Analisis Faktor – Faktor Keputusan Menyewa Kebaya Pada Generasi Z Studi Kasus di Khanalis.Cloth

Authors

  • Safitri STIE Madani Balikpapan, Balikpapan, Indonesia
  • Mardatillah STIE Madani Balikpapan, Balikpapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/bqw7sj02

Keywords:

Faktor Keputusan, Generasi Z, Sewa Kebaya, Tren Kebaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisa bagaimana proses generasi Z lebih memilih sewa kebaya, serta menganalisis Faktor-faktor mengapa mereka melakukan penyewaan di Khanalis.cloth, Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengaan metode studi kasus, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data mengunakan adalah analisis tematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dua faktor proses generasi Z lebih memilih menyewa kebaya yang pertama yaitu model model kebaya yang menarik, yang kedua tren model kebaya yang disediakan khanalis.cloth selalu ada di penyewaannya, selanjutnya faktor-faktor mengapa generasi Z melakukan penyewaan yaitu kualitas produk, harga, tempat dan promosi, dari faktor faktor tersebut menjadi alasan mengapa genarasi Z lebih memilih menyewa kebaya.

References

Abdussamad, Z. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Makassar: CV. Syakir Media Press.

Abror, Muhammad, dan Dian Citaningtyas Ari Kadi. 2023. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Menyewa Di Lapangan Kampung Futsal Madiun.” dalam Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA).

Ardhianti, Dian, dan Pradana Jati Kusuma. 2023. “Pengaruh Harga Produk, Kualitas Produk, Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Ulang (Body Scrub Scarlett Di Aplikasi Shopee).” Jurnal Maneksi (Manajemen Ekonomi dan Akuntansi) 12(4). doi:https://doi.org/10.31959/jm.v12i4.2026.

Asmi, Nor, dan Mardatillah. 2021. “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Padan NAEM 555 CUCIAN.” Jurnal Akuntansi Manajemen Madani 7(2). doi:https://doi.org/10.51882/jamm.v7i2.38.

Dwijantoro, R., B. Dwi, dan N. Syarief. 2022. “Pengaruh harga, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian marketplace shopee.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis 16(2):63–76.

Firdaus, Muhammad Farhan, dan Adiwan Fahlan Aritenang. 2021. “studi aspek permintaan masyarakat terhadap penyewaan airbnb di kota bandung pada masa pandemi covid-19: studi kasus masyarakat generasi z domisili jabodetabek.” Jurnal Perencanan Wilayah dan Kota 1(1).

Hastuti, M. A. S. W., dan M. Anasrulloh. 2020. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Ilmiah Ecobuss 8(2):99–102.

Herlambang, A. S., dan E. Komara. 2022. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Kualitas Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Starbucks Coffee Reserve Plaza Senayan).” Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Perbankan (Journal of Economics, Management and Banking) 7(2):56–64.

Ilhamalimy, R. R., dan M. R. Mahaputra. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora dan Politik 1(1):85–97. doi:https://doi.org/10.38035/jihhp.v1i1.604.

Jatmiko, Novi Satria. 2022. “Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM.” JURNAL PLAKAT: Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat 4(2).

Jatmiko, Novi Satria, Aprilia, Dian Anggreani Usmangaji, dan Muhammad Sauqi Sazeli. 2023. “The Impact of Product Quality on Purchasing Decision.” Jpensi: Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi 8(3).

Martianto, Ishma Alfisa, Sri Setyo Iriani, dan Andre Dwijanto Witjaksono. 2023. “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSANPEMBELIAN.” JIMEA: Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi) 7(3).

Maulana, Ahmad, dan Rina Dwiarti. 2024. “Analisis Pengaruh Product, Place, Dan Price Terhadap Keputusan Menyewa Indekos Melalui Platform Mamikos.Com Pada Mahasiswa Di Yogyakarta.” Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis 12(2). doi:https://doi.org/10.26486/jpsb.v12i2.3983.

Nasution, Romadani Irama, Pinondang Nainggolan, dan Anggiat Sinurat. 2022. “Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Handphone VIVO (Studi Kasus Di Kelurahan Baru, Pematangsiantar).” Manajemen : Jurnal Ekonomi 4(2).

