Pengaruh Kualitas, Harga dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone

Authors

  • Arya Dwi Santoso Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ackhriansyah Ahmad Gani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Achmad Gani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v5i4.555

Keywords:

Fitur, Harga, Keputusan pembelian, Kualitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh (1) Kualitas, (2) Harga, dan (3) Fitur terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi di kota Makassar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini adalah 100 responden mahasiswa Universitas Muslim Indonesia yang diperoleh menggunakan teknik Accidential Sampling. Teknik pengumpulan data meliputi kuesioner/pertanyaan dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Pengujian hipotesis menggunakan uji t (parsial) dan uji F (simultan). Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa variabel kualitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi, variabel fitur memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi, variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi; dan hasil uji F (simultan) menunjukkan bahwa ketiga variabel, yaitu kualitas, harga, dan fitur, secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian smartphone Xiaomi.

References

Ahmad Bahma (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Kartu Halo Pada PT. TELKOMSEL Di Makassar.

Alizakiya, E. N. (2022). Pengaruh Harga, Fitur Dan Garansi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pada Smartphone Merek Xiaomi Di Kota Tasikmalaya (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).

Assauri, S. 2017. Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Auliya, Fadlan., Miguna Astuti dan Pusporini. 2021. Keputusan PembelianProduk Laptop Acer di Era Covid-19. Ikrith-Ekonomika, 5, (1): 8.

B, Surya auliaarizqi (2019), Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Minimarket Indomaret (Gerai Batua) Di Kota Makassar, Universitas Muslim Indonesia.

Boyd, Harverd W. dkk. Manajemen Pemasaran: Suatu pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global Edisi Dua Jilid Dua. Jakarta : Erlangga, 2000.

Djaslim Saladin, 2001, “Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian”. Penerbit , Lindakarya, Bandung

Farisi, Salman. 2018. Pengaruh Citra Merek dan KualitasProdukTerhadap Keputusan Pembelian Sepatu Adidas Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, The National Conferences Management and Business (NCMAB).

Hasibuan, R. J. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Merek Vivo ( studi pada Masyarakat Kota Medan).

Hendriyani, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Iphone (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Semarang).

W. R. Mahendra, G. P. A. J Susila (2022), Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Xiaomi Di Toko Badilan Singaraja, Jurnal Manajemen, Vol. 8 No. 1, Bulan April Tahun 2022. Jurusan Manajemen, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Maf’aroh, I., & Setiawan, M. B. (2022). Pengaruh Gaya Hidup, Fitur Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung (Studi Pada Konsumen di Kabupaten Pati). YUME: Journal of Management, 5(1), 258-268.

MAMAN SURYAMAN (2020), Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Fitur Terhadap Keputusan Android Xiaomi (Studi Pada Mahasiswa Fisipol Universitas Muhammadiyah Mataram). Jurusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Mataram

Merina, E., Tri Sudarwanto (2021), Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi Di Toko Apollo Plaza Marina Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 9 No 3 Tahun 2021. Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya

NADILA (2018), Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Tiket Pada PT. Pandi Kencana Murni Di Makassar, Univesitas Muslim Indonesia.

Nurhayati, Sitti. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Yogyakarta, JBMA, 4, (2):1.

Oktafiani, Kartika, Fauzi, Hilmiati, & HS, Rusminah (2021). Pengaruh Kualitas dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Pakaian Distro ARJ88 Store Kota Mataram. Unram Management Review, 1(1), 10-21, ISSN 2809-4263, Universitas Mataram

Ridwanudin, R., & Oktafani, F. (2022). Kualitas Produk Dan Harga Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 12(2), 221-229.

Rifal Muhammmad (2018). Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Smartphone Xiaomi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Counter Warna-Warni Cell. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Volume 2 No 1 Tahun 2018. Program StudiManajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.

Rosita, D., Achsa, A., & Sijabat, Y. P. (2022). Kualitas Produk dan Harga Mempengaruhi Keputusan Pembelian Smartphone Vivo di Magelang. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 7(3), 89-104.

Sari, B., & Mahanani, E. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Produk, Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan PembelianTelon Lang. Jurnal STEI Ekonomi, 26(02), 296-316.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PTAlfabet, Bandung.

Syahruna, W. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Pembelian Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar 2016-2017). Phinisi Integration Review, 1(2), 149-161.

Yulia, M., Arifin, R., & Athia, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Merek Samsung (Studi Pada Pengguna Smartphone Samsung di Pesantren Ainul Yaqin Unisma). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(17).

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Pengaruh Kualitas, Harga dan Fitur Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone. (2022). Center of Economic Students Journal, 5(4), 375-391. https://doi.org/10.56750/csej.v5i4.555