Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Uniqlo Di Kota Makassar

Authors

  • Miftahul Hasanah Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Nur Alam Umar Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Rezky Ratnasari Taufan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/dq6vt588

Keywords:

Word Of Mouth, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai dan menjelaskan pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Uniqlo di Kota Makassar. Penelitian ini dilakukan di Kota Makassar dengan waktu penelitian selama satu bulan di bulan Maret 2025. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan hasil 117 responden yang menjadi sampel dalam penelitian ini, adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling metode ini merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu, teknik ini merupakan salah satu teknik Nonprobability Sampling dimana teknik pengumpulan sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan yang sama kepada setiap populasi untuk menjadi sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan variabel Word Of Mouth dan Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Brand Uniqlo Di kota Makassar.

References

Anderson, E. W. (dalam Hoffman, N. d.). Paradigm shift in word of mouth communication. [Sumber tidak dipublikasikan].

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Assauri, S. (2013). Manajemen pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1995). Consumer behavior (8th ed.). Fort Worth, TX: Dryden Press.

Hoffman, D. L. (n.d.). Changing paradigms of marketing communication. [Sumber tidak dipublikasikan].

Kotler, P. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2013). Principles of marketing (15th ed.). Boston: Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principles of marketing (16th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Neuman, W. L. (2014). Social research methods: Qualitative and quantitative approaches (7th ed.). Harlow: Pearson Education Limited.

Paat, J. J., Wenas, R. S., & Kambey, R. J. (2020). Pengaruh electronic word of mouth, brand image, dan brand trust terhadap keputusan pembelian produk smartphone Xiaomi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 1088–1097. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.27991

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer behavior (10th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Sundalangi, N. (2014). Analisis kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada PT. Sinar Galesong Mandiri Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 311–321. https://doi.org/10.35794/emba.v2i1.4087

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-08-29

How to Cite

Pengaruh Word Of Mouth dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Brand Uniqlo Di Kota Makassar. (2025). Center of Economic Students Journal, 8(3), 1054-1064. https://doi.org/10.56750/dq6vt588