Pengaruh Pengalaman dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Brand Putri Boutique House Hijab Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v8i2.1126Keywords:
Pengalaman Pelanggan, Nilai Pelanggan, Kepuasan PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Pengalaman Pelanggan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Brand Putri Boutique House Hijab di Kota Makassar. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif. Data yang digunakan adalah pengumpulan data melalui Kuesioner, dan Observasi. Pada penelitian ini pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang di mana seluruh populasi menjadi sampel yaitu pelanggan Brand Putri Boutique House Hijab di Kota Makassar pada tahun 2024. Pengolahan data menggunakan program SPSS Versi 25.0, 2024. Berdasarkan Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa Pengalaman Pelanggan dan Nilai Pelanggan berpengaruh positif dan Signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Brand Putri Boutique House Hijab di Kota Makassar tahun 2024.
References
Auditia Setiobudi, Christina Sudyasjayanti, Arya Asraf Danarkusuma, 2021. PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN, KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP KESEDIAAN UNTUK MEMBAYAR. Jurnal Bisnis, Manajemen dan Informatika.
Azhari, M. I., Fanani, D., & Mawardi, M.K (2015). PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Administrasi Bisnis, 28.
Azis Siswanto, Andi Tri Haryono, Azis Fathoni, 2018. Pengaruh Inovasi Produk, Ekspetasi Inovasi dan Nilai Pelanggan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Sigra di Semarang dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening.
Dafar Nur Tsani Fitria, Corry Yohana, Basrah Saidani, 2021. Pengaruh Pengalaman Pelanggan terhadap Niat Membeli Kembali dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Pengguna E-Commerce X di DKI Jakarta.
Danang Sunyoto, 2019. Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Ellena Nurfazria Handayani, Octavia Dwi Putri. 2022. “Pengaruh nilai pelanggan dan pengalaman pelanggan terhadap kepuasan konsumen Telkomsel”. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.
Indrasari, Meithianan, 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: unitomo press.
Iwan Kesuma Sihombing, I. S. D. 2019. “Pemasaran dan Manajemen Pasar”. Deepublish.
Janur Efendi Panjaitan, 2016. “Pengaruh Kualityas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung”. Jurnal Manajemen Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom. Volume 11, No. 2.
Kurniah, Awaluddin, 2022. “Pengaruh Pengalaman dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Scarlett Whitening di Kota Makassar”.
Kurniah, K., & Awaluddin. 2022. Pengaruh Pengalaman dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening pada Pelanggan Scarleet Whitening di Kota Makassar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM).
Kotler, Philip, and G Armstrong. 1994. Marketing Management, Analysis, Planning, Implementation, and Control, Philip Kotler. London: Prentice-Hall International.
Kotler, Philip, and Kevin Lane Keller. 2016. “Marketing Management (15th Global Ed).” England: Pearson.
Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip and Gary Amstrong, 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Laksana, M. F. 2019. Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Sukabumi: CV Al Fath Zumar.
Luh, N., Yolandari, D., Made, N., & Kusumadewi, W. 2018. PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NIAT BELI ULANG SECARA ONLINE MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi Pada Situs Online Berrybenka.com). E-Jurnal Manajemen Undu, 7(10), 5343-5378.
Luluk Nur Azizah, 2020. Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Daerah Lamongan (BDL). Journal Media Mahardhika.
Maya Filiantri. 2019. PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN (CUSTOMER EXPERIENCE), KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (CUSTOMER SATISFACTION)PADA PT. DAHLIA DEWANTARA UNIT METRO LAMPUNG.
Mochammad Faisal Fadli, 2018. Pengaruh Orang, Proses, Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Prudential Life Assurance Pontianak.
Nadia Agustina dan Achmad Fauzi DH, 2018. “ Pengaruh kepuasan pelanggan, biaya beralih, dan kepercayaan merek terhadap loyalitas pelanggan”. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 64 No. 1.
Nurjannah, N., Erwina, E., Basalamah, J., & Syahnur, M. H. (2022). The impact of E-CRM and customer experience on E-commerce consumer loyalty through satisfaction in Indonesia. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 56-69.
Prasevie, Silviana Fadilla dan Razak Ismail, 2018. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana Vol 6 No 2.
Robby Dharma, 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, dan Kepuasan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Padang Tour Wisata Pulau Padang”. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi, Volume 6, No. 2 (hlm. 349-359).
Rusiadi,. N. subiantoro,. Dan R. hidayat. 2016. Metode Penelitian, Manajemen.
Schmitt, B. H. 2014. Customer Experience Management, A Revolutionary Approach to Connecting With Your Customer. New Jersey: John Wiley & Sons Inc.
Siti Munisih, 2015. “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Apotek Dela Semarang”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional & Call For Paper Universitas STIKU Bank Semarang.
Sugiyono. 2016 Metode Penelitian Bisnis, Alfabet, Bandung.
Sugiyono. 2017. Metide Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & B. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV. Alfabeta.
Syahnur, M. H., Basalamah, J., & Gani, A. A. (2020). Customer Experience Factor Analysis Towards Customer Satisfaction Online Shopping. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 18(2), 83-94.
Syahnur, M. H., Soeharijanto, M., & Tazlie, L. (2018). Analisis Customer Experience Dengan Importance Performance Analysis (IPA)–Suatu Studi Pada Pelanggan Telkom Indihome Regional III Bandung. Jurnal Manajemen Bisnis, 5(2), 1-12.
Widhia Andrian dan Adili Fadillah, 2021. Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia
Tajuddin, I., Mahmud, A., & Syahnur, M. H. (2023). Determinants of Strategic Factors for Digital Transformation in Micro and Small Enterprises in Makassar City. Signifikan: Jurnal Ilmu Ekonomi, 12(1), 131-144.
Tjiptono, Fandy. 2016. “Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa.” Bandung: Alfabeta.
Zaenal, 2016. Customer Experience terhadap Kepuasan Pelanggan. 9(1), 442700.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.