Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Grab dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI)

Authors

  • Muh. Furqan Has Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Hasanuddin Damis Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Arifin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Andi Faisal Bahari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Haerdiansyah Syahnur Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v4i2.433

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Transportasi Online Grab, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga transportasi online grab terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis umi makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI Makassar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan sampling incidental. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan SPSS (Statistical Product and service Solution). Berdasarkan analisis yang telah di lakukan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis umi makassar. Dan harga transportasi online grab memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis umi makassar.

References

Aspiani. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pengguna Jasa Transportasi Grab Online di Kota Makassar.

Basu Swastha, 2007, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty Offset, Yogyakarta.

Bustam, syamsu, N., nurgajriani, Izmalinda, & Retno, T. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB-BIKE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stiem Bongaya Makassar). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 9–16.C

Fandy Tjiptono. 2014. Konsep Kualitas Pelayanan, dan Penelitian. Yogyakarta:

Gunawan, A. (2018). pengaruh kualitas pelayanan dan harga transportasi online grab terhadap kepuasan pelanggan mahasiswa manajeman unismuh makassar.

Ghozali, M, 2014, pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada expedisi di Surabaya. (online), Vol. 3 No. 3. (https://ejournal.stiesia.ac.id diakses 26 November).

Hutagaol, D. T. (2021). UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 1(3), 82–91.

Indriani, A. (2016). Hubunganmutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Diruangan Poli Umum Puskesmas Bukittinggi. Http://Ejournal.Kopertis10.Or.Id/Index.Php/Endurance/Article/Viewfile/461/451, 46-47.

Kotler, Philip (2005). Manajemen Pemasaran, edisi 11, Jilid 2, Jakarta : Prenhalindo

Kotler, P dan Keller, K. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 jilid 1. Kembang-Jakarta Barat: PT. INDEKS

KresnamurtiRivaiP, A., Suneni, & Febrilia, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab. Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 10(1), 204–225.

Lupiyoadi, (2013). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan

Nuraeni. (2021). GRAB (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi S1 Manajemen 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 8(1), 95. https://stiemuttaqien.ac.id/ojs/index.php /OJS/article/view/197

Noermijati, 2013, Pengaruh kualitas pelayanan dan Harga terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan (study pada pasien rawap inap di Rumah Sakit NU Tuban). (online), Vol 11 No 3. ISSN : 1693-5241. (https://jurnaljam.ub.ac.id diakses 30 November 2017).

Parasuraman, A., Berry, Leonard L, and Zeithaml, Valarie A. 2013, “SERVQUAL: AMultiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality”. Journal of Retailing, Vol;. 64 (Spring), pp. 12-40.

Sangadji Dan Sophia "PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRAB-BIKE." Jurnal Ilmiah Bongaya 2.1 (2016): 28

Soromi, R. K., Pelleng, F. A. O., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Transportasi Online GrabBike Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(1), 19. https://doi.org/10.35797/jab.9.1.2019.23527.19-27

Sianipar, G. J. . (2019). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (Studi Pada Pelanggan GrabBike Di Kota Medan). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19, 183–196. https://doi.org/10.54367/jmb.v19i2.576

Syahnur, M. H., Basalamah, J., & Gani, A. A. (2020). Customer Experience Factor Analysis Towards Customer Satisfaction Online Shopping. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(2), 83-94.

Tjiptono, F. (2016). Pemasaran Jasa - Prinsip, Pene v rapan, dan Penelitiab. Bandung:

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Grab dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI). (2021). Center of Economic Students Journal, 4(2), 163-171. https://doi.org/10.56750/csej.v4i2.433