Pengaruh Kualitas Layanan Era Digitalisasi Media Pemasaran Online E-Commerce dengan Menggunakan E-Service Quality Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v6i1.568Keywords:
E-service quality, Pemasaran online ecommerceAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran online ecommerce dengan menggunakan e-service quality terhadap kepuasan pelanggan.Penelitian ini dilakukan melalui layanan belanja online e-commerce dengan periode penelitian dari bulan Desember 2021 – Februari 2022. Populasi dari penelitian ini adalah layanan ecommerce Shoppe, Lazada dan Tokopedia dan sampel sebanyak pengguna layanan ecommercesetiap transaksi sebulan sekali. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regrsi berganda. Berdasarkan analisis data,ditemukan bahwa E-service quality memiliki pengaruh langsung terhadap e-customer satisfaction, E-service quality memiliki pengaruh langsung terhadap e-customer loyalty, E-customer satisfaction memiliki pengaruh langsung terhadap e-customer loyalty, serta dari hasil tabel specific indirect effects, e-service quality berpengaruh terhadap e-customer loyalty secara tidaka langsung melalui e-customer satisfaction.References
Amin, Muslim. 2016, Internet banking service quality and its implication on e- customer satisfaction and e-customer loyalty. International Journal of Bank Marketing, Vol. 34 No. 3, pp. 280-306
Anderson, Rolph. E, dan Srinivasan, Srini S. 2014. E-satisfaction and e-loyalty: A contingency Framework. Psychology and Marketing, Vol. 20(2): 123 – 138
Jonathan, 2013. “Kualitas layanan elektronik dan kualitas layanan pemulihan elektronik: efek tentang persepsi nilai dan niat loyalitas”. Di akses tanggan 18 Oktober 2021
Kassim, Norizan dan Abdullah, Nor Asiah, 2011. The Effect of perceived service quality dimensions on customer satisfaction, trust, and loyalty in e- commerce settings: A cross cultural analysis. Asia Pasific Journal of Marketing and Logistics, Vol. 22 Iss: 3 pp. 351 – 371
Ladhari, Riadh. 2010. Developing e-service quality scales: A literature review. Journal of Retailing and Customer Services 17 pp. 464 – 477
Sastika, 2018. “Analisis kualitas layanan dengan menggunakan e-service quality untuk mengetahui kepuasan pelanggan belanja online Shopee”. Di akses tanggal 10 Oktober 2021
Sugiyono. “Metode Penelitian Manajemen”, Bandung: Alfabeta, 2014.
Sugiyono.Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta, 2015.
Turban, King, Lee, Liang, and Turban. “Electronic Commerce A Managerial And
Social Networks Perspective, Eighth Edition”, Springer Cham Heidelberg, New York Dordrecht London , 2015.
Yustisi, Suharyono, dan Bafadhal. “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Perceived Value dan Ecustomer Satisfaction (Survei Pada Pelanggan Go- Ride Yang Menggunakan Mobile Application Go-Jek Di Kota Malang)”, Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 61 No. 1, 2018
Zehir & Narcıkara, 2016. “Kualitas layanan elektronik dan kualitas layanan pemulihan elektronik: efek tentang persepsi nilai dan niat loyalitas”. Di akses tanggal 27 Oktober 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.