Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pada PT Bank Sulselbar
DOI:
https://doi.org/10.56750/522mmy91Keywords:
Strategi Pemasaran, Jumlah Nasabah, Pemasaran Perbankan, PT Bank Sulselbar, Loyalitas NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT Bank Sulselbar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dengan jumlah sampel sebanyak tujuh orang responden. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, serta penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah nasabah pada PT Bank Sulselbar. Penerapan strategi pemasaran yang tepat terbukti tidak hanya efektif dalam menarik nasabah baru, tetapi juga mampu mempertahankan nasabah yang telah ada. Selain itu, strategi pemasaran yang berkesinambungan berperan penting dalam menciptakan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan antara bank dan nasabah. Dengan demikian, keberhasilan strategi pemasaran menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan daya saing dan pertumbuhan PT Bank Sulselbar di tengah dinamika industri perbankan.
References
Ajzen, I. (2012). The theory of planned behavior. In P. A. M. Lange, A. W. Kruglanski, & E. T. Higgins (Eds.), Handbook of theories of social psychology (Vol. 1, pp. 438–459). Sage.
Alhafikh, M. (2022). Strategi marketing untuk meningkatkan jumlah nasabah pada PT Mahirah Muamalah. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Asmawati, Trimulato, & Ismawati. (2022). Strategi pemasaran produk tabungan meningkatkan minat nasabah di Bank Syariah Indonesia KCP Takalar Sulawesi Selatan. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 5(2). https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JHES/article/download/13792/5438
Assauri, S. (2008). Manajemen produksi dan operasi (Edisi 4). Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Brantas. (2009). Dasar-dasar manajemen. CV Alfabeta.
Dharmmesta. (2015). Manajemen pemasaran. Universitas Terbuka.
Elistiana, E. (2024). Strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah nasabah di BSI Kota Metro [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro]. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9176/1/Skripsi%20Ela%20Elistiana-1704100127-PBS.pdf
Fatihudin, D., & Virmansyah, A. (2020). Pemasaran jasa. Deepublish.
Hulu, B., Dakhi, Y., & Zalogo, E. F. (2021). Pengaruh strategi pemasaran terhadap volume penjualan pada UD. Mitra Kecamatan Amandraya. Pareto: Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(2), 16–25.
Kartajaya, H. (2019). Strategi pemasaran. Kencana.
Kasmir, S. (2018). Pemasaran bank. Kencana.
Komaruddin. (2007). Kamus perbankan.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed., S. Wall, Ed.). Pearson. https://www.edugonist.com/wp-content/uploads/2021/09/Marketing-Management-by-Philip-Kotler-15th-Edition.pdf
Larassati, N., & Fauzi, A. (2022). Strategi meningkatkan kualitas layanan melalui digitalisasi perbankan di BSI Trade Center Kota Kediri. Jurnal At-Tamwil: Kajian Ekonomi Syariah, 4(2), 202–217. https://doi.org/10.33367/at.v4i2.1473
Lestari, S. (2022). Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah melalui marketing mix pada PT BPR BKK Demak Cabang Sayung Semarang. Jurnal Ekonomi Bisnis. Universitas Islam Sultan Agung.
Mangkunegara, A. A. A. P. (2019). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. Remaja Rosda Karya.
Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis kualitas layanan dan kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2501–2510. http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6586
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan kepuasan pelanggan. Unitomo Press.
Rivai, V., & Sagala, E. J. (2009). Manajemen sumber daya manusia untuk perusahaan: Dari teori ke praktik (Ed. 2). Rajawali Pers.
Saputra, H. (2019). Analisa kepatuhan pajak dengan pendekatan teori perilaku terencana (Theory of Planned Behavior) terhadap wajib pajak orang pribadi di Provinsi DKI Jakarta. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), 47–58.
Sri, S. (2020). Instrumen penelitian kualitatif. Asosiasi Perguruan Tinggi Rekam Medis dan Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia.
Supriani, S. (2020). Strategi pemasaran terhadap peningkatan jumlah nasabah (Studi Bank Sulselbar Cabang Enrekang) [Tesis doktoral, IAIN Parepare].
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.