Pengaruh Merek dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare “Skintific”: Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia

Authors

  • Rahmi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Amir Mahmud Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/b5gzg297

Keywords:

Merek, Media Sosial, Keputusan Pembelian, Skincare

Abstract

Perkembangan industri skincare di Indonesia semakin pesat, salah satunya ditunjang oleh kekuatan merek dan peran media sosial sebagai sarana promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh merek dan media sosial terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific pada mahasiswa. Penelitian dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia, Jalan Urip Sumoharjo Km. 5, Panaikang, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, selama dua bulan, yaitu Agustus–September 2024. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Manajemen angkatan 2021 sebanyak 193 orang. Sampel ditentukan dengan rumus Slovin sehingga diperoleh 66 responden. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner, dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel Merek dan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian produk skincare Skintific. Secara simultan, kedua variabel tersebut juga terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa kekuatan merek serta strategi pemasaran melalui media sosial memainkan peran penting dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya pada kalangan mahasiswa. Oleh karena itu, perusahaan perlu meningkatkan strategi branding dan optimalisasi media sosial untuk memperkuat daya tarik produk di pasar yang kompetitif.

References

Aaker, D. (1996). Building strong brands. Free Press.

Annissa, R. D., & Tobing, R. P. (2022). Pengaruh product review dan viral marketing terhadap purchase intention produk skincare merek lokal Indonesia (Studi kasus pada pengguna aplikasi media sosial TikTok). JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2(1), 133–146.

Aprianty, A., & Gendalasari, G. G. (2010). Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1), 105–114.

Ardiana, P., Anggraini, I. H. F., Azmi, D. A., & Noviyani, R. E. (2023). Pengaruh merek terhadap keputusan konsumen dalam membeli produk kecantikan. JBC: Journal of Beauty and Cosmetology, 5(1), 13–20.

Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh pembelian Scarlett Whitening by Felicya Angelista. eProceedings of Management, 8(5).

Cheung, C. M. K., & Thadani, D. R. (2012). The impact of electronic word-of-mouth communication: A literature analysis and integrative model. Decision Support Systems, 54(1), 461–470.

Compas.co.id. (2024). Gambar Scintific paket kecantikan pada periode 2024. Diakses dari www.blog.slice.id

Duan, W., Gu, B., & Whinston, A. B. (2008). Do online reviews matter? An empirical investigation of panel data. Decision Support Systems, 45(4), 1007–1016.

Fatmaningrum, S. R., Susanto, S., & Fadhillah, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 4(1), 176–188.

Febtianti, T. A. (2022). Pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian lip product Emina melalui citra merek (Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta).

Filieri, R., & McLeay, F. (2014). E-WOM and accommodation: An analysis of the factors that influence travelers’ adoption of information from online reviews. Journal of Travel Research, 53(1), 44–57.

Geraldine, & Anis. (2022). [Data publikasi tidak lengkap].

Ghorban, G. (2018). Pengaruh social media dan word of mouth terhadap keputusan berkunjung melalui citra destinasi pada pengunjung objek wisata Dieng Kabupaten Wonosobo. Manajemen, 1–71.

Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian produk smartphone Oppo pada mahasiswa Universitas Telkom. Majalah Bisnis dan IPTEK, 10(2), 81–94.

Grand View Research. (2020). Skincare market size, share & trends analysis report.

Ilmiah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh ulasan produk, kemudahan, kepercayaan, dan harga terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee di Mojokerto. Marker: Jurnal Manajemen, 6(1), 32–42.

Keller, K. L. (2008). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson Education.

Keller, K. L. (2013). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (Global edition). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.

Lia, A., Ibdalsyah, I., & Hakiem, H. (2022). Pengaruh persepsi konsumen, labelisasi halal, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk herbal skincare SR12. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 263–273.

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh kesadaran merek dan citra merek terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 25–29.

Rizky, K., & Ariesya, A. (2023). Pengujian kesadaran merek dan social media marketing terhadap keputusan pembelian. [Jurnal tidak disebutkan], 89.

Soemantri, A., & Muhidin, S. A. (2011). Aplikasi statistika dalam penelitian (hlm. 250). Pustaka Setia.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tanady, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran, 9(2), 113–123.

Yang, S., & Mai, E. S. (2010). The effects of fast delivery and post-usage eWOM on purchase intentions. Journal of Electronic Commerce Research, 11(2), 162–174.

Downloads

Published

2025-08-20

How to Cite

Pengaruh Merek dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare “Skintific”: Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia. (2025). Center of Economic Students Journal, 8(3), 1044-1053. https://doi.org/10.56750/b5gzg297