Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan Pantai Bira di Kabupaten Bulukumba
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v4i3.445Keywords:
Kualitas Layanan, Kepuasan WisatawanAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis serta mengetahui bagaimana pengaruh variabel kualitas layanan terhadap kepuasan wisatawan Pantai Bira Di Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini dilakukan di Pantai Bira Kabupaten Bulukumba dengan membagikan kuesioner kepada 91 responden. Skala pengukurannya menggunakan skala likert. Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik uji t dan uji F dengan jalur bantu SPSS. Hasil penelitian ini secara parsial menunjukkan bahwa kualitas layananan masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan yang ada di pantai bira kabupaten bulukumba.
References
Ghanimata, Fifyanita. 2017. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang)”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.
Iswayanti, Ika Putri And Dwiyanto, Bambang Munas (2010) Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Harga, Dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Rumah Makan “Soto Angkring Mas Boed” Di Semarang)
Ima, Nur. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Komunikasi Word-Of-Mouth, Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Prima Di Anduonohu Kota Kendari. Skripsi. Universitas Halu Oleo. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.
Kotler Philip, Keller Kevin Lane. 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Keller, (2014:27). Manajemen Pemasaran edisi ketigabelas jilid 1 dan 2 dialihbahasakan oleh Bob Sabran, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dkk. (2014). ManajemenPemasaranPerspektif Asia. EdisiPertama. Yogyakarta : Andy
Kotler, Philip. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta : PT Indeks. Kelompok Gramedia
Kotler, Amstrong. 2014. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip & Gary, Amstrong. (2014). Priciples of Marketing. 14th Edition 14. England : Person Horizon Edition
Kusumah, Ridwan Zia. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Waroeng Taman Kusumawati, Andriani. 2014. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada McDonald’s MT.Haryono Malang. Skripsi. Universitas Brawijaya. Fakultas Ilmu administrasi.
Lupiyoadi, Rambat. 2016. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat: Jakarta.
Marlina A & Abdullah, A., H., Nur, L., Z., A. (2015). Analysis of Students’ Errors in Solving Higher Order Thingking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Canadian Center of Science and Education. Vol. 11(21):1991-2025. Diakses dari, www.ccsenet.org/journal/index.php/ass/article/viewFile/47330/27315
Mardela, Suci. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Ayam Laziza Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Pujawan, I Nyoman. 2016. Supply Chain Management, Edisi 2. Surabaya: Guna Widya.
Puri, Melya. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Provita bandar Lampung. Skripsi. Universitas lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan.
Rangkuti, Freddy. 2009. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia pustaka Utama. Jakarta..
Sejati, Bayu Sutrisna Aria. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas pelayanan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Starbucks. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol : 5, No : 3, Hal.1-19.
Suhardi. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Salah Satu Rumah Makan Sop Saudara di Makassar. Skripsi. Universitas Muslim Indonesia. Fakultas Ekonomi.
Sugiyono. 2016. Metode Statistika. Bandung. Tarsito.
-----. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2015. Prinsip-Prinsip Total Quality Service.Edisi V. Yogyakarta. Penerbit ANDI.
Mowen, J.C. dan Minor, M. 2016. Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.
Nurhasyimad. 2015. Bab 2 Tijauan Pustaka 2.1 Pengertian Pelayanan. http:// www.damandiri.or.id /file/nurhasyimadunairbab2.pdf.(diaksestanggal 30 desember 2001 jam 14.20).
Wijaya, Toni. 2016. Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta. PT Indeks
Widodo, Sri. 2016. ManajemenSumberDayaManusia: Teori, PerencanaanStrategi, Isu-isu Utama dan Globalisasi, Manggu Media, Bandung.
Yamit, Zulian. 2015. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Cet. 5. Yogyakarta: Ekonisia.
-----. 2016. Manajemen Kualitas produk dan Jasa, Edisi Pertama, Cetakan keenam. Ekonisia. Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.