Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Lingkungan Kerja Dan Pendapatan Auditor Terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v5i2.385Keywords:
Lingkungan Kerja, Pendapatan, Pilihan KarirAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Lingkungan Kerja Dan Pendapatan Auditor Terhadap pilihan Karirnya Sebagai Seorang Auditor. Penelitian ini dilakukan di Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang terletak di Jln. Urip Sumoharjo Km. 5, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Muslim Indonesia sedangkan dalam menentukan sampel kami menggunakan bantuan peduman kasar yang dikemukakan oleh Roscoe sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan. Jenis data yang kami gunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif, sedangkan sumber data yaitu data primer. Untuk mengumpulkan data lapangan, penelitian ini menggunakan metode survei dengan cara menyebaran kusioner. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai lingkungan Kerja Dan Pendapatan Auditor berpengaruh positif dan signifikan Terhadap pilihan Karirnya Sebagai Auditor.References
Apriliyan, L. A. (2011). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP dan Mahasiswa Akuntansi UNIKA). Skripsi, 1–75.
Corawettoeng, M. (2013). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Lingkungan Kerja Auditor Terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Hasanuddin Dan Politeknik Negeri Ujung Pandang). Skripsi Dipublikasi. Makassar. Program Sarjana Universitas Hasanuddin.
Deprina, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pemilihan Karier Mahasiswa Akuntansi Sebagai Akuntan atau Non-Akuntan. Skripsi.
Ivancevich, J. M. (2007). Robert Konopaske, and Michael T. Matteson. Perilaku dan Manajemen Organisasi Jilid, 1.
Mariana, V., dan Kurnia, K. (2017). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Membedakan Pemilihan Karir. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(11).
Meliana, S. A. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Bagi Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Umrah Dan Mahasiswa Akuntansi Stie Pembangunan Tanjungpinang). Jurnal Riset Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, 1–23.
Milton, C. R. (1981). Human behavior in organizations: Three levels of behavior. Prentice Hall. Mulyadi, K. P. (1998). Jenis Dan Metode Penelitian Kualitatif. Salemba Empat Jakarta.
Nugraha, R. K. (2018). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Lingkungan Kerja Auditor Dan Faktor Sosial Budaya Terhadap Pilihan Karirnya Sebagai Auditor (Studi Kasus pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi S1).
Prakoso, F. B. A. (2018). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Pemilihan Karier Mahasiswa Akuntansi sebagai Akuntan atau Non- Akuntan (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2014 di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta dan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi.
Rahayu, S., dan Sudaryono, E. A. (2003). Doddy Setiawan. 2003. Pandangan Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir. Simposium Nasional Akuntansi VI. Surabaya.
Suryaningsih, M. (2018). Persepsi Mahasiswa Akuntansi: Determinan Yang Mempengaruhi Pilihan Karir Sebagai Auditor. JURNAL AKUNTANSI, 7(1), 18–27.
Suyono, N. A. (2014). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi Unsiq). Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 1(2), 69–83.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CESJ : Center Of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.