gisyel, Johny R. E. Tampi, and Danny D. S. Mukuan. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Service Pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malalayang.” Jurnal Administrasi Bisnis 8(2):51. doi: 10.35797/jab.8.2.2019.23562.51-59.

Anggraini, Oktavia Eko, Windy Ratna Yulifa, and Aris Prio Agus Santoso. 2020. “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Atas Garansi Produk Dalm Hukum Bisnis.” Seminar Nasional Hukum, Bisnis Dan Teknologi (HUBISINTEK) (8):161–68.

Bunyamin. 2020. “PENGARUH KUALITAS PRODUK, JAMINAN RETUR DAN KETERSEDIAAN PRODUK TERHADAP KEPUASAAN KONSUMEN (Studi Kasus Empiris Pada CV. Agung Mandiri Semarang).”

Chandra Febriansyah, Billy. 2021. “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu (Studi Pada Dealer Asco Daihatsu Cabang Pasar Minggu).” Jurnal Syntax Transformation 2(12):1715–31. doi: 10.46799/jst.v2i12.468.

Elrado, Molden, H. Srikandi, and Kumadji Edy Yulianto. 2014. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Kepercayaan Dan Loyalitas (Survei Pada Pelanggan Yang Menginap Di Jambuluwuk Batu Resort Kota Batu).” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 15(2):1–9.

Fian, Junai Al, and Tri Yuniati. 2016. “Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya.” Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen 5(6):1–18.

Fibriyanti Salim dan Diah Dharmayanti, Fanny. 2014. “Pengaruh BrandImage Dan Perceived Quality Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Mobil Toyota Di Surabaya.” Jurnal Manajemen Pemasaran Petra 2(1):1–8.

Harianto. 2022. “LITERASI PADA PERANAN HARGA PRODUK DAN BRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS PEMBELIAN MELAUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT ASTRA INTERNATIONAL DAIHATSU MEDAN.” Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 9(4):1483–90.

Jannah, Sinta Miftakhul. 2016. “PRAKTIK PENGEMBALIAN BARANG SEBAGAI RESELLER MARKETPLACE YANG TIDAK SESUAI EKSPEKTASI (Studi Kasus Di Toko Fashion Rumah Fadila Purwokerto).” 4(1):1–23.

Nurjaman, Muhamad Izazi, Januri, and Neni Nuraeni. 2021. “Eksistensi Khiyar Dalam Perkembangan Transaksi Jual Beli.” Iltizam 6(1):63–72.

Pratama, Putra Bayu. 2015. “Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pada Penggunaan Produk Outdoor.” Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta 1–21.

Rizal, Dede Mahdany, Irwan Irwan, and Muh Ridwan Yunus. 2022. “Peran Media Sosial Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan Toko Fantasy Mobile Di Biak.” Gema Kampus IISIP YAPIS Biak 17(2):53–60. doi: 10.52049/gemakampus.v17i2.271.

Rizan, Mohammad, and Harun Arrasyid. 2008. “ANALISIS ASOSIASI MEREK, NILAI PRODUK, DAN KUALITAS PELAYANAN, SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN SEPEDA MOTOR DI BEKAS.” Jurnal Siasat Bisnis 12(2):129–47.

Rosyidi, Edward, Nensi Yuselin, and Luthfia Putri. 2023. “Standarisasi Kerja Dalam Mengurangi Barang Retur Pada Sub Divisi Mobil Box Sunter PT Dunia Express Transindo.” KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):21–29. doi: 10.55266/jurnalkalandra.v2i1.237.

Sari, A. M., A. Pangiuk, and M. E. Baining. 2022. “Penerapan Khiyar Pada Pengembalian Barang Dalam Transaksi Jual Beli Pakaian Grosir Di Pasar Komplek WTC Jambi.” Indonesian Journal of Islamic Economics and Business 7(June):23–37.

Shafarni, Rachmi. 2018. “IMPLEMENTASI KHIYAR DALAM JUAL BELI BARANG SECARA ONLINE ( Suatu Penelitian Terhadap Para Reseller Di Banda Aceh ).” Universitas Islam Negri Ar-Raniry 1–73.

Syafei, Imam. 2016. “Praktik Retur Barang Pada Jual Beli Online Di Marketplace Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Pengguna Marketplace Shopee Di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor).” 1–23.

Tanoto, Eric, Astri Ayu Purwati, Dadi Komardi, and Muhammad Luthfi Hamzah. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Merek (Citra Merek), Pengalaman Konsumen Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT. Kertajaya Utama Pekanbaru.” Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akutansi 3(2):2745–4614.

Downloads

Published

2024-03-25

How to Cite

Manurung, N. T. N., Nasution, J., & Syarbaini, A. M. B. (2024). Analysis of The Relationship Between Warranty and Returns on Consumer Loyalty at Car Dealership in the Application of Conditional Khiyar. Jurnal Manajemen Bisnis, 11(1), 444–454. https://doi.org/10.33096/jmb.v11i1.736

Issue

Section

Articles