Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Pendapatan Masyarakat terhadap Jumlah Nasabah

(Studi Kasus pada BRI Unit Perintis Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar)

Authors

  • Nita Aprilia Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Bahar Sinring Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jamaluddin Kadir Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.759

Keywords:

Suku bunga, Pendapatan masyarakat, Jumlah nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Pendapatan Masyarakat terhadap Jumlah Nasabah di BRI Unit Perintis. Variabel yang diperhatikan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Pendapatan Masyarakat terhadap Jumlah Nasabah. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah seluruh nasabah penabung pada BRI Unit Perintis. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 nasabah yang dipilih secara acak. Adapun analisis yang diterapkan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolinearitas, serta pemeriksaan heteroskedastisitas. Selain itu, penelitian ini juga melibatkan analisis regresi linier berganda, uji parsial, uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tingkat Suku Bunga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah nasabah, demikian juga dengan variabel Tingkat Pendapatan Masyarakat yang juga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap jumlah nasabah.

References

Amelia, R., Idahwati, L., & Nasib. (2019). *Keuangan & Perbankan*. Bandung: CV. Sadari.

Arrohmah Khoirunnisa, & Soelistyo, A. (2010). *Analisis Pengaruh Pendapatan Nasional dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Penghimpunan Dana Pihak Ketiga pada Bank Umum di Indonesia*.

Astuti, T., & Mustikawati, R. I. (2013). Pengaruh persepsi nasabah tentang tingkat suku bunga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung nasabah. *Nominal Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen*, 2(1), 182–198.

Bank Rakyat Indonesia. *Informasi Perusahaan*. 2020. [https://bri.co.id/info-perusahaan](https://bri.co.id/info-perusahaan) (diakses pada 20 Desember 2023).

Darma, B. (2021). *Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2)*. Guepedia.

Ham, F. C., Karamoy, H., & Alexander, S. (2018). *Analisis Pengakuan Pendapatan dan Beban pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Prisma Dana Manado*. *Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi*, 13(02).

Hasan, N. I. (2014). *Pengantar Perbankan*. Jakarta: Gaung Persada Press Group.

Ghozali, H. Imam. (2005). *Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS*. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Gujarati, Damonar N. (1997). *Ekonometrika Dasar*. Zain dan Sumarno (Ed.). Erlangga.

Ibrahim, L. (2011). *Pengaruh Tingkat Suku Bunga Deposito Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Kantor Cabang Takalar*. *Jurnal Ilmu Ekonomi Balance*, 7(1), 90–98.

Iyan, R., & Lenggogeni, S. (2010). *Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tabungan Masyarakat pada Bank Umum di Pekanbaru*. *Jurnal Ekonomi*, 18(04).

Junaidi. (2010). *Processing Data Penelitian Menggunakan SPSS*.

Kasmad, S. W. (2015). *Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Pengadaan Hadiah terhadap Jumlah Nasabah di BRI Unit Mutiara Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone*.

Kasmir. (2017). *Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya* (Revisi). Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Maisur, M. A., & Shabri, M. (2015). *Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Syariah di Banda Aceh*. *Jurnal Administrasi Akuntansi: Program Pascasarjana Unsyiah*, 4(2).

Nopirin. (2007). *Ekonomi Moneter I*. Jakarta: BPFE.

Pranata G, W. B. (2014). *Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Pendapatan, Status Pekerjaan, Jangka Waktu Kredit, dan Tingkat Pendidikan terhadap Jumlah Pengambilan Kredit*. *Jurnal Akuntansi dan Sistem Teknologi Informasi*, 10(2).

Rahmawati. (2014). *Pengaruh Tingkat Suku Bunga terhadap Jumlah Nasabah*.

Saota, S. T. (2023). *Pengaruh Pendapatan dan Perilaku Keuangan terhadap Minat Menabung (Studi Kasus Nasabah pada Bank BRI KCP Telukdalamm Kabupaten Nias Selatan)*. *Curve Elasticity: Jurnal Pendidikan Ekonomi*, 4(1), 53–65.

Sudirman, I. W. (2013). *Manajemen Perbankan* (Edisi Pertama). Kencana.

Sugiyono. (2017). *Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D*. ALFABETA.

Yuliadi, I. (2008). *Ekonomi Moneter*. Jakarta: Indeks.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Aprilia, N., Sinring, B., Arifin, & Kadir, J. (2023). Analisis Pengaruh Tingkat Suku Bunga dan Tingkat Pendapatan Masyarakat terhadap Jumlah Nasabah: (Studi Kasus pada BRI Unit Perintis Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar). Center of Economic Students Journal, 6(3), 332–342. https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.759

Issue

Section

Articles