Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Penerapan E-system Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Makassar Selatan

Authors

  • Inggrid Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Amiruddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Aryati Arfah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Syamsu Alam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Abduh Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.698

Keywords:

Kualitas pelayanan, Kesadaran wajib pajak, Penerapan e-system, Kepatuhan wajib pajak

Abstract

Kepatuhan wajib pajak dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah kualitas pelayanan,  kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system perpajakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan, kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dengan menyebarkan kuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Makassar Selatan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan jumlah responden adalah sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Analisis Regresi Linier Berganda dan IBM SPSS Statistics 22 sebagai alat bantu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak. Kesadaran wajib pajak dan penerapan e-system perpajakan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak.

References

Abdi, M. N., Suarni, A., & Arham, A. (2022). Analisis Kepailitan Perusahaan Yang Tercatat di BEI Sub Sektor Telekomunikasi. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(6), 2705-2716.

Adil, M. (2022). Accountability and Transparency in the Public and Private Sector. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(6).

Adiningrat, A. A., Ruhayu, Y., Rustan, R., Wahyuni, S., & Fitrianti, A. N. (2022). The Effect of Financial Literature and Islamic Work Motivation on the Performance of Food Micro, Small and Businness Enterprises (MSMEs) in Makassar City. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(4), 30836-30845.

Adiningrat, A. A., & Warda, W. (2023). The Development of Intensity Model on Technopreneurship to Improve Turnover in Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) Culinary in Makassar, Indonesia. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 4(2), 218-228.

Afrianto Wicaksono. 2014. Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Pengambilan Keputusan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Ahmad, B., Romadhoni, B., & Adil, M. (2020). Efektivitas Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor. Amnesty: Jurnal Riset Perpajakan, 3(1), 15-23.

Amelia Desyanti dan Lailatul Amanah. 2020. Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Pada KPP Pratama Gresik Utara. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi Vol 9, No 4.

Anriani, A., Suarni, A., & Sahib, M. K. (2023). Performa Badan Amil Zakat selama Pandemi COVID-19, Ada yang Berbeda: Kilasan dari BAZNAS Sinjai Sulawesi Selatan. Milkiyah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(1), 1-10.

Arisandy, Nelsi. (2017). Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Bisnis Online Di Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis: Vol. 14.No.1, Maret 2017:62-71.

Arman, A. (2021). Analysis of Motor Vehicle Tax Revenues before and after the Tax Kring. Point of View Research Accounting and Auditing, 2(2), 144-149.

Arman, A., & Mira, M. (2021). Does Tax Avoidance Make Do Earning Opacity?. Atestasi: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 88-95.

Arman, A., Mira, M., Masrullah, M., Agustan, A., Firmansyah, F., & Aditya, R. (2023). Financial Literacy and Assistance in Compiling Independent Financial Reports Using Expense IQ Money Manager. Technium Sustainability, 4, 7-12.

Arniati, A., Arsal, M., Akhmad, A., Asdar, A., & Adiningrat, A. A. (2020). Impression of Student Knowledge on Decisions Become a Customer of Islamic Banks. International Journal of Business Economics (IJBE), 1(2), 145-152.

Arniati, A., Arsal, M., Akhmad, A., Asdar, A., & Adiningrat, A. A. (2020). Impression of Student Knowledge on Decisions Become a Customer of Islamic Banks. International Journal of Business Economics (IJBE), 1(2), 145-152.

Arsal, M. (2021). Impact of earnings per share and dividend per share on firm value. ATESTASI: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(1), 11-18.

Arsal, M., & Arsal, D. (2019, August). Urban forest and financial resources perspective in Indonesia. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 593, No. 1, p. 012006). IOP Publishing.

Arsal, M., HAMID, N. I. N. B. A., Arsal, R., & Basri, M. (2014). Consumer Behavior of the Islamic banking. International Journal of Science Commerce and Humanities, 59-64.

Arum (2012), Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pelayanan Fiskus dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Melakukan Kegiatan Usaha dan Pekerjaan Bebas. Jurnal Volume 1, Nomor 1, Tahun 2012, Halaman 1-8.

Bahri. S. Diantimala. Y & Majid. M. S. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan Serta Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Pada KPP Pratama Kota Banda Aceh). Jurnal Perpekstif Ekonomi Darussalam. 4 (2)

Bambang Supomo dan Nur Indriantoro, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua, Yogyakara; Penerbit BFEE UGM.

