Pengaruh Promosi Dan Biaya Kursus Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Bimbingan Belajar Mecnesia Di Hertasning Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v8i2.1205Keywords:
Bauran promosi, Biaya kursus, Minat belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengaruh promosi dan harga terhadap minat siswa pada Bimbingan Belajar Mecnesia di Hertasning Makassar.Jenis Penelitian yang dilakukan dalam peelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan data primer. Metode kuantitatif merupakan metode penelitian yang dilandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunkan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Metode Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: secara parsial, variabel bauran promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar dan variabel biaya kursus berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar.
References
Anang, B. P., & Aggi, P. S. (2024). Pengaruh promosi dan harga terhadap minat pembelian berulang siswa bimbel GO Kota Bandung. Jurnal X, 7(1), 263–274.
Asri, S. A., Tayeb, T., Mardiah, M., Kamal, S. I. M., & Suaidah, I. (2021). Pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Sinjai. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(01), 210. https://doi.org/10.30868/im.v4i01.1067
Aulia, W. P., & Hadiapurwa, A. (2023). Pengaruh pendidikan non-formal bimbel (bimbingan belajar) terhadap minat literasi anak. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 192–196. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2049
Bella, S., Faizal, M., & Fadilla, F. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Palembang Demang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 3(1), 125–144. https://doi.org/10.36908/jimpa.v3i1.157
Chasanah, U., & Fauzan, M. (2021). Pengaruh harga, kualitas layanan dan program promosi terhadap keputusan pembelian berkelanjutan. Jurnal Riset Manajemen STIE Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.32477/jrm.v8i1.243
Darda, A., & Abdulah, B. (2020). Pengaruh harga, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap minat masyarakat bersekolah di SMAM Wanaraja. Jurnal Ekobis: Ekonomi Bisnis & Manajemen, 8(1), 01–16. https://doi.org/10.37932/j.e.v8i1.13
Hadithya, R. (2023). Lokasi dan harga bimbingan belajar dalam Kecamatan Baleendah untuk menggunakan jasa. Jurnal X, XX(3), 48–63.
Hanita, H. (2022). Analisis strategi marketing lembaga kursus dan bimbingan belajar Hanily di Desa Cinta Makmur Labuhanbatu. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK&BI), 5(1), 55–62. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i1.428
Ivantan, I., Khoiriah, N., & Karmiyati, S. (2020). Pengaruh strategi promosi terhadap minat beli konsumen pada PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 91–97. https://doi.org/10.32493/jee.v3i1.7318
Jaya, U. A., & Mutiara, A. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pada pembelian PT. Shopee International Indonesia di Kota Sukabumi. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan, 2(5), 383–392. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.231
Mahbub, M., & Husnia Zen, E. (2020). Pengaruh promosi pendidikan terhadap minat peserta didik baru MAN 3 Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam, 2(1), 113. https://doi.org/10.30739/jmpid.v2i1.601
Pranata, I. Y. I., Wahab, Z., Widiyanti, M., & Rosa, A. (2022). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Lazada Indonesia. The Manager Review, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.20328
Randi, H. (2022). Pengguna aplikasi Ruang Guru. Budgeting, 4, 27–37. https://doi.org/10.31539/budgeting.v4i1.4050
Santika, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis minat belajar siswa pada proses pembelajaran daring di kelas VA SDN Lembursitu. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 224. https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.669
Suryani, N. A. (2022). Kepuasan konsumen bimbingan belajar (studi kasus Yayasan An-Naml Kemayoran Jakarta Pusat). Jurnal X, 4(2), 41–59.
Titissari, A., & Hartiningtyas, L. (2022). Pengaruh harga, kualitas, dan promosi produk terhadap minat beli konsumen pada UMKM Pia Ethes Trenggalek. PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(5), 488–497. https://doi.org/10.56799/peshum.v1i5.572
Umar, N. R., Sugesti, H., & Diawati, P. (2024). Pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan Perum DAMRI Bandung (penelitian kasus pelanggan corporate pengiriman). Jurnal X, 1, 17–29.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.