Analisis Perbandingan Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan Melalui Online Shop dan Offline Store
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v6i2.578Keywords:
Harga, Peningkatan penjualan offline, Peningkatan penjualan online, Produk, Promosi, TempatAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan mengetahui perbandingan bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan melalui online shop dan offline store pada toko buket_kita. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data dan penarikan kesimpulan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh data dari penjualan online dan offline toko Buket_kita. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Perbandingan peningkatan penjualan online dan penjualan offline tidak jauh berbeda. Akan tetapi, penjualan online lebih meningkat dibandingkan penjualan offline dikarenakan buket_kita lebih dulu memulai bisnisnya melalui penjualan online. Maka dari itu pelanggan buket_kita sebagian besar berasal dari media sosial dan juga pelanggan memilih berbelanja secara online karenat Buket_kita memberikan kemudahan bagi pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian. Faktor promosi pada penjualan online lebih berpengaruh dibandingkan pada penjualan offline. Sedangkan faktor produk lebih berpengaruh pada penjualan offline dibandingkan pada penjualan online.References
Anggraini, T. (2017). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam.
Aria, & Atik. (2018). MANAJEMEN PEMASARAN.
Aufa, Q. (2019). Efektivitas Metode Pemasaran Secara Online Dan Offline Terhadap Hasil Penjualan (Studi Pada Toko Helm Kafana Store). Thesis.
Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books, 1–327. http://repository.ibs.ac.id/id/eprint/4973
Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization) - Google Books. (n.d.). Diambil 28 Desember 2022.
Gultom, N. B., Alimin, E., Syamsuddinnor, Sanjaya, M., Napitupulu, R. M., Abolladaka, J., Robustin, T. P., Nainggolan, N. T., Situmorang, T. P., Indajang, K., Augustinah, F., Sefudin, A., & Widati, E. (2022). Teori Pemasaran: Pendekatan Manajemen Bisnis. 98.
Hendri Sudarsono. (2020). Manajemen Pemasaran. 3.
Ica Kusniatin, N., & Wakalah, A. L. (2021). Jurusan perbankan syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam institut agama islam negeri ponorogo 2021.
Iin Endang Mardiani, “Analisis Keputusan Pembelian... - Google Cendekia. (n.d.). Diambil 16 Desember 2022.
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Vaitomo Press, 102.
Kusnul Diana Mukti, 1742143147. (2018). Analisis Bauran Pemasaran 7p Terhadapminat Beli Ulang Konsumen Di Tupaniswalayan Ngadirojo Pacitan.
Kusuma, C. S. D. K. (2022). Menciptakan Nilai dan Kepuasan Pelanggan. Manajemen Pemasaran (Konsep Pemasaran Digital), 127.
M. Zaky Suprapto, R. W. (2020). Manajemen Pemasaran. 1–3.
Mahzura, T. A. S. (2020). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Peningkatan Penjualan Pada Burger Sei Putih Kota Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima, 11(1), 65–80.
Nuraini, D., & Evianah, E. (2019). Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online Dan Offline. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 231.
Putri, L. R. (2019). Pengaruh Penjualan Online Dan Offline Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Ladyfame Shop di Bandar Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/7019.
Rachmawati, R. (2011). Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Peningkatan Penjualan. Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2), 143–150.
Rofi’i, N. A. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Peningkatan Penjualan Pada Produk DR. KEBAB Bara Satriya Sidoarjo.
Rusata, T. (2022). Ekonomi Pariwisata Dan Community Based-Tourism (CBT). Ekonomi Pariwisata: Konsep, Pemasaran dan Pembangunan, 172.
Selang, C. A., Bauran Pemasaran, P., & Selang Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado, C. A. (2013). Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 71–80.
Setiyawan, Y. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Motor Suzuki Satria Pada Pt.Sinar Galesong Mandiri Makassar. Title. 1–14.
Wardoyo, W., Dayasaing, I. A.-J. M., & 2017, undefined. (n.d.). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online pada mahasiswa universitas Gunadarma. journals.ums.ac.id. Diambil 27 Desember 2022, dari https://journals.ums.ac.id/index.php/dayasaing/article/download/5101/3403.
Wati, L. N. (2019). Model Corporate Social. Myria Publisher, 77.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.