Pengaruh Aspek Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Briton English Education, Makassar

Authors

  • Andriy Naufal Nasputra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Amir Mahmud Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Sabri Hasan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Ashoer Zaenal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Haerdiansyah Syahnur Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.149

Keywords:

Kepuasan pelanggan, Kualitas layanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh service quality terhadap customer satisfaction dan mengukur apakah memiliki pengaruh antara service quality terhadap customer satisfaction baik secara simultan maupun parsial. Peneliti menggunakan data dari populasi student yang aktif mengikuti kursus berjumlah 80 orang pada tahun 2021. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian adalah kuantitatif, yaitu penelitian yang menekankan pada keluasan informasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode survey melalui kuesioner yang diberikan langsung kepada responden. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diawali dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap butir-butir pertanyaan yang terdapat pada kuesioner penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality berpengaruh terhadap customer satisfaction secara simultan dan secara parsial menunjukkan bahwa variabel empathy dan assurance tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap customer satisfaction.

References

Atmaja, A. K., & KHASANAH, I. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Tiket Garuda di PT Falah Fantastic Tour Travel Bogor) (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro).

Alhusin, S. (2003). Aplikasi statistik praktis dengan menggunakan SPSS 10 for Windows (Edisi Kedua). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amirin, T. M. (2011). Populasi dan sampel penelitian 4: Ukuran sampel rumus Slovin. Retrieved from http://tatangmanguny.wordpress.com

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.

Azwar, S. (2003). Reliabilitas dan validitas (Edisi III). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Berry, L. L., Parasuraman, A., & Zeithaml, V. A. (1988). The service-quality puzzle. Business horizons, 31(5), 35-43.

David, G. (2003). Retail marketing management (2nd ed.). Prentice Hall, Inc.

EF Education First. (2017). Retrieved from http://www.ef.co.id/epi/

English Quantum. (n.d.). Retrieved from http://englishquantum.com/kursus-bahasa-inggris/kebutuhan-bahasa-inggris-di-era-persaingan-global/

Ety, D. S. (2001). Kepuasan Pelanggan Dalam Penggunaan Layanan Informasi 108. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, 1(1).

Fisk, P. (2011). Marketing genius. England: Capstone.

Frisdiantara, C., & Graha, A. N. (2013). Pengaruh Dimensi Pelayanan Dan Dimensi Fasilitas Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal ekonomi modernisasi, 9(2), 106-119.

Ghazali, I. (2016). Aplikasi analisis multivariat dengan program IBM SPSS 23 (Cetakan kedelapan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hardiyati, R., & KHASANAH, I. (2010). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen menggunakan jasa penginapan (villa) agrowisata kebun teh pagilaran (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS DIPONEGORO).

Hartono, M., & Raharjo, H. (2015). Exploring the mediating role of affective and cognitive satisfaction on the effect of service quality on loyalty. Total Quality Management & Business Excellence, 26(9-10), 971-985.

Irawan, H. (2009). 10 prinsip kepuasan pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2011). Principles of marketing. New Jersey: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (Edisi Kedua Belas). Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Lamb, C. W., & Hair, J. F. (2001). Pemasaran (Buku 1). Jakarta: Salemba Empat.

Lovelock, C. H., & Wright, D. L. (2010). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen pemasaran jasa (Edisi Pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Lupiyoadi, R. (2004). Manajemen pemasaran jasa: Teori dan praktik. Jakarta: PT Salemba Empat.

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2009). Manajemen pemasaran jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, N. (2012). Basic marketing research (4th ed.). Saddle River: Pearson Prentice Hall.

Mustika, M. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Wardah Beauty House Medan (Doctoral dissertation).

Nasbir, S. F. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Salon Hair Nets. Kendari: Universitas Halu Leo.

Priyatno, D. (2013). Mandiri belajar analisis data dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom.

Priyatno, D. (2014). SPSS 22 pengolah data terpraktis (Edisi 1). Yogyakarta: Andi.

Prabowo, R. S. (2017). Pengaruh Service Quality Terhadap Customer Satisfication English First Surabaya Town Square. Agora, 5(2).

Rahmulyono, A. (2008). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien puskesmas Depok I di Sleman. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Rangkuti, F. (2003). Measuring customer satisfaction: Gaining customer relationship strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, S. (2000). Buku latihan SPSS statistik parametrik. Penerbit Elex Media Komputindo.

Sekaran, U. (2016). Research methods for business: A skill building approach.

Sekaran, U. (2006). Research Methods for Business (Diterjemahkan Oleh Kwan Men Yon) Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.

Sinurat, I. N., Daat, S. C., & Hutadjulu, L. Y. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance dan Intellectual Capital Terhadap Financial Performance. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Daerah, 14(1), 100-119.

Stanton, J. W. (1998). Prinsip pemasaran (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. (2004). Metode penelitian administrasi. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian bisnis. Bandung: CV Alfabeta.

Suliyanto. (2005). Analisis data dalam aplikasi pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjaptono, F. (2005). Pemasaran jasa (Edisi 1). Banyumedia, Malang: Jakarta Timur.

Zafirah. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan PelangganPada Maskapai Penerbangan Lion Di Bandar Udara Mutiara Sis Al-Jufri Palu. Malang : Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Nasputra, A. N., Mahmud, A., Hasan, S., Zaenal, M. A., & Syahnur, M. H. (2025). Pengaruh Aspek Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Peserta Didik Pada Briton English Education, Makassar. Center of Economic Students Journal, 8(1), 78–95. https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.149