Pengaruh Brand Equity Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Kedai Kopi Morfati
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v5i2.397Keywords:
Brand Equity, Kualitas Layanan, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan mengetahui pengaruh brand equitydan kepuasan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada kedai Kopi Morfati di kota Makassar. Data penelitian ini diperoleh dari pelanggan yang berkunjung di kopi morfati dan bersedia menjadi responden.Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan metode pengumpulan data berupa angket (kuesioner penelitian).metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable brand equitydan kualitas layanan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan variable kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan.References
Adriany, V. (2018). Pengaruh Ekuitas Merek, Kualitas Pelayanan, dan Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Jasa Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Karyawan Berkantor di Wilayah Jl. T. B Simatupang Jakarta). Commerce Jurnal Ilmiah Politeknik Piksi Input Serang, Vol. 6 No. 1, 63-82.
Chen, C.-F., & Tseng, W.-S. (2010). Exploring Customer-Based Airline Brand Equity: Evidence from Taiwan. Transportatiosn Journal, 49, No.1, 24-34.
Imandiar, Y. P. (2021, Desember 26). Bamsoet Sebut Bisnis Kuliner Indonesia Jadi Peluang Usaha Potensial. Jakarta:
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13 ed.). (A. Maulana, W. Hardani, Eds., & B. Sabran, Trans.) Jakarta: Erlangga.
Kusuma, L. (2019). Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Brand Love Melalui Kepuasan Konsumen Pada KOI Thé di Surabaya. AGORA, Vol.7. No. 1.
Loo, P., Firmansyah, E., & Caroline , F. (2021). Pengaruh Loyalitas Konsumen, Brand Equity dan Kualitas Pelayanan Konsumen Terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Asia Mewah Wisata. Journal of Management, Accounting, Economic and Business, 02. No. 01, 2021, 121-141.
Syawalmi, L., Zulkarnain, & Samsir. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Pada PT. Global Inti Agro Di Pekanbaru. Jurnal Tepak Manajemen Bisnis, Vol. X. No. 2, 254-270.
Tu, Y.-T., & Chang, H.-C. (2012). Corporate Brand Image and Customer Satisfaction on Loyalty: An Empirical study of Starbucks Coffee in Taiwan. Journal of Social and Development, 3 (1), 24-32.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CESJ : Center Of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.