Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pengguna Terhadap Keputusan Pembelian

Studi Pada Apotek K-24 Senopati, Sedati

Authors

  • Mega Ayuh Rochmah Universitas Sunan Giri, Surabaya
  • Utami Puji Lestari Universitas Sunan Giri, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v7i3.847

Keywords:

Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan, Pengalaman Pengguna, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keragaman produk, kualitas pelayanan, dan pengalaman pengguna berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Apotek K24 Sedati dan menganalisis variabel mana yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pelanggan Apotek K24 dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode kegiatan yang digunakan kuantitatif. Analisis yang dilakukan meliputi regresi linier berganda dan pengujian hipotesis. Berdasarkan dari hasil perhitungan uji t dapat diketahui bahwa keragaman produk (X1), kualitas pelayanan (X2), dan pengalaman pengguna (X3) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian (Y). hal ini dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan nilai thitung untuk variabel keragaman produk (X1) sebesar 3.611 dengan signifikansi 0 sehingga dinyatakan hipotesis 1 diterima. Untuk nilai thitung pada variabel kualitas pelayanan (X2) sebesar 3.353 dengan signifikansi sebesar 001 sehingga hipotesis 2 juga dapat diterima kebenarannya. Selanjutnya pada variabel pengalaman pengguna (X3) untuk nilai thitung didapatkan nilai sebesar 7.514 dengan nilai signifikansi sebesar 0 sehingga hipotesis 3 terbukti kebenarannya.

References

Adewole, A. O. 2012. Effect of Population on Economic Development in Nigeria: Quantitative Assessment. International Journal of Physical and Social Sciences, 2(5),1-14.

Dapas, C. C., Sitorus, T., Purwanto, E., & lhalauw, J. J. (2019). The effect of service quality and website quality of zalora. Com on purchase decision as mediated by purchase intention. Calitatea, 20(169), 87-92.

Dewi, L., & Sindarko, W. (2018). Pengaruh Keragaman dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen La Cherie. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT),9, 61–69.

Essardi, N. I., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2022). Service Quality, Product Diversity, Store Atmosphere, and Price Perception: Determinants of Purchase Decisions for Consumers at Jumbo Supermarket. Journal of Marketing and Business Research (MARK), 2(2),95-104

Hair, J. F., M. Sarstedt, T. M. Pieper, & C. M. Ringle. 2012b. The Use of Partial Least Squares Structural Equation Modeling in Strategic Management Research: A Review of Past Practices and Recommendations For Future Applications. Long Range Planning, 45(5–6), 320–340.

Iwarere, H.T., & T.O. Fakokunde. 2011. Persepsi konsumen terhadap Kualitas dan Harga Produk dan Layanan di Industri Makanan Cepat Saji Nigeria.Jurnal Ilmu Sosial Eropa, 19(2), 198-207.

Kodu, S. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA. Vol.1, No.3, p. 1251-1259.

Leila, M., & Sutrisna, E. (2021). The Influence of Store Layout, Product Diversity. And Product Quality on Purchasing Decisions at Viera Souvenir Shop in Pekanbaru. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Bussiness, 3(1), 146-158.

Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 1(2), 143-149.

Oscardo, J., Purwati, A. A., & Hamzah, M. L. (2021). Inovasi Produk, Persepsi Harga, Pengalaman Pengguna dan Strategi Positioning dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Pada PT. Cahaya Sejahtera Riau Pekanbaru. INVEST: Jurnal Inovasi Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 64-75.

Rahmadhanti, D. (2020). Pengaruh Pengalaman pengguna ,Acara, Undian Berhadiah, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Perawatan Kulit Dan Rambut Di Larissa Aesthetic Center Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIE YKPN).

Ratnasari, A. D., & Harti, H. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and Resto Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 3(3).

Rauschenberger, M., Schrepp, M., Perez-Cota, M., Olschner, S., & Thomaschewski, J. (2013). Pengukuran Efisien dari Pengalaman Pengguna Produk Interaktif. Cara menggunakan Kuesioner Pengalaman Pengguna (UEQ). Contoh: Versi Bahasa Spanyol. Jurnal Internasional Multimedia Interaktif dan Kecerdasan Buatan,2(1), 39.

Sandi, B. (2017). Pengaruh E-Wom dan user experience terhadap keputusan pembelian produk pakaian di situs jual beli online Tokopedia. MBR (Management and Business Review), 1(2), 106-115.

Sinurat, V. A. R., & Ali, M. M. (2020). Analysis of E-Service Quality and Quality Information on Trust and Impact on Purchase Decision on Consumer Tokopedia. Jakarta: Mercu Buana University.

Soenawan, A. D., Malonda, E. S., & Aprilia, A. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen D’Stupid Baker Spazio Graha Family Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 3(2), 395-409.

Suhardi, Y., Syachroni, A., Burda, A., & Darmawan, A. (2020). Pengaruh keragaman produk, persepsi harga, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal stei ekonomi, 29(02), 17-30.

Tarigan, E. S. B., Silvani, A., Tarigan, J. S. B., & Hutagaol, J. (2022). Analysis of Discount, Free Shipping, And Product Diversity On Product Purchase Decisions On The Shopee Marketplace. Journal Economic, 11(01), 292-297.

Yilmaz, K. 2013. Comparison of quantitative and qualitative research traditions: epistemological, theo-retical, and methodological differences. European Journal of Education, 48(2), 311-311.

Downloads

Published

2024-07-21

How to Cite

Rochmah, M. A., & Lestari, U. P. (2024). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan dan Pengalaman Pengguna Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Pada Apotek K-24 Senopati, Sedati. Center of Economic Students Journal, 7(3), 149–159. https://doi.org/10.56750/csej.v7i3.847

Issue

Section

Articles