Analisis Kinerja Hotel Menggunakan Metode Balanced Scorecard
(Studi pada Hotel Grand Tembaga Timika, Papua)
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.761Keywords:
Aspek Finansial, Aspek Non Finansial, Balanced Scorecard, Kinerja PerusahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja Hotel Grand Tembaga Timika dari sudut pandang finansial dan non-finansial. Metodologi penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sampel yang digunakan adalah kinerja perusahaan Hotel Grand Tembaga Timika selama periode tahun 2020-2022. Teknik analisis data dalam penelitian mencakup Current Ratio, Net Profit Margin, dan Return On Assets untuk aspek finansial. Selanjutnya, untuk aspek non-finansial, penelitian menggunakan perspektif pelanggan (Customer Retention, Customer Acquisition, dan Number of Complaints), perspektif bisnis internal (Effectiveness Marginal Ratio), dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (Employee Turnover dan Employee Training). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa kinerja keuangan (finansial) Hotel Grand Tembaga Timika selama periode tahun 2020-2022 dapat dikategorikan sebagai kurang baik. Sementara itu, dari sisi kinerja non-keuangan (non-finansial), perusahaan telah menunjukkan kinerja yang cukup baik.
References
Dian, S., Rosalina, K., Azriani, N. R., & Aqbal, S. (2013). Balance Scorecard Pedoman Praktis Pada Industri Manufaktur. Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Galib, M., & Hidayat, M. (2018). Analysis of Company Performance Using the Balanced Scorecard Approach in Bosowa Propertindo. Seiko Journal of Management Business, 2(1), 92–112. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko
Hanuma, S., & Kiswara, E. (2011). Analisis Balance scorecard sebagai alat pengukur kinerja perusahaan (Studi Kasus pada PT Astra Honda Motor) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).
Herningsih. 2016. Kinerja Dosen dan Karyawan (Pendekatan Riset DitinjauDari Dimensi Kepemimpinan, Budaya, dan Lingkungan Organisasi). Malang: Media Nusa Creative
Kesek, F. N., Sabijono, H., & Tirayoh, V. Z. (2020). Analisis kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balanced scorecard pada PT. Nenggapratama Internusantara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(4).
Rusdiyanto, A. F., & RAHARDJA, R. (2010). Analisis Kinerja dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PDAM Kabupaten Semarang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).
Sunarmi. (2022). Tekstil Untuk Restoran Hotel. Jejak Pustaka.
Widodo, I. (2011). Analisis Kinerja Perusahaan Dengan Menggunakan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Perusahaan Mebel PT. Jansen Indonesia). Universitas Diponegoro Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 CESJ : Center of Economic Students Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.