Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Rush Pada PT. Hadji Kalla Toyota Cabang Alauddin Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v5i2.386Keywords:
Bauran Pemasaran, Produk, Harga, Distribusi, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, distribusi dan promosi) terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Rush pada PT. Hadji Kalla Cabang Alauddin Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data dikumpulkan dengan Teknik kuesioner dan wawancara. Sampel yang diteliti sebanyak 92 responden. Jumlah variabel sebanyak 5 variabel. Metode dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa variabel independent yaitu bauran pemasaran (Produk, Harga, Distribusi dan Promosi) secara Bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dilihat dari nilai Fhitung 81.156 > Ftabel 2.48. Dan hasil perhitungan uji t dimana variable promosi memperoleh hasil thitung7.485 sehingga hal ini dapat kita katakan bahwa variabel promosi merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi variabel dependen (Y) yakni keputusan pembelian.References
As' ad, A., Basalamah, M. S., & Djamereng, A. (2020). Strategi Pemasaran Jasa dalam meningkatkan Jumlah Nasabah PT. Bank Sulselbar Cabang Syariah Makassar. Jurnal Ekonomika, 4(1), 73-81.
Commeta. (2016). Manfaat Melakukan Promosi Pada Bisnis. Commeta Group. Di akses 11 november 2021, dari safari.
Dewi, O. I. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Chang Tea Di Surabaya.
Ghozali, imam, 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Badan Penerbit Universitas Diponogoro, semarang
Hisanah, N. N. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI EKUATOR COFFEENERY (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Hestanto. (no date). Keputusan pembelian. Hestanto.web.id. Diakses 11 november 2021, dari Safari.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009. Manajemen Pemasaran jilid 1, Edisi kedua belas, alih Bahasa oleh Benyamin Molan, Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip. Dan Amstrong, Gary, 2008. Alih Bahasa : Bob Sabran, prinsip-prinsip pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Rompas, C. A., Lengkong, V. P., & Karuntu, M. M. (2018). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Pada Pt. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Martadinata Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3).
Rugaya, Siti. Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Avanza pada PT. Hadji Kalla cabang urip sumoharjo di kota makassar. 2019. PhD Thesis. UNIVERSITA NEGERI MAKASSAR.
Rio Agung Satria, Anang Fajar Sidik, Mohammad Didit Saleh. (no date). Pengertian data. https://wageindicator-data-academy.org/countries/data-akademi-garmen-indonesia-bahasa/teknis-menganalisa-data-hasil-survei/pengertian-data
Sangadji, S., Suhardi, S., & Ali, C. P. M. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sagu Rasa pada Gabungan Kelompok Tani Tagafura di Kelurahan Jaya Kota Tidore Kepulauan. Optimal: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2), 142-157.
Sugiyono,2010. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R & D. Alfabeta : bandung
Sugiyono,2010.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta : bandung.
Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CESJ : Center Of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.