Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Rumah Subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v5i4.562Keywords:
AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), Strategi pemasaranAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi dampak strategi pemasaran terhadap penjualan rumah subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar. Penelitian ini mengadopsi pendekatan korelasional, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel yang diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui metode kuesioner dan sumber data lainnya yang relevan. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Sebelumnya, dilakukan pengujian terhadap instrumen penelitian dan juga pengujian asumsi klasik, termasuk uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis melalui uji signifikansi parsial (t), uji simultan (F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran rumah subsidi yang menggunakan teori pemasaran AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) memiliki pengaruh terhadap penjualan rumah subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar. Pengaruh dari strategi pemasaran dengan menggunakan teori pemasaran AIDA sebesar 84.4%. Hal ini berarti bahwa 84.4% penjualan rumah subsidi dapat dijelaskan oleh variabel strategi pemasaran. Sisanya, sebesar 15.6% (100% - 84.4%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel strategi pemasaran, seperti pertimbangan prospek kawasan perumahan, kebutuhan pribadi, lokasi dan aksesibilitas, serta spesifikasi dan desain rumah subsidi.References
Arimurty, A., & Manaf, A. (2013). Lembaga Lokal dan Masyarakat dalam Pemenuhan Kebutuhan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. JURNAL PEMBANGUNAN WILAYAH & KOTA, 9(3). https://doi.org/10.14710/pwk.v9i3.6542
Arsyad, L. (2013). Ekonomi Pembangunan dan Pembagunan Ekonomi. In Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.
Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1).
Badan Pusat Statistika. (2019). Statistik Perumahan Dan Permukiman 2019. Katalog BPS. Hasanah, T. (2020). Volume Penjualan Berdasarkan Kualitas Produk, Promosi dan Saluran Distribusi.
Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(2). https://doi.org/10.31539/jomb.v2i2.1775 Kusumastuti, D. (2015). Kajian Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberian Subsidi Di Sektor Perumahan. Yustisia Jurnal Hukum, 4(3). https://doi.org/10.20961/yustisia.v4i3.8686
Lee, S. H. (Mark), & Hoffman, K. D. (2015). Learning the ShamWow: Creating Infomercials to Teach the AIDA Model. Marketing Education Review, 25(1). https://doi.org/10.1080/10528008.2015.999586
Mangeswuri, D. R. (2016). Implementasi Kebijakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Terhadap Angka Backlog. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(1). https://doi.org/10.22212/jekp.v7i1.410
Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., Gustiasari, D. R., & Hasan, J. M. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5077
Prayitno, G. A., D. (2019). Evaluasi Sebaran Kawasan Perumahan Berdasarkan Pola Ruang Di Kota Palu. SPASIAL, 6(2).
Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).
Wiguna, A. S., & Harianto, W. (2018). Sistem Informasi Pemilihan Perumahan Terbaik. SMARTICS Journal, 4(2). https://doi.org/10.21067/smartics.v4i2.3184
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.