Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Limboro Kabupaten Polewali Mandar

Authors

  • Wahyu Nusantara Aji Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Serlin Serang Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Aryati Arfah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jafar Basalamah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v4i3.452

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Puskesmas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pasien pada puskesmas Limboro Kabupaten Polewali Mandar. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik terdiri dari uji multikolonieritas, uji autokorelasi, heteroskedastisitas, dan uji normalitas, tidak ada ketentuan untuk urutan dalam pengujian. Hasil penelitian menunjukkan variabel Assurance dan emphaty berpengaruh terhadap kepuasan peserta BPJS pasien rawat inap di Puskesmas Limboro Kabupaten Polewali Mandar. Kesimpulan dari penelitian bahwa ada pengaruh Asuransi,dan empati terhadap kepuasan peserta BPJS pasien rawat inap di Puskesmas Limboro Kabupaten Polewali Mandar.

References

Alma, Buchari. 2014. Efisiensi dan efektivitas dari kegiatan pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Istianto, Bambang. 2011. Manajemen Pemerintahan Dalam Perspektif Pelayanan Publik. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Koentjoro. 2011. Standar Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Kotler dan Keller. 2016. Ekonomi dan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Naini. 2011. “Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pasien yang melakukan perawatan di RSIA Aminah Kota Blitar) dalam penelitiannya vol.1 hal. 12.

Rahadian. 2012. “Hubungan antara citra rumah sakit dan persepsi kualitas pelayanan dengan loyalitas pasien rumah sakit” dalam penelitiannya vol.2 hal.67.

Rolindrawan. 2015. Metode Penelitian. Tanggerang: Jelajah Nusa Hoadley, Mason C. 2006. Public Administration Indonesia norms v western form. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Limboro Kabupaten Polewali Mandar. (2021). Center of Economic Students Journal, 4(3), 259-264. https://doi.org/10.56750/csej.v4i3.452