Dampak Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Salah Satu Gerai Indomaret Kota Makassar

Authors

  • Paramitha Madani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • A.M. Hasbi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Etik Prihatin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.618

Keywords:

Harga, Kepuasan konsumen, Keputusan pembelian, Kualitas produk, Loyalitas merek, Promosi, Persepsi Nilai Produk

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan utama untuk mengadakan analisis empiris yang mendalam mengenai Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian yang diambil oleh Konsumen. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kuantitatif deskriptif yang berlandaskan pada pengumpulan data primer yang terdiri dari beragam informasi yang diperoleh secara langsung dari sumber-sumber utama. Untuk menggambarkan realitas pasar, sampel penelitian dipilih dari kelompok konsumen yang berjumlah seratus orang dan tergabung dalam komunitas Indomaret Recing Center. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, sebuah alat analisis statistik yang kuat, yang diterapkan dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 25 yang sangat diakui dan terpercaya dalam dunia penelitian. Hasil signifikan dari penelitian ini membuka wawasan bahwa strategi promosi memengaruhi keputusan pembelian secara positif dan bermakna, menunjukkan pentingnya komunikasi efektif dalam memengaruhi preferensi konsumen. Selain itu, temuan juga mengungkapkan bahwa harga memiliki dampak positif yang signifikan pada keputusan pembelian, menyoroti peran strategis penetapan harga yang cermat dalam mempengaruhi persepsi nilai produk. Di samping itu, kualitas produk juga terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan pada keputusan pembelian, menekankan pentingnya produk yang berkualitas dalam menciptakan kepuasan konsumen dan membangun loyalitas merek.

References

Al Rasyid, H., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Perspektif: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 16(1), 39–49.

Ariella, I. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 3(2), 215–221.

Arifin, Nasir, M., Murfat, M. Z., & Syahnur, M. H. (2022). Statistik (M. N. Hamzah (ed.)). Eureka Media Aksara.

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The influence of quality products, price, promotion, and location to product purchase decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4), 357–374.

Ernawati, D. (2019). Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), 17–32.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi Kesembilan. In Semarang: Penerbit Undip.

Hair, J., Black, W., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2009). Multivariate data analysis. Prentice Hall.

Has, M. F., Damis, H., Bahari, A. F., & Syahnur, M. H. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Grab dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI). Center of Economic Students Journal, 4(2), 163–171.

Kartajaya, H., Setiawan, I., & Kotler, P. (2021). Marketing 5.0: Technology for humanity. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=lgAXEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=digital+leadership&ots=XMKIAbnT5K&sig=aDJOCAF-ut87irNBxTu7jvlbTTw

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2018). Marketing Mix: Selected Chapters From: Principles of Marketing, Philip Kotler and Gary Armstrong. Pearson.

Laksana, M. F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. CV Al Fath Zumar.

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh citra merek dan harga terhadap keputusan pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 15–24.

Malau, H. (2017). Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Alfabeta.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 4(2).

Nurjannah, N., Erwina, E., Basalamah, J., & Syahnur, M. H. (2022). THE IMPACT OF E-CRM AND CUSTOMER EXPERIENCE ON E-COMMERCE CONSUMER LOYALTY THROUGH SATISFACTION IN INDONESIA. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12 (1), 56–69.

Pardede, R., & Haryadi, T. Y. (2017). Pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian konsumen yang dimediasi kepuasan konsumen. Journal of Business & Applied Management, 10(1).

Prihatin, E., Ahmad, A., & Syahnur, M. H. (2023). Niat Beli Produk Kosmetik yang Dipengaruhi Promosi Media Sosial dan Electronic Word of Mouth (E-WoM). Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(1), 1100–1110.

Rahman, H. A., & Sitio, A. (2019). the Effect of Promotion and Product Quality Through Purchase Decision on the Customer Satisfaction of Bohemian Project. Id Products. Growth, 9(8).

Sardjono, S. (2017). Ekonomi mikro-teori dan aplikasi. Penerbit Andi.

Syahnur, M. H., & Bahari, A. F. (2023). Determinants of Neighborhood References, and Environmental Stimuli on Purchasing Decisions for Halal Products for Consumers. Golden Ratio of Marketing and Applied Psychology of Business, 3(1), 20–33.

Tjiptono, F. (2022). SERVICE MANAGEMENT: Mewujudkan Layanan Prima Edisi 4. Penerbit Andi.

Downloads

Published

2023-07-31

How to Cite

Madani, P., Kamase, J., Hasbi, A., & Prihatin, E. (2023). Dampak Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Salah Satu Gerai Indomaret Kota Makassar. Center of Economic Students Journal, 6(3), 253–266. https://doi.org/10.56750/csej.v6i3.618

Issue

Section

Articles