Pengaruh Motivasi, Komunikasi Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Indah Sakti Motorindo Medan

Authors

  • Ignasius Darman Jaya Ndruru Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1094

Keywords:

Motivasi, Kemampuan Komunikasi, Kepuasan, Minat Beli