Boediono (2003). Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: Rineka Cipta.

Caroko et al., (2015). “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Motivasi Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak”. Jurnal Perpajakan. Vol. 1 No.1.

Devano dan Rahayu, 2006.”Perpajakan: Konsep, Teori, dan Isu”. Kencana. Jakarta.

Dewi, N. P. W. P., & Supadmi, N. L. (2019). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Dan Pengetahuan Perpajakan Wajib Pajak Pada Kepatuhan Wpop Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana ( Unud ). E-Jurnal Akuntansi, 28(2), 903–928.

Dewi, Fransisca Novieta Afsari. 2013 . Pengaruh Pengetahuan Pajak, Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Mataram Barat). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi – Universitas Sanata Dharma.

Ermawati, N., & Afifi, Z. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perpajakan Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Pemoderasi. 978–979.

Fatmala, Linda. (2013). Pengaruh Penerapan E-System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Madya Palembang. Palembang: Fakultas Ekonomi, Universitas Iba.

Ghozali (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS” Edisi Sembilan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gusrefika, R. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Sanksi Pajak, Motivasi Membayar Pajak Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Orang Pribadi UMKM di KPP Pratama Tampan Pekanbaru). JOM FEB, 1(1).

Hutagaluh, O., Rustam, A., Sangadji, S. S., Baharuddin, I., & Kurniullah, A. Z. (2020). Responsive Leadership in Preventing Transmission of Covid-19 in the Indonesia-Malaysia Border Area.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. (2018). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset, CV.

Jatmiko, (2006). Pengaruh Sikap Wajib Pajak pada Pelaksanaan Sanksi Denda, Pelayanan Fiskus, dan Kesadaran Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Terhadap Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Semarang).

Jogiyanto, 2007. Sistem Informasi Keperilakuan. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset.

Kania, P., Wahyuni, A., Luh, N., Erni, G., & Arie, M. (2017). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak ( Kpp ) Pratama Singaraja, 7(1).

KBBI.web.id, (2020). Kepatuhan Wajib Pajak.

Kuncoro, M. 2013. Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. 1 Ed. Jakarta: Erlangga.

Kurnia Dan Yuliana Yunensia Riani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus Dan Penerapan Aplikasi E-System Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi

Lubis (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Di Kpp Pratama Medan Belawan.

Manik Asri. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Biaya Kepatuhan Pajak, dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Madya Denpasar. Denpasar: Jurusan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Mardiasmo (2009). Perpajakan. Yogyakarta: Andi

Masruroh, S. (2013). Pengaruh Kemanfaatan NPWP, Pemahaman Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada WPOP di Kabupaten Tegal.

Melando, Nelinda dan Waluyo. 2013. “Pengaruh Pelayanan Fiskus, Persepsi Atas Efektivitas Sistem Perpajakan, Pengetahuan Pajak, Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi di Kpp Pratama Tigaraksa)”. Ultima Accounting Vol 5. No.2. Desember 2013.

Mintje (2016). Pengaruh Sikap, Kesadaran dan Pengetahuan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik (UMKM) Dalam Memiliki (NPWP). Vol. 4. No.1, Maret 2016. Manado: Universitas Sam Rtulangi. (Jurnal).

Muliari, Ni Ketut dan Putu Ery Setiawan. 2011. Pengaruh Persepsi Tentang Sanksi Perpajakan dan Kesadaran Wajib Pajak Pada Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Depansar Timur. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Volume 2.

Najib, Debby Farihun. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Prang Pribadi dalam Membayar Pajak Penghasilan. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya, Malang.

Nita Wahyuni, Pipin Kurnia, dan Astrid Faradisty (2020). Analisa Pengaruh Penerapan e-System Perpajakan Dan Kebijakan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan (Studi di KPP Pratama Bangkinang).

Nugraheni, A. D., & Purwanto, A. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris Pada Wajib Pajak di Kota Magelang). Diponegoro Journal Of Accounting, 4(3), 1–14.

Pangestika, Alfira Widya, dan Jaka Darmawan. 2018. “Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) ( Studi pada Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Panjang ).” 51–58.

Pratami, Sulindawati, dan Wahyuni. (2017). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak Pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Singaraja, Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 7 (1).

Primasari, Nora Hilmi. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi wajib pajak orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas. Jurnal akuntansdi dan keuangan vol. 5 no. 2 oktober 2016.

