Dampak Gaya Hidup Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Menggunakan Paylater Pada Mahasiswi Di Kampus Swasta Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v8i2.1125Keywords:
Gaya Hidup, Pendapatan, Paylater, Produk FesyenAbstract
Dalam era globalisasi yang semakin maju, gaya hidup dan pendapatan menjadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian produk fesyen, terutama di kalangan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh gaya hidup dan pendapatan terhadap keputusan pembelian produk fesyen menggunakan paylater pada mahasiswi kampus swasta di Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan kuesioner yang dibagikan kepada 105 mahasiswi dari berbagai kampus swasta di Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup dan pendapatan secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian produk fesyen menggunakan paylater. Mahasiswi dengan gaya hidup konsumtif dan pendapatan yang lebih tinggi cenderung lebih sering menggunakan paylater untuk membeli produk fesyen. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi pelaku industri fesyen untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan tepat sasaran.
References
Dwiyanti, E. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pinjaman Online SPaylater (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus). 14(2016), 8–28.
Edy, I. T., Mauladi, K. F., & Efendi, Y. (2020). Analisis Faktor Pendapatan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Pada Ud. Dewi Sri Elektronik Lamongan. Media Mahardhika, 19(1), 124–129.
Fadli, S. A. R., Ibrahim, R., & Hatu, D. R. R. (2023). Gaya Hidup Mahasiswi Konsumtif Dalam Penggunaan Produk Kecantikan Pada Mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo. 1(November), 41–49.
Gesiradja, H. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Shopee Paylater, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online pada Mahasiswa. 6.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hartati, A. S., Hurriyati, R., & Widjajanta, B. (2017). Gaya Hidup Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Journal of Business Management Education (JBME), 2(1), 57–64.
Jamilah, N. K., Ekonomi, J., Fakultas, S., Dan, E., & Islam, B. (2023). Diajukan untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh Gelar Sarjana Program Strata Satu (S-1) pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo Oleh.
Kusumawati, D. (2023). Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonis, dan Motivasi Usaha terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Indonesia dan Dampaknya terhadap Penggunaan Paylater. Doctoral Dissertation, Universitas Islam Indonesia, 31–41.
Manalu, D., & Roshinta, J. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Starbucks Coffee Di Center Point Medan. Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 1(2), 173–189.
Norlia. (2022). Pengaruh Pendapatan, Gaya Hidup, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Shopee Paylater. Skripsi, 1–23.
Nuraini, I. B. H. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Online Customer Review, dan Gratis Ongkos Kirim Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fesyen Pada Mahasiswa Pengguna Shopee di Solo Raya.
Nuruddin, M. S. T. S., & Himmati, R. (2023). Minat Konsumen Dalam Berbelanja pada Aplikasi Shopee Ditinjau Berdasarkan Fitur Paylater, Spinjam, dan Affiliate. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(1), 693–711.
Pratama, G. (2020). Analisis Transaksi Jual Beli online Melalui Website Marketplace Shopee Menurut Konsep Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Ecopreneur: Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah, 1(2), 21.
Rahima, P., & Cahyadi, I. (2022). Pengaruh Fitur Shopee Paylater terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Universitas Mataram. Target: Jurnal Manajemen Bisnis, 4(1), 39–50.
Rossa, A., & Ashfath, F. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan, Risiko dan Keamanan terhadap Impulse Buying Pengguna SPaylater (Shopee Paylater) di Jadetabek. Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen, 1–15.
Sasnita, A., Musyahidah, S., & Nursyamsu, N. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslimah Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 70–88.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (Alfabeta). Scientific Research.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukirno, S. (2016). Makro Ekonomi (Teori Pengantar) (Edisi 3). (3rd ed.).
Tangka, G., Tawas, H. N., Dotulong, L. O., & Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen, F. (2022). Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap Minat Beli dan Keputusan Pembelian Sepatu Merek Ventela (Ventela Shoes) Studi Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNSRAT Angkatan 2018. Jurnal Emba, 10(1), 383–392.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Helana Sulaikah, Anhar Januar Malik & Fitriyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.