Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Rumah Subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar

Authors

  • Iqram Akbar Ersani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Mahfudnurnajamuddin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jafar Basalamah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Ashoer Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v5i4.562

Keywords:

AIDA (Attention, Interest, Desire, Action), Strategi pemasaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi dampak strategi pemasaran terhadap penjualan rumah subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar. Penelitian ini mengadopsi pendekatan korelasional, yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel yang diteliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui metode kuesioner dan sumber data lainnya yang relevan. Analisis data dilakukan menggunakan metode regresi linear berganda. Sebelumnya, dilakukan pengujian terhadap instrumen penelitian dan juga pengujian asumsi klasik, termasuk uji normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Selanjutnya, dilakukan pengujian hipotesis melalui uji signifikansi parsial (t), uji simultan (F), dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran rumah subsidi yang menggunakan teori pemasaran AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) memiliki pengaruh terhadap penjualan rumah subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar. Pengaruh dari strategi pemasaran dengan menggunakan teori pemasaran AIDA sebesar 84.4%. Hal ini berarti bahwa 84.4% penjualan rumah subsidi dapat dijelaskan oleh variabel strategi pemasaran. Sisanya, sebesar 15.6% (100% - 84.4%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar variabel strategi pemasaran, seperti pertimbangan prospek kawasan perumahan, kebutuhan pribadi, lokasi dan aksesibilitas, serta spesifikasi dan desain rumah subsidi.

References

Arimurty, A., & Manaf, A. (2013). Lembaga Lokal dan Masyarakat dalam Pemenuhan Kebutuhan Rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. JURNAL PEMBANGUNAN WILAYAH & KOTA, 9(3). https://doi.org/10.14710/pwk.v9i3.6542

Arsyad, L. (2013). Ekonomi Pembangunan dan Pembagunan Ekonomi. In Jakarta: PT. Raya Grafindo Persada.

Astuti, A. M. I., & Ratnawati, S. (2020). Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran. Jurnal Ilmu Manajemen, 17(1).

Badan Pusat Statistika. (2019). Statistik Perumahan Dan Permukiman 2019. Katalog BPS. Hasanah, T. (2020). Volume Penjualan Berdasarkan Kualitas Produk, Promosi dan Saluran Distribusi.

Journal of Management and Bussines (JOMB), 2(2). https://doi.org/10.31539/jomb.v2i2.1775 Kusumastuti, D. (2015). Kajian Terhadap Kebijakan Pemerintah Dalam Pemberian Subsidi Di Sektor Perumahan. Yustisia Jurnal Hukum, 4(3). https://doi.org/10.20961/yustisia.v4i3.8686

Lee, S. H. (Mark), & Hoffman, K. D. (2015). Learning the ShamWow: Creating Infomercials to Teach the AIDA Model. Marketing Education Review, 25(1). https://doi.org/10.1080/10528008.2015.999586

Mangeswuri, D. R. (2016). Implementasi Kebijakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) Terhadap Angka Backlog. Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 7(1). https://doi.org/10.22212/jekp.v7i1.410

Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., Gustiasari, D. R., & Hasan, J. M. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5077

Prayitno, G. A., D. (2019). Evaluasi Sebaran Kawasan Perumahan Berdasarkan Pola Ruang Di Kota Palu. SPASIAL, 6(2).

Wibowo, D. H., Arifin, Z., & Sunarti. (2015). Strategi dan Program Pemasaran. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29(1).

Wiguna, A. S., & Harianto, W. (2018). Sistem Informasi Pemilihan Perumahan Terbaik. SMARTICS Journal, 4(2). https://doi.org/10.21067/smartics.v4i2.3184

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Rumah Subsidi di PT Mitra Lestari Perkasa Polewali Mandar. (2022). Center of Economic Students Journal, 5(4), 420-430. https://doi.org/10.56750/csej.v5i4.562