Analisis Kinerja Hotel Menggunakan Metode Balanced Scorecard

(Studi pada Hotel Grand Tembaga Timika, Papua)

Authors

  • Tini Maharani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ramlawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Hukma Ratu Purnama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Abdul Rahman Mus Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Fyrda Faradyba Hamzah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.761

Keywords:

Aspek Finansial, Aspek Non Finansial, Balanced Scorecard, Kinerja Perusahaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Hotel Grand Tembaga Timika dari sudut pandang finansial dan non-finansial. Metodologi penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan adalah kinerja perusahaan Hotel Grand Tembaga Timika selama periode tahun 2020-2022. Teknik analisis data dalam penelitian mencakup Current Ratio, Net Profit Margin, dan Return On Assets untuk aspek finansial. Selanjutnya, untuk aspek non-finansial, penelitian menggunakan perspektif pelanggan (Customer Retention, Customer Acquisition, dan Number of Complaints), perspektif bisnis internal (Effectiveness Marginal Ratio), dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (Employee Turnover dan Employee Training). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa kinerja keuangan (finansial) Hotel Grand Tembaga Timika selama periode tahun 2020-2022 dapat dikategorikan sebagai kurang baik. Sementara itu, dari sisi kinerja non-keuangan (non-finansial), perusahaan telah menunjukkan kinerja yang cukup baik.

References

Dian, S., Rosalina, K., Azriani, N. R., & Aqbal, S. (2013). Balance Scorecard Pedoman Praktis Pada Industri Manufaktur. Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Galib, M., & Hidayat, M. (2018). Analysis of Company Performance Using the Balanced Scorecard Approach in Bosowa Propertindo. Seiko Journal of Management Business, 2(1), 92–112. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko

Hanuma, S., & Kiswara, E. (2011). Analisis Balance scorecard sebagai alat pengukur kinerja perusahaan (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Herningsih. 2016. Kinerja Dosen dan Karyawan (Pendekatan Riset DitinjauDari Dimensi Kepemimpinan, Budaya, dan Lingkungan Organisasi). Malang: Media Nusa Creative

Kesek, F. N., Sabijono, H., & Tirayoh, V. Z. (2020). Analisis kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balanced scorecard pada PT. Nenggapratama Internusantara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).

Rusdiyanto, A. F., & RAHARDJA, R. (2010). Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Sunarmi. (2022). Tekstil Untuk Restoran Hotel. Jejak Pustaka.

Widodo, I. (2011). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia). Universitas Diponegoro Semarang.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Maharani, T., Ramlawati, Purnama, H. R., Mus, A. R., & Hamzah, F. F. (2023). Analisis Kinerja Hotel Menggunakan Metode Balanced Scorecard: (Studi pada Hotel Grand Tembaga Timika, Papua). Center of Economic Students Journal, 6(3), 355–365. https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.761

Issue

Section

Articles