Pelaksanaan Sistem Administrasi dalam Upaya Peningkatan Kinerja pada Kantor Desa Kempo Kabupaten Dompu
DOI:
https://doi.org/10.56750/npjfty52Keywords:
Sistem Administrasi, Peningkatan Kinerja, Pelayanan Publik, Pemerintahan DesaAbstract
Pelaksanaan sistem administrasi yang efektif adalah faktor krusial karena berfungsi sebagai fondasi operasional organisasi, memastikan efisiensi, koordinasi yang baik, pengumpulan data yang akurat, dan alokasi sumber daya yang tepat untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem administrasi dan upaya peningkatan kinerja di Kantor Desa Kempo, Kabupaten Dompu. Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara mendalam dengan aparat desa dan masyarakat, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kantor Desa Kempo telah melaksanakan berbagai pelayanan administrasi seperti Surat Keterangan Usaha dan Keterangan Domisili secara efektif dan efisien, dengan rata-rata waktu pelayanan 4-10 menit. Meskipun masih menggunakan sistem manual dan menghadapi kendala infrastruktur seperti pemadaman listrik, kinerja aparat desa dinilai baik oleh masyarakat berkat komitmen dan resiliensi dalam mengatasi masalah. Pembahasan menggarisbawahi bahwa peningkatan kinerja tidak hanya bertumpu pada kecepatan layanan, tetapi juga pada penerapan prinsip manajemen dasar dalam sebuah organisasi pelayanan publik. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya menjaga kualitas pelayanan melalui peningkatan kemampuan komunikasi sosial pegawai untuk menghadapi ekspektasi masyarakat, serta perlunya edukasi kepada masyarakat mengenai etika dalam berurusan di kantor desa, demi menciptakan sinergi yang harmonis antara penyedia dan penerima layanan.
References
AA. Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Balai Pustaka. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, (KBBI edisi 2, Balai Pustaka).
Bambang Kusriyanto. 1991. Meningkatkan Produktivitas Karyawan. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Gie, The Liang. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. Liberty.
H.Malayu. 2005. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Haryadi, hendi.(2009). Administrasi Perkantoran untuk Manajemen & Staf. Jakarta Selatan : Transmedia Pustaka
Khaerul.Umam. 2010. Perilaku Organisasi. Bandung: Pustaka Setia
Linia Laras Kartanti Mahasiswa UNY tahun 2015. http://eprints. uny.ac.id/33410/1/Linia%20Laras%20Kartanti%2010520244080.pdf
Mardiasmo 2002 :Otonomi Dan Manajemen Keuangan Daerah, Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nawawi, Hadari. (2006). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Yogyakarta: Gadjah Mada Univercity Press.
Petunjuk Pelaksanaan SIPKD, 2010, Kementerian Dalam Negeri:Jakarta
R. Molz. 1987. How Leaders Use Goals. Long Range Planning.Oktober 1987.
Robbins, P. Stephen. (2008). Prinsip-prinsip perilaku organisasi.Edisi Indonesia Jilid 1. Jakarta: PT Indeks Gramedia Grup.
Trisnawati Sule, Ernie. 2004. Pengantar Manajemen, Kencana: Jakarta.
Tika, 2006, Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja. Perusahaan, Cetakan Pertama, Jakarta.
Sondang P.Siagian. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara, 1999
Setiawan, Heri. 2013. Modul Pengantar Ilmu Administrasi. Palembang: Alfabeta.
https://www.maxmanroe.com/vid/manajemen/pengertian-administrasi.html