Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Online Consumer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee

Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMI

Authors

  • Muh. Reza Pahlevi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Amiruddin Husain Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ackhriansyah Achmad Gani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Taufan Alwany Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Rezky Ratnasari Taufan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v7i4.1139

Keywords:

Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Online Consumer Review (Ocr), Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Dan Online Consumer Review (Ocr) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Umi). Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitain ini adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah 273 orang mahasiswa jurusan manajemen Angkatan 2022 fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 orang dengan menggunakan rumus slovin. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan statistical product and service solution (SPSS).Hasil penelitian ini menunjukan bahwa memlalui uji t variable Electronic Word Of Mouth (E-Wom) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee dan variabel dan Online Consumer Review (Ocr) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee.

References

Almana, A., & Mirza, A. A. (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers' Purchasing Decisions. Internatonal Journal of Computer Applications.

Aliyah, N. (2019). Prestasi Shopee Marketplace. Sejarah Shopee. Diperoleh pada 3 Februari 2024 dari https://careers.shopee.co.id.

Bahari, M.F., Dermawan, R. 2022. Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Tokopedia Di Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk

Burhan, F. A. (2021, Juni 4). About Us: Katadata. Retrieved 2021 16, 2021, from Katadata Web site: http://www.google.com/amp/s/katadata.co.id/amp/yuliawati/digital/60ba67 ba89507/nilai-transaksi-e-commerce-ri-melonjak-91-shopee-kuasai-pasar

Diana Febri Yanti 2022. Pengaruh Electronik Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Pada Shopee Dikalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Suska Riau.

Doni. (2021, Februari 10). About Us: Kominfo. Retrieved Oktober 16, 2021, from Kominfo Web site: http://www.kominfo.go.id/content/detail/33003konstan-menjaga- pertumbuhan-sektor-informasi-dan-komunikasi/0/artikel

Febriana, M., & Yulianto, E. (2018). PENGARUH ONLINE CONSUMER

Filieri, R., & McLeay, F. (2013). E-WOM and Accommodation: An Analysis of the Factors That Influence Travelers' Adoption of Information from Online reviews. Journal of Research.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate: Dengan Program IBM SPSS 25. In I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate: Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Goyette, I., & Ricard, L. (2010). e-WOM Scale: Word Of Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Journal Of Administrative Science.

Gruen, T., Osmonbekov, T., & Czaplewski, A. J. (2006). e-WOM: The impact of customer-to-customer online know-how exchange on customer value and loyalty. Journal of Business Research.

Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut: Word Of Mouth Marketing. Jakarta: Media Pressindo.

https://www.kominfo.go.id/content/detail/5427/67-persen-pengguna-handphone-berbelanja-lewat-smartphone/0/sorotan_media

INVESTOPEDIA. Working Capital. 20124 http://www.investopedia.com

Iprice. (2024). Peta E-Commerce Indonesia. Iprice.Co.Id. https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Karim, K. (2023). Keputusan Pembelian Emosional Pelanggan Beretnis Bugis di Kota Makassar, Indonesia. JSSHA ADPERTISI JOURNAL, 3(1), 41-49

Kartika, M., & Ganarsih, R. L. (2019). ANALISIS E-WOM, ONLINE SHOPPING EXPERIENCE DAN TRUST. JURNAL TEPAK MANAJEMEN BISNIS Vol. XI. No. 2.

Keller, P. K. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Khammash, M. (2008). Electronic Word of Mouth: antecedents of reading customer reviews in online opinions platforms: a quantitative study from the UK market. Journal of Manajement.

Kotler, P. (2016). Marketing Manajement. London: Pearson Education. Kotler, P., & Armstrong, G. (2014). Principle of Marketing. Jakarta: Erlangga. Kotler,

P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lamba, B., & Aggarwal, M. (2014). A Study Inffluence of e-WOM: Consumer Buying Behavior. The International Journal Of Bussiness & Manajement Vol. 2 Issue 1.

Pratama, Y. E., Sudarwati, & Istiqomah. (2019). KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE MELALUI APLIKASI SHOPEE DITINJAU DARI KUALITAS LAYANAN, ONLINE CUSTOMER REVIEW, DAN KEPERCAYAAN. Edunomika t Vol. 03, No. 02.

Purwanto, N. 2021. Pengaruh Online Customerreview Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Tokopedia Di Jombang)

REVIEW OLEH BEAUTY VLOGGER. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 58 No. 1.

Sugiharto, N.A., & Nurhayati, N. 2018. Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survey Pengunjung Tokopedia)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. In V. W. Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sumarwan, U. (2019). Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Taharu, R. V., Barusman, A. R., & Saptarini, V. (2019). Pengaruh e-Wom dan Review Produk pada Market Place. Jurnal Manajemen .

Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi dan Aplikasi Edisi satu. Yogyakarta: Andy Offset.

Tsang, A. S., & Prendergast, G. (2009). is a "star" worth a thousand word? The interplay between product-review text and rating valences. Journal Of Marketing.

Vermeulen, I., & Seegers, D. (2009). Tried and tested: The Impact of online hotel reviews on consumer consideration. Journal Manajement Touris.

Yuliani, M.P., & Suarmanayas A, I.N. 2021. Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Tokopedia

Yulita Tri Astuti 2020. Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Online Shopee. (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Islam Riau)

Zaenudin, A. (2017, November 13). tirto. Retrieved Oktober 16, 2021, from tirto website: http://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/internet-yang- semakin-menopang-perekonomian-negara-czUM

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Online Consumer Review (OCR) Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Shopee: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UMI. (2024). Center of Economic Students Journal, 7(4), 288-299. https://doi.org/10.56750/csej.v7i4.1139