Rahayu, Suti Kurnia. 2017. Perpajakan Konsep Dan Aspek Formal. Bandung: Rekayasa Sains.

Rahim, S., Subair, S., Su’un, M., Sari, R., & Lannai, D. (2020). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Bendahara Pengeluaran Pemerintah di Kabupaten Maros, Paradoks : Jurnal Ilmu Ekonomi.

Reza Septriandi Kusuma 2018. Pengaruh Pelayanan Perpajakan, Penerapan E-System Perpajakan Dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak. Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Rianty. Martha. & Syahputera. Riza. 2020. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. BALANCE: Jurnal Akuntansi dan Bisnis. 5 (1).

RUM, M., ARSAL, M., KHALID, A., & AWALUDDIN, M. (2023). The Distribution of Tax Collectability, Quality of Tax Services Efforts to Tax Coverage Ratio. 유통과학연구 (JDS), 21(6), 107-117.

Rustan, R., Adiningrat, A. A., & Aisyah, S. (2023). Optimizing of Resources Utilization Through Islamic Spiritual Enterpreneurship to Improve The Welfare of Coastal Communities. International Journal of Economics Development Research (IJEDR), 4(2), 170-180.

Rustan, S. A., Aisyah, S., Adiningrat, A. A., Rustam, A., & Anggoro, M. Y. A. R. (2022). Strengthening Of Marketing Information Systems and Accounting Information Systems for Micro Small and Medium Enterprises (UMKM) Food Culinary Makassar. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(4), 30580-30585.

Rustam, A. Interpretive Paradigm on Developmentof Science and Accounting Research.

Santi, (2012). Analisis Pengaruh Kesadaran Perpajakan, Sikap Rasional, Lingkungan, Sanksi Denda dan Sikap Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada WPOP di Wilayah KPP Pratama Semarang.

Sarjono, Haryadi dan Winda, Julianita. 2011. SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Jakarta: Salemba Empat.

Setiawan, Layata, Sherly dan Putu Ery. 2014. Pengaruh Kewajiban Moral, Kualitas Pelayanan, Pemeriksaan Pajak, Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Badan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana ISSN: 2302-8556 9.2 (2014): 540-556.

Siregar, Dian Lestari (2017). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam.

Siti Kurnia Rahayu. 2020. Perpajakan Konsep, Sistem dan Implementasi. Edidi Revisi. Bandung. Penerbit Rekayasa Sains.

Suardana Dharma, Gede Pani Esa., dan Dharma, Ketut Alit. 2014. Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak,Sosialisasi Perpajakan, Kualititas Pelayanan Pada Kepatuhan Wajib Pajak. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1: 340-353.

Suarni, A., & Amelia, R. (2023). Analysis of Mosque Financial Management in Ujung Bulu District, Bulukumba Regency, South Sulawesi, Indonesia. Public Sector Management and Accounting Research, 2(2), 10-22.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Susmita, Putu Rara dan Supadmi, Ni Luh. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Biaya Kepatuhan Pajak, Dan Penerapan E-Filing Pada Kepatuhan Wajib Pajak”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.14.2 Februari (2016).

Suyono, Nanang Agus. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Membayar Pajak Di Kantor Pelayanan Pajak Wonosobo”. Jurnal PPKM I (2016) 1-10.

Tahir, A. D. A., Rustan, F. E. P., Sahib, M. K., & Mira, M. (2023). Implementation of Government Regulation Number 23 of 2018 Related to Income Earned by Taxpayers in The Msme Sector. Jurnal Manajemen (Edisi Elektronik), 171-179.

Tenriwaru, Asriandi, & Junaid, A. (2021). Filosofi Budaya Lempu’ Na Getteng dalam Perspektif Kepatuhan Wajib Pajak Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah, Universitas Muslim Indonesia

Tri Wahyuni Sukiyaningsih (2020). Studi Penerapan e-System dan Pelaksanaan Self Assesment System Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di Universitas Serang Raya).

Yessica Tanilasari, Pujo Gunarso (2017) Analisis Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Kualitas Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Selatan. Jurnal Akuntansi Dan Perpajakan

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Inggrid, Amiruddin, Arfah, A., Alam, S., & Abduh, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Penerapan E-system Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak pada KPP Pratama Makassar Selatan. Center of Economic Students Journal, 6(3), 315–331. https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.698

Issue

Section

Articles