Analisis Inovasi Pelayanan Administrasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone

Authors

  • Sumarni STIE Yapi Bone, Bone, Indonesia
  • Faradilla STIE Yapi Bone, Bone, Indonesia
  • Muh. Harisa STIE Yapi Bone, Bone, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/rgfzpj75

Keywords:

Inovasi, Pelayanan, Publik, UP3SK

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian yanb dilakukna bersifat deskriptif yaitu untuk menggambarkan inovasi oleh Everett M Roger yaitu: Realtive Advanyage (Keuntungan rekatif), Compabilitiy (kesesuaian), Complexity (Kerumitan), Triability (Kemungkinan), dan Observability (Kemudahan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik melalui UP3SK di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone dapat dilihat berdasarkan atribut inovasi menurut Roger. Pada “Five attributes of inovations” relative advantage diketahui bahwa keuntungan dari adanya inovasi pelayanan UP3SK meminimalisir praktek percaloan dan lebih memudahkan masyarakat. Pada atribut compability menjelaskan bahwa inovasi pelayanan sesuai dengan keinginan masyarakat dalam proses pengurusan dokumen yang lebih mudah. Atribut complexity menjelaskan bahwa tidak adanya kerumitan dalam pengurusan begitupun dengan proses pelayanan UP3SK. Atribut triability juga menjelaskan bahwa tidak adanya fase uji coba kepada masyarakat dalam pelayanan UP3SK hanya ada percobaan uji teknis di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone. Atribut observability menunjukkan bahwa selama pelayanan UP3SK berjalan lancar dan telah sesuai dengan keinginan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone yaitu memudahkan masyarakat dalam pengurusan dokumen penting sehingga meminimalisir percaloan atau pungutan liar.

References

Amy Y.S Rahayu, dkk. 2020. Pelayanan Publik dan E-Government: Sebuah Teori dan Konsep. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, P., Setiawati, B., & Malik, I. (2021). KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN. 2. Dan, K., Sipil, P., & Tangerang, K. (n.d.). No Title. 1–11.

Hamdam, H. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Unit Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dan Pencatatan Sipil Keliling (Up3Sk) Di Kabupaten Bone. http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/3676/%0Ahttp://repository.unhas.ac.id/ id/eprint/3676/2/E012172002_tesis 1-2.pdf

Hermawan Parwiyanto dan Wyke Santika Dewi. 2020. ). Inovasi Pelayanan Administrasi kependudukan (Studi kasus pada Pelayanan Akta Kematian Lempeng Gapit di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madium). Jurnal Nasional. Volume 3, Nomor 1.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2017). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks

Rahmawati, M. P., Fatchuriza, M., Pemerintahan, I., Selamat, U., & Kendal, S. (2021). INOVASI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DALAM GENGGAMAN ( PAK DALMAN ) BERBASIS APLIKASI DI KABUPATEN KENDAL. 6(2), 28–39.

Sangkala. (2019). Manajemen Perubahan di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Provinsi Sulawesi Selatan. Ilmu Administrasi Fisip Universitas Hasanuddin Makassar.

Suami, G., Gucialit, P., & Lumajang, K. (2019). 81818-ID-inovasi-pelayanan- publik-studi-pada-pela. 2(4), 156–161.

Suwarno, Y. (2020). Inovasi Di Sektor Publik. STIA-LAN Press, October, 1–148.

Undang-Undang Dasar Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Dasar Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan muncul perubahan di tahun 2013.

Undang-Undang Dasar Nomor 24 Tahun 2006 tentang Administrasi Kepependudukan.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Analisis Inovasi Pelayanan Administrasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone. (2025). Center of Economic Students Journal, 8(3), 1122-1133. https://doi.org/10.56750/rgfzpj75