Implementasi Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Perusahaan Swalayan di Kabupaten Polewali Mandar
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v5i3.538Keywords:
Bauran Pemasaran, Harga, Produk, Promosi, Tempat, Volume penjualanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Implementasi Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Produk Pada Perusahaan Swalayan di Kabupaten Polewali Mandar. Populasi dalam Penelitian ini adalah Jumlah Konsumen Aktif/member di Perusahaan Swalayan Kabupaten Polewali Mandar, yang berjumlah 1.678 orang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 orang dengan menggunakan teori sampel Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunkan Statistical Product and Servise Solution (SPSS) v.13. Persamaan regresi linier berganda menghasilkan persamaan Y =- 24,194+0,129X1 0,740X2 0,376X3 1,979X4. Dengan demikian hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel marketing mix berpengaruh positif terhadap volume penjualan. Hasil analisis korelasi determinasi (R Square) sebesar 0,163 yang menunjukkan bahwa variabel marketing mix mampu memberikan kontribusi sebesar 16,3%. Selisihnya 83,7% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hasil uji t menghasilkan kesimpulan bahwa hanya variabel place memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel volume penjualan dengan nilai 0,000 < 0,10 dan hasil uji F menjelaskan bahwa empat variabel Marketing Mix berpengaruh signifikan terhadap Volume Penjualan nilai F-hitung -5,581 > F-tabel -2,01.References
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran - Dasar, Konsep dan Strategi. Cet.VII. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Daft, Richard L. 2012. Manajemen, Edisi Kelima Jilid Satu. Jakarta : Erlangga.
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gitosudarmono, Indriyo. 2010.Manajemen Pemasaran. Edisi II,BPFE, Yogyakarta.
Handoko T. Hani, 2013, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Edisi II, Cetakan Keempat Belas, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Harsono, Hanifah, 2012. Implementasi Kebijakan dan Politik. Jakarta :Rinheka Karsa.
Husein Umar. 2014. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesisi Bisnis, Cet ke 6, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Indrayana T.S. Wahyu Prima. 2009. Analisis Pengaruh Variabel Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT Danliris Di Sukoharjo.
K. Marrus. 2012 .Desain Penelitian Manajemen Strategik. Jakarta: Rajawali Press.
Kansil. 2011. Hukum Perusahaan Indonesia, PT Pradnya Paramita, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad. 2010. Dasar-dasar Ekonomika Pembangunan, UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Kotler dan Amstrong. 2011. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi VIII. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2015. Marketing. jilid II. Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad. 2010. Dasar-dasar Ekonomika Pembangunan, UPP STIM YKPN Yogyakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Emban Patria.
Mursid. 2013. Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara, Jakarta.
Muslim. Nuramalia. dan Tresno. 2016. Internal Control, Total Quality Management and Audit Committees: Implementation of Good Corporate Governance. Review of Integrative Business and Economics Research, Vol. 5, no. 2
Poerwadarminta, W.J.S. 2015. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: PT.Balai Pustaka.
Rachmawati. 2011. Peranan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Peningkatan Penjualan (Sebuah Kajian Pada Bisnis Restoran).
Radiosunu. 2011. Manajemen Pemasaran : Suatu Pendekatan Analisis. Edisi 2. Yogyakarta : BPFE
Renny. 2016. Pengaruh Variabel - Variabel Promotional Mix terhadap Volume Penjualan Pada Perusahaan UD. Lestari Di Karanganyar.
Sadono Sukirno, dkk. 2014. Pengantar Bisnis. Jakarta: Prenada Media.
Saladin, Djaslim. 2013. Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran.Cet.III. Bandung: CV Linda Karya.
Serkaran ,Uma. 2017. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Edisis 4. Buku 2. Jakarta: Salemba Empat.
Sugiyono. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: alfabeta.
Sukmadinata, Nana Saodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung Rosda Karya.
Sunarto. 2013. Perilaku Organisasi, Amus, Jakarta.
Swastha, Basu. 2010. Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Jakarta : Liberty.
Swastha, Basu. 2011/2033. Manajemen Pemasaran Modern; Yogyakarta: BPFE
Swastha, Basu, Ibnu Sukotjo, 2012. Pengantar Bisnis Modern. Cetakan ketiga, Liberty, Yogyakarta.
Yama Nasaruddin, Indo dan Hemmy Fauzan. 2016. Pengantar Bisnis dan Manajemen. Jakarta: UIN Jakarta Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.