Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Izaunet Berkah Mandiri di Makassar

Authors

  • Andi Ahmad Shodiq Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Baso Amang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Usman Hamid Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ratna Dewi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Alam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v4i4.456

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Empati

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT. Izaunet Berkah Mandiri di Makassar. Hal ini dilatarbelakangi oleh kenaikan omset yang begitu besar per-bulannya selama 4-5 tahun terakhir tepatnya pada penghujung tahun 2018 hingga tahun 2021 ini. . Di mana pengambilan sampel untuk penelitian ini adalah populasinya dari anggota konsumen yang terdaftar pada data base perusahaan khusus di kota Makassar. Metode sloven merupakan metode yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel dengan insidental random sampling.Kemudian metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen penelitian, uji regresi berganda uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel kehandalan, daya tanggap dan empati memiliki pengaruh positif sekaligus signifikan terhadap peningkatan kepuasan konsumen pada PT. Izaunet Berkah Mandiri. Sedangkan untuk dua variabel lainnya yaitu variabel bukti fisik memiliki pengaruh yang arah nya negatif, tapi signifikan terhadap kepuasan konsumen, sementara variabel jaminan memiliki pengaruh positif tapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen PT. Izaunet Berkah Mandiri.

References

Alhilal Hamdi, R. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang. Akrab Juara.

Amrullah, A., Siburian, P. S., & Zainurossalamia, S. (2016). Pengaruh kualitas produk dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda. KINERJA, 13(2), 99-118.

Ardane, N., Sofia Wijaya, N., & Kusuma Dewi , L. L. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan pada Scoot Fast Cruises di Bali. Jurnal IPTA.

Aziz, J. M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Jasa Perawatan Mobil Berkala di Pt. Bosowa Berlian Motor (Mitsubishi) Makassar. Makassar.

Chairina & Tineke. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kualitas laporan Keuangan pada BPKPD Kota Surabaya. JAKO

Fandy, C. T. (2012). Service: Quality Satisfacton. Yogyakarta: Andi.

Ikhsan, M. R., & DIRGANTARA, I. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indra Cellular Kudus (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Kurniasari, C., & Ghozali, I. (2013). Analisis pengaruh rasio CAMEL dalam memprediksi financial distress perbankan Indonesia (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Kristiyanto, C. A., & Arpan, Y. (2020). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN BUS DAMRI CABANGLAMPUNG. GEMA: Jurnal Gentiaras Manajemen dan Akuntansi, 12(1), 11-19.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Pt. Toi. ESA UNGGUL.

Maramis, F. S., Sepang, J., & Soegoto, A. S. (2018). The Influence of Product Qulity, Price and Quality of Service to Customer Satisfaction at PT. Air Manado. Jurnal EMBA.

Marlina, A., & Bimo, W. A. (2018). Digitalisasasi Bank Terhadap Peningkatan Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Bank. Inovator, 7(1), 14-34.

Musfirah, N. (2018). Pengaruh Etika Pelayanan Islam terhadap Kepuasan Pelanggan dengan Penguatan Tarif Transportasi Jasa Grab di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Payne, A. (2011). Pemasaran jasa (The Essence of Service Marketing. Yogyakarta: Andi.

Permatasari, A. A. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Ritel dan Kualitas Produk Fritolay Pada Loyalitas Pelangan (Studi Pada PT. INDOMARCO ADI PRIMA YOGYAKARTA) (Doctoral dissertation, UAJY).

Prasetio, A. (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Manajemen Analisis Jurnal.

Pratama, K. A. (2018). ANALISA KEPUASAN PELANGGAN DENGAN METODE SERVICE QUALITY PADA PT. OSG INDONESIA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MARCU BUANA).

Priyatno, Duwi. (2018). Panduan Olah Data SEM 25. Nulis buku

Puji Lestari, F. A. (2018). Faktor –Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. Sosio E-Kons.

Ratnasari,R.T.danM.H.Aksa. (2016) .Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Ghalia Indonesia. Bogor.

Rahmatullah, S., Purnia, D. S., & Triasmoro, R. (2019). Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0. J. Kaji. Ilm, 19(2), 158-164.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis_Pendekatan Pengembangan Keahlian Buku 2.

Subandriyo, S., & Faishol, R. (2019). Penerapa n Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Al Hikmah. Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam dan Kajian Keislaman, 2(1), 19-32.

Sugiyono, A. (2013). Statistika untuk penelitian. Bandung : CV. Alfabeta.

Umar, Husein. (2013). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Utami, D., Lubis, S. N., & Fauzia, L. (2019). Analisis kepuasan konsumen dalam memilih coffee shop di kota medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Virdha, Fahtira. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt Herba Penawar Alwahida Indonesia. IAIN Bengkulu.

Wijaya, M. K. (2012). Pengaruh Kualitas E-Service Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Niat Membeli Airline E-Ticketing.

Downloads

Published

2021-10-31

How to Cite

Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. Izaunet Berkah Mandiri di Makassar. (2021). Center of Economic Students Journal, 4(4), 290-303. https://doi.org/10.56750/csej.v4i4.456