Nopitasari, Dwi, dan Sri Murwanti. 2025. “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Produk Skincare The Originote Yang Dimediasi Oleh Citra Merek.” Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 7(1). doi:https://doi.org/10.30606/99cpj390.

Nugroho, Wahyu Okta Cahya, dan Wiyadi. 2024. “Pengaruh Media Sosial, Kualitas Produk, Desain, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Rotan.” Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 6(3). doi:https://doi.org/10.30606/v6.n3.2024.1.

Prasetiawan, Adya Hermawati, dan Zulkhifli. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada PT. Jaya Kopra Sejati).” Conference on Economic and Business Innovation (CEBI) 1(1).

Putra, Edy Yulianto, Elinda Nurul Hasanah Dewi, dan Ferdinand Nainggolan. 2024. “Faktor Yang Mempengaruhi Purchase Intention Pada Produk Dior Dimediasi Oleh Trust.” Jurnal Lentera Bisnis 13(2). doi:https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1125.

Rahayu, Winda Puswining. 2022. “PENGARUH LOKASI, HARGA, FASILITAS, DAN KENYAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MBS DALAM MENYEWA KAMAR KOST.” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah 1(3):620–31. doi:https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.265.

Rohaya, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution, dan Budi Dharma. 2024. “analisis faktor perilaku konsumsi terhadap keputusan boikot produk israel: studi kasus pada generasi z unimed.” Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan 13(3):1036–50.

Sartika, Dewi, Theresia Militina, dan Saida Zainurossalamia ZA. 2023. “PENGARUH Kualitas Pelayanan Terhadap Niat Perilaku Melalui Kepuasan Dan Nilai Yang Dirasakan Mahasiswa Stie Madani Balikpapan.” Jurnal Akuntansi Manajemen Madani 9(1). doi:https://doi.org/10.51882/jamm.v9i1.66.

Sartika, Yusnaidi, Cut Mega Putri, dan Mardaleta. 2025. “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen di Minimarket Alfamart di Kabupaten Aceh Barat.” Jurnal Manuhara : Pusat Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis 3(1).

Sinaga, Ovigeria Subroto, dan Andi Nurfita. 2025. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Penajam, PPU KALTIM.” Journal Education and Development 13(1):573–78.

Sinaga, Ovigeria Subroto, dan Reviana Safitri. 2024. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Uptd Puskesmas Margomulyo Balikpapan.” Jurnal GeoEkonomi 15(1):148–58. doi:https://doi.org/10.36277/geoekonomi.v15i1.342.

Subastian, Dya Viani, Diah Ayu Retno Palupi, dan Emilia Firsa. 2021. “Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Celebrity Endorser Raffi Ahmad Terhadap Minat Beli Produk Skincare Ms.Glow.” Revenue: Jurnal Manajemen Bisnis Islam 2(11). doi:http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7691.

Sudrajat, Ahmad, dan Lindawati Kartika. 2021. “Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Mahasiswa Dalam Menyewa Tempat Tinggal Di Kampus Institut Pertanian Bogor Dramaga.” Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis &Amp; Manajemen 197(213). doi:https://doi.org/10.37932/j.e.v11i1.157.

Syahputra, Dian, Junita Lubis, dan Mulya Rafika. 2025. “Pengaruh Lokasi, Promosi, Servicescape, dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Bisnis Elektronik.” Jurnal Bisnis Mahasiswa 5(4):1622–40. doi:https://doi.org/10.60036/jbm.658.

Syahrizal, Dimas, dan Faizal Fardhani Sigarlaki. 2024. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Niat Beli Ulang Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Pelanggan Minuman Siap Saji .” Equilibrium 13(2).

Downloads

Published

2025-08-06

How to Cite

Analisis Faktor – Faktor Keputusan Menyewa Kebaya Pada Generasi Z Studi Kasus di Khanalis.Cloth. (2025). Center of Economic Students Journal, 8(3), 923-942. https://doi.org/10.56750/bqw7sj02