Pengaruh Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dalam Meningkatkan Sistem Layanan Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak

Authors

  • Nur Muhammad Syaifullah Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Andika Pramukti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Rosmawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Muhammad Nur Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v7i3.970

Keywords:

Analisis Jalur, Kepatuhan Wajib Pajak, Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor, Samsat Drive Thru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemungutan pajak kendaraan bermotor dalam meningkatkan sistem layanan Samsat drive thru di Kantor Samsat Kota Mamuju, serta untuk mengkaji dampaknya terhadap kepatuhan wajib pajak. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana sistem layanan Samsat drive thru dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak di Kota Mamuju. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemungutan pajak kendaraan bermotor berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan sistem layanan Samsat drive thru. Selain itu, pemungutan pajak kendaraan bermotor juga terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Lebih lanjut, sistem layanan Samsat drive thru juga berperan penting dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa pemungutan pajak kendaraan bermotor melalui penerapan sistem layanan Samsat drive thru dapat efektif meningkatkan kepatuhan wajib pajak di Kantor Samsat Kota Mamuju.

References

Aditya, I. G. S., Mahaputra, I. N. K. A., & Sudiartana, I. M. (2021). Pengaruh kesadaran, sanksi, Samsat Drive Thru, pelayanan fiskus, dan e-Samsat terhadap kepatuhan wajib pajak. Karma (Karya Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(1)(April), 187–199.

Ashoer, M., Haerdiansyah, M., & Mustafa, F. (2018). The impact of lifestyle on e-tickets shopping decision in Tiket.com. In Seminar Nasional Manajemen (Vol. 3).

Ashoer, M., Karim, K., Syahnur, M. H., & Ating, R. (2023). Reinvestigating millennial shopping behavior on the sharing economy platform: The moderating role of COVID-19 awareness level. Diponegoro International Journal of Business, 6(2), 64–76.

Erisfiana, Saufi, A., & Furkan, L. M. (2020). Membayar pajak kendaraan bermotor di wilayah. 8(1).

Firman, A., Adam, A., Ashoer, M., Ating, R., & Syahnur, M. H. (2024, September). Understanding mobile payment resistance among bottom of the pyramid users in Indonesia: An extended innovation resistance theory. In 2024 International Conference on ICT for Smart Society (ICISS) (pp. 1–5). IEEE.

Hadi, S., & Saputri, R. D. A. (2018). Analisa kontribusi pajak kendaraan bermotor terhadap pendapatan asli daerah pada BPRD DKI Jakarta. Jurnal BSI, 5(2), 185–194.

Karmila, K. (2021). Pengaruh sistem pemungutan pajak kendaraan bermotor melalui layanan Drive Thru terhadap kepatuhan wajib pajak di Kota Makassar. Yume: Journal of Management, 4(1), 338–354.

Kessi, A. M. F., & Tajuddin, I. (2024). The Influence of Compensation Alignment and Placement on the Performance of Public Works Employees in a Regional Authority. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 4610–4620. Retrieved from https://journal.yrpipku.com/index.php/msej/article/view/6161

Kodung, H. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (Studi Kasus Samsat Kota Manado). Jurnal Ilmiah Al-Syirah.

Mutia, N., & Hamta, F. (2020). Pengaruh penerapan Samsat keliling, Samsat corner, dan Drive Thru terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kota Batam. Measurement: Jurnal Akuntansi, 14(1), 1–9.

Nisa, I. C. (2017). Pengaruh sistem pemungutan pajak, pelayanan fiskus, dan efektivitas sistem perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan layanan Drive Thru sebagai variabel moderating. 15(2), 1–23.

Prayitna, S., & Witono, B. (2022). Pengaruh sistem Samsat Drive Thru, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, pengetahuan perpajakan, dan akuntabilitas pelayanan publik terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor (Studi pada wajib pajak Samsat Kota Surakarta). Ikraith-Ekonomika No, 5(1), 134–141.

Prianggono, J., & Andrian, H. (2010). Pengaruh kualitas pelayanan Samsat Drive Thru terhadap kepuasan masyarakat di Polda Metro Jaya. Jurnal Makna, 1, 43–54.

Ramantano, A. (2022). Pengaruh penerapan program Drive Thru Samsat terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. הארץ, 8.5.2017, 2003–2005.

Rohemah, R., Kompyurini, N., & Rahmawati, E. (2013). Analisis pengaruh implementasi layanan Samsat keliling terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor roda dua di Kabupaten Pamekasan. Jurnal Infestasi, 9(2), 137–146.

Saleh, H., & Menne, F. (2021). Penerimaan pajak kendaraan bermotor. In Bapenda_Jabar. https://Bapenda.Jabarprov.Go.Id/Pajak-Kendaraan-Bermotor/

Saputri, D. A., & Anisa, N. (2020). Pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi pajak, dan sistem Samsat Drive Thru terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor pada kantor Samsat Bandar Lampung. Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2(1), 59–70.

Syahnur, H., & Basalamah, J. (2019). Analysis of the importance degree and performance of internet service providers in Makassar City. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 168–177.

Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000. (N.D.). 14, 1–20. www.bphn.go.id

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun. (2009). American Journal of Research Communication, 5(August), 12–42. http://downloads.esri.com/archydro/archydro/doc/overview_of_arc_hydro_terrain_preprocessing

Wardani, D. K., & Rumiyatun, R. (2017). Pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, sanksi pajak kendaraan bermotor, dan sistem Samsat Drive Thru terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Jurnal Akuntansi, 5(1), 15–26.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Pengaruh Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor dalam Meningkatkan Sistem Layanan Drive Thru Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. (2024). Center of Economic Students Journal, 7(3), 175-186. https://doi.org/10.56750/csej.v7i3.970