Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman

Authors

  • Mitra Ahmad Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Nurfadila Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Djamaluddin Kadir Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Alam Umar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csetc835

Keywords:

Likuiditas, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Struktur Modal

Abstract

Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dibimbing oleh Nur Alam dan Djamaluddin Kadir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI 2018-2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada maka diperoleh 7 sampel dari populasi yang ada. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Struktur modal tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, Likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan, dan Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

References

Aglis, A. H., & Riyanto, S. (2021). Metode riset penelitian kuantitatif: Penelitian di bidang manajemen, teknik, pendidikan dan eksperimen. Sleman: CV Budi Utama.

Agus, S. (2017). Manajemen keuangan: Teori dan aplikasi (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.

Agus, S. (2018). Manajemen keuangan: Teori dan aplikasi (Edisi 4). Yogyakarta: BPFE.

Aisyah, S., Yulia, R., Saputro, I. D., & Herawati, F. (2018). Evaluation of antibiotic use and bacterial profile in burn unit patients at the Dr. Soetomo General Hospital. Annals of Burns and Fire Disasters, 31(3), 194–197.

Ajeng. (2018). Pengaruh good corporate governance dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1, 1–10.

Albusalih, F. A., et al. (2017). Prevalence of self-medication among students of pharmacy and medicine colleges of a public sector. Journal of Pharmacy & Bioallied Sciences, 9(4), 223–229.

Aldi, Y., & Susanti, F. (2019). Pengaruh stres kerja dan motivasi kerja terhadap prestasi kerja karyawan pada PT Frisian Flag Indonesia wilayah Padang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 12(1), 33–41.

Alrubiyee, L., & Al-Nazer, N. (2017). Investigate the impact of relationship marketing orientation on customer loyalty. International Journal of Marketing Studies, 2(1), 155–174.

Alty, D. P. (2018). Pengaturan penggunaan rokok menurut hukum internasional dan hukum nasional Indonesia (Skripsi, Universitas Andalas).

Azhar, S. (2018). Sistem informasi akuntansi (Cetakan pertama). Bandung: Lingga Jaya.

Bahri, S. (2018). Metodologi penelitian bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Ernawati, & Widyawati. (2017). Pengaruh profitabilitas, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 4(4), 1–15.

Fahmi, I. (2017). Analisis laporan keuangan. Bandung: Alfabeta.

Fatima, A. (2017). Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan kualitas laba sebagai variabel moderasi (Tesis, Universitas Negeri Semarang).

Hantono. (2018). Konsep analisa laporan keuangan dengan pendekatan rasio dan SPSS. Sleman: CV Budi Utama.

James, V. H., & Wachowicz, J. M. (2018). Prinsip-prinsip manajemen keuangan (Fundamentals of financial management) (Edisi 14, Buku 3). Jakarta: Salemba Empat.

Kasmir. (2018). Manajemen sumber daya manusia: Teori dan praktik. Depok: Rajagrafindo Persada.

Keown, A. J., et al. (2004). Manajemen keuangan: Prinsip-prinsip dasar dan aplikasi (Edisi ke-9, Jilid 1). Jakarta: Indeks Gramedia.

Manoppo, H., & Arie, F. V. (2016). Pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011–2014. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(2), 485–497.

Niresh, J. A., & Velnampy, T. (2014). Firm size and profitability: A study of listed manufacturing firms in Sri Lanka. International Journal of Business and Management, 9(4), 57–64. https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n4p57

Prasetyo, B., et al. (2018). Komunikasi pemasaran terpadu: Pendekatan tradisional hingga era media baru. Malang: UB Press.

Raharjaputra, H. S. (2019). Buku panduan praktis manajemen keuangan dan akuntansi untuk eksekutif perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Rompas, G. P. (2013). Likuiditas, solvabilitas, dan rentabilitas terhadap nilai perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA, 1(3), 252–262.

Sandy, S., & Lukviarman, N. (2015). Pengaruh corporate governance terhadap tax avoidance. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 19(2), 85–98.

Sjahrial, D., et al. (2017). Akuntansi manajemen (Edisi 2). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Suwardika, I. N., & Mustanda, I. K. (2017). Pengaruh leverage, ukuran perusahaan, pertumbuhan perusahaan, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan pada perusahaan properti. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(3), 1248–1277.

Syanipar, S. (2017). Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmu Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 45–55.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Makanan Dan Minuman. (2025). Center of Economic Students Journal, 8(3), 1134-1145. https://doi.org/10.56750/csetc835