Pengaruh Agama, Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Penggunaan Jasa Bank Syariah di Kota Makassar

Authors

  • Muhammad Fernanda Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Junaidin Zakaria Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Hukma Ratu Purnama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/49j3xm27

Keywords:

Agama, Produk, Pelayanan, Keputusan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh faktor-faktor seperti agama, produk, dan pelayanan terhadap keputusan nasabah dalam menggunakan jasa bank syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah bank syariah. Sampel penelitian diambil secara purposive dengan jumlah responden sebanyak 60 Orang . Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel agama, produk, dan pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan nasabah. Secara parsial, variabel pelayanan memiliki pengaruh paling dominan dibandingkan dua variabel lainnya.

References

Ahmad, H., & Ariffin, M. (2021). Mudharabah as an Islamic banking instrument: A theoretical review. Journal of Islamic Economics, 33(2), 112–124. https://doi.org/10.1108/JIE-11-2020-0143

Hafiz, & Sari. (2021). Faktor agama dan kualitas pelayanan dalam memilih bank syariah: Studi kasus di Makassar. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 45–60.

Hassan, A., & Al-Shammari, R. (2022). Customer satisfaction and service quality in Islamic banks: Evidence from the Middle East. Journal of Banking Research, 17(2), 108–125. https://doi.org/10.1016/j.jbr.2022.05.003

Ismail, R., & Rahman, M. (2021). Service quality and customer satisfaction in Islamic banks: Evidence from Malaysia. Journal of Islamic Marketing, 12(2), 181–198. https://doi.org/10.1108/JIMA-02-2020-0141

Jalaluddin. (2017). Psikologi agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kamarudin, L., Azizan, N. A., & Ahmad, M. (2021). The role of religious motivation in Islamic banking decisions in Malaysia. International Journal of Bank Marketing, 39(1), 121–138. https://doi.org/10.1108/IJBM-07-2019-0224

Khalil, A., & Sarfraz, S. (2020). Trust and loyalty in Islamic banking: The role of Islamic financial products. Journal of Islamic Marketing, 11(3), 571–588. https://doi.org/10.1108/JIMA-11-2019-0230

Muhammad, & Fadilah. (2022). Peran agama, produk syariah, dan kualitas pelayanan dalam keputusan nasabah di bank syariah. Jurnal Manajemen Keuangan Islam, 14(2), 123–139. https://doi.org/10.5678/jmki.2022.123139

Nugroho, H., & Sutrisno, D. (2021). The competitive advantage of Islamic banks in Indonesia: Strategic approaches. Journal of Islamic Finance and Business Studies, 10(2), 77–90. https://doi.org/10.1108/JIFBS-06-2021-0052

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL: A multi-item scale for measuring consumer perceptions of service quality. Journal of Retailing, 64(1), 12–40. https://doi.org/10.1016/S0022-4359(98)80006-3

Zainuddin, H. (2022). Pengaruh produk bank syariah terhadap keputusan nasabah di Kota Bandung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 13(1), 78–92.

Downloads

Published

2025-11-14

How to Cite

Pengaruh Agama, Produk dan Pelayanan Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Penggunaan Jasa Bank Syariah di Kota Makassar. (2025). Center of Economic Students Journal, 8(4), 1230-1238. https://doi.org/10.56750/49j3xm27