Strategi Komunikasi Pemasaran Bisnis dan Online dalam Meningkatkan Penjualan Pada Jejaring Media Sosial, Facebook Marketplace

Authors

  • Ardiansyah Amir Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Achmad Gani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Mukhlis Sufri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Haerdiansyah Syahnur Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.622

Keywords:

Analisis bisnis online, Facebook marketplace, Media sosial, Penjualan, Strategi komunikasi pemasaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi komunikasi pemasaran dan bisnis online terhadap penjualan di platform media sosial Facebook Marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 40 pengguna Facebook Marketplace. Data yang dikumpulkan kemudian diolah menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran memiliki pengaruh positif, meskipun tidak signifikan, terhadap peningkatan penjualan di Facebook Marketplace. Sementara itu, penggunaan bisnis online memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan penjualan di platform tersebut. Selanjutnya, dimana untuk mendalamkan pemahaman tentang strategi komunikasi pemasaran yang lebih efektif dalam meningkatkan penjualan di Facebook Marketplace. Selain itu, penelitian lebih lanjut dapat mengeksplorasi aspek-aspek tertentu dari bisnis online, seperti strategi promosi, manajemen stok, atau penggunaan fitur-fitur tertentu di platform, yang mungkin dapat meningkatkan dampak positifnya terhadap penjualan. Selain itu, penelitian dapat mempertimbangkan pengaruh variabel lain yang mungkin relevan, seperti ulasan pelanggan atau kehadiran pesaing di Facebook Marketplace.

References

Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bungin, Burhan (2006). Sosiologi Komunikasi :Teori Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta Kencana.

Chandra, G. (2002). Strategi dan Program Pemasaran. Yogyakarta: Andi Ofset.

Cholio, A. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media. Siswanto, H. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dewi Untari (2020) Strategi komunikasi pemasaran dalam memanfaatkan aplikasi shoppe pada akun subur batik.

Engel, Jamef F. (2005), Perilaku Konsumen. Jakarta. Karisma Publishing. Hermawan, Agus. (2012), Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Fatkul Chakim (2019) Strategi komunikasi pemasaran usaha mikro kecil menengah (UMKM) salsabila “omah ontong” dalam pemasaran produk dan menarik minat pelanggan

Haekal M, Mirza. (2021). Apa Itu Bisnis Online: Pengertian, Jenis, dan Manfaat. Diakses pada 20 Januari 2022. https://www.niagahoster.co.id/blog/belajar- bisnis-online/http://eprints.polsri.ac.id/3007/3/3.%20BAB%20II.pdf

Haryati (2019) Strategi komunikasi pemasaran bisnis online dengan menggunakan facebook sebagai media online

Herdianto, dendi. (2020). Facebook Marketplace: Pengertian dan tips sukses . diakses pada 9 Januari 2022. https://qazwa.id/blog/facebook-marketplace/https://www.facebook.com/business/help/289268564912664?id=24277730707678 92

Hifni Alifahmi, Sinergi Komunikasi Pemasaran: Integrasi Iklan, Public Relations, dan Promosi (Jakarta: Quantum).

https://tekno.kompas.com/read/2016/10/04/07360087/facebook.rilis.marketpla ce.untuk.jual.beli.online

Ivancevich, Robert Konopaske, & Michael T Matteson. (2007). Perilaku dan Manajemen Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Khan, Shahzad; Hussain, Syed Majid; Yaqoob, Fahad, (2012). Determinants of Customer Satisfaction in Fast Food Industry. International Journal of Management and Strategy, 3(5), hal. 1-15

Kotler Philip, & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Edisi Pertama. Jakarta: Prentice Hall Salemba Empat.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller.(2009). Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Nurul Annisa (2014) Strategi komunikasi pemasaran online di “REALInc store”

Peter, J. Paul and Jerry C. Olson. (2000). Consumer Behavior : Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 1 Edisi Keempat. Jakarta : Erlangga.

Sanjaya, Ridwan. 2009. Bisnis menggunakan facebook. Bangkok: Elex Media Komputindo.

Sofyan Arief (2019) Strategi komunikasi pemasaran helm predator melalui media sosial facebook.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Administratif Dilengkapi Dengan MetodeR&D. Bandung : Alfabeta.

Swasta Basu, DH. 1989. Manajemen Penjualan.Yogyakarta: BPFE, Hal 81

Timothy James. 2010. Membangun Bisnis Online. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Umar, H. (2001). Strategic Management in Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelan-Hunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Utami & Purnama. 2014. Pemanfaatan jejaring sosial (Facebook) sebagai media bisnis online (studi kasus batik solo 85). Seruni FTI UNSA vol.1.ISSN :2302-1136

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Amir, A., Gani, A., Sufri, M., & Syahnur, M. H. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Bisnis dan Online dalam Meningkatkan Penjualan Pada Jejaring Media Sosial, Facebook Marketplace. Center of Economic Students Journal, 6(3), 278–286. https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.622

Issue

Section

Articles