Model Keputusan Pembelian Melalui Kualitas Layanan, Harga, dan Kualitas Produk Pada Online Tiktok Shop
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v8i2.1138Keywords:
Kualitas Layanan, Harga Produk, Kualitas Produk, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji model keputusan pembelian melalui variabel kualitas layanan, harga, dan kualitas produk pada platform belanja online TikTok Shop. Penelitian ini didasari oleh fenomena meningkatnya tren belanja digital, khususnya di kalangan masyarakat Kota Makassar yang aktif menggunakan TikTok Shop sebagai sarana pembelian pakaian secara daring. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode accidental sampling untuk menentukan responden yang diperoleh total sebanyak 95 responden. Data yang digunakan merupakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda, dan pengolahan data dilakukan melalui perangkat lunak IBM SPSS Statistics versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian di TikTok Shop. Sementara itu, variabel harga produk tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, variabel kualitas produk memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel—kualitas layanan, harga produk, dan kualitas produk—berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pakaian di TikTok Shop. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 42,2% menunjukkan bahwa model ini mampu menjelaskan sebesar 42,2% variabel keputusan pembelian, sedangkan sisanya sebesar 57,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Temuan ini memperkuat pentingnya peran kualitas layanan dan kualitas produk dalam membentuk keputusan pembelian konsumen di era digital, sementara faktor harga perlu ditinjau lebih lanjut dalam konteks preferensi konsumen TikTok Shop.
References
Aditya, H. M., & Hadi, M. (2019). Pengaruh Motivasi Konsumen Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 165–168.
Adji, J., & Semuel, D. H. (2018). Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Minat Pembelian di Starbucks The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1–10.
Astuti, M., & Matondang, N. (2020). Manajemen Pemasaran UMKM dan Digital Sosial Media. Deepublish.
Cahya, A. D., Raditya, A., & Aldi, R. Y. (2022). Analisis Pemasaran Online, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada UMKM Dinda Hayu Batik Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Jurnal Daya Saing, 8(1), 129–137.
Daga, R. (2017). Citra Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Diambil dari: https://www.researchgate.net/publication/334957485_Buku_1_Citra_Kualitas_Produk _dan_Kepuasan_Pelanggan.
Dayena, S. (2021). Pengaruh Persepsi Kualitas, Motivasi Konsumen, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Berrybenka Secara Online Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada MarketPlace Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Skripsi. UIN Sunan Ampel.
Dharmasetiawan, A. Y. (2018). Dasar-dasar Pemasaran. Trussmedia Grafika.
Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. N. (2018). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. BPFE.
Dwi, D. M., Pradiani, T., & Rachmawati, I. K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
Fatihudin, D. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Fauzi, F., Dencik, A. B., & Asiat, D. I. (2019). Metodologi Penelitian untuk Manajemen dan Akuntansi. Salemba Empat.
Firmansyah, A. M. (2020). Komunikasi Pemasaran. CV. Penerbit Qiara Media.
Firmansyah, M. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS), Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hadi, R. M., Februadi, A. C., & Gunawan, A. I. (2021). Analisis Persepsi Risiko dan Kepercayaan Konsumen Dalam Belanja Online. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, 1138–1143.
Hidayati, N. L. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Shopee di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 6(03).
Kaniya, & Yosie, A. (2022). (). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Chatime di Summarecon Mal Serpong. EMaBi: Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 1–12. Https://Jurnal.Ubd.Ac.Id/Index.Php/Emabi/Article/View/1679.
Kawuri, F. S. (2018). Pengaruh Endorsment, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Ulang Produk Kue Artis “Mamahkejogja”. Skripsi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Kountur, R. (2018). Metode Penelitian untuk penulisan Skripsi dan Tesis, edisi revisi. Penerbit PPM.
Kusnawan, A., Silaswara, D., & Hernawan, E. (2022). Dampak Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Jasa Pengiriman terhadap Kepuasan Konsumen Marketplace di Masa Pandemik Covid 19. Sains Manajemen: Jurnal Manajemen Unsera, 2, 62–87.
Lidwina, A. (2020). TikTok Diunduh Hampir 1 Miliar Kali sepanjang 2020. Databooks.
Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. (cetakan ke-2). Alfabeta.
Mulyansyah, G. T., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya. Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1097–1103. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jptn/Article/View/36056.
Nasution, Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan, Kemudahan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Jurnal ECOBISMA, 7(1), 43–53.
Nggilu, M., Tumbel, A., & Djemly, W. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3).
Nuraini, & Hadi, M. (2019). Pengaruh social media marketing dan word of mouth terhadap keputusan pembelian pada panties pizza malang. Jurnal Aplikasi Bisnis, 5(1), 178- 181.
Oktavenia, K. A. R., & Ardani, I. G. A. K. S. (2019). Pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone nokia dengan citra merek sebagai pemediasi. E-Jurnal Manajemen Unud, 8(3), 1374-1400.
Praisra, H. (2019). TikTok Bukan Media Sosial Lho... REPUBLIKA.
Putri, E. D. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadao Keputusan Pembelian melalui Minat Beli (Studi pada Konsumen Wardah Cosmetics Di Indonesia). Skripsi Thesis. Sanata Dharma University.
Septianto, I. D. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Uniqlo (Studi Pada Mahasiswa di Kabupaten Sleman). Skripsi. Universitas Islam Indonesia.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen: Prespektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga. Prenada Media Grup.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi. Vol. 4 No. 1, 38-51.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2019). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Sunyoto, D. (2018). Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen.
Tusanputri, A. V., & Amron, A. (2021). Pengaruh iklan dan program gratis ongkir terhadap keputusan pembelian. In FORUM EKONOMI (Vol. 23, No. 4).
Yulianti, F., Lamsah, & Periyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. CV Budi Utama.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.