Pengaruh Promosi Dan Biaya Kursus Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Bimbingan Belajar Mecnesia Di Hertasning Makassar

Authors

  • Arpiani Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Rastina Kalla Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Sitti Rahmi Razak Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v8i2.1205

Keywords:

Bauran promosi, Biaya kursus, Minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh promosi dan harga terhadap minat siswa pada Bimbingan Belajar Mecnesia di Hertasning Makassar.Jenis Penelitian yang dilakukan dalam peelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang dilandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunkan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara parsial, variabel bauran promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dan variabel biaya kursus berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar.

References

Anang, B. P., & Aggi, P. S. (2024). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat pembelian berulang siswa bimbel GO Kota Bandung. Jurnal X, 7(1), 263–274.

Asri, S. A., Tayeb, T., Mardiah, M., Kamal, S. I. M., & Suaidah, I. (2021). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Sinjai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 210. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1067

Aulia, W. P., & Hadiapurwa, A. (2023). Pengaruh pendidikan non-formal bimbel (bimbingan belajar) terhadap minat literasi anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 192–196. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2049

Bella, S., Faizal, M., & Fadilla, F. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Palembang Demang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(1), 125–144. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i1.157

Chasanah, U., & Fauzan, M. (2021). Pengaruh harga, kualitas layanan dan program promosi terhadap keputusan pembelian berkelanjutan. Jurnal Riset Manajemen STIE Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.32477/jrm.v8i1.243

Darda, A., & Abdulah, B. (2020). Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap minat masyarakat bersekolah di SMAM Wanaraja. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 8(1), 01–16. https://doi.org/10.37932/j.e.v8i1.13

Hadithya, R. (2023). Lokasi dan harga bimbingan belajar dalam Kecamatan Baleendah untuk menggunakan jasa. Jurnal X, XX(3), 48–63.

Hanita, H. (2022). Analisis strategi marketing lembaga kursus dan bimbingan belajar Hanily di Desa Cinta Makmur Labuhanbatu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 5(1), 55–62. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i1.428

Ivantan, I., Khoiriah, N., & Karmiyati, S. (2020). Pengaruh strategi promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 91–97. https://doi.org/10.32493/jee.v3i1.7318

Jaya, U. A., & Mutiara, A. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pada pembelian PT. Shopee International Indonesia di Kota Sukabumi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5), 383–392. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.231

Mahbub, M., & Husnia Zen, E. (2020). Pengaruh promosi pendidikan terhadap minat peserta didik baru MAN 3 Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 2(1), 113. https://doi.org/10.30739/jmpid.v2i1.601

Pranata, I. Y. I., Wahab, Z., Widiyanti, M., & Rosa, A. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Lazada Indonesia. The Manager Review, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.20328

Randi, H. (2022). Pengguna aplikasi Ruang Guru. Budgeting, 4, 27–37. https://doi.org/10.31539/budgeting.v4i1.4050

Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis minat belajar siswa pada proses pembelajaran daring di kelas VA SDN Lembursitu. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 224. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.669

Suryani, N. A. (2022). Kepuasan konsumen bimbingan belajar (studi kasus Yayasan An-Naml Kemayoran Jakarta Pusat). Jurnal X, 4(2), 41–59.

Titissari, A., & Hartiningtyas, L. (2022). Pengaruh harga, kualitas, dan promosi produk terhadap minat beli konsumen pada UMKM Pia Ethes Trenggalek. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(5), 488–497. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i5.572

Umar, N. R., Sugesti, H., & Diawati, P. (2024). Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan Perum DAMRI Bandung (penelitian kasus pelanggan corporate pengiriman). Jurnal X, 1, 17–29.

Downloads

Published

2025-06-27

How to Cite

Pengaruh Promosi Dan Biaya Kursus Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Bimbingan Belajar Mecnesia Di Hertasning Makassar. (2025). Center of Economic Students Journal, 8(2), 836-848. https://doi.org/10.56750/csej.v8i2.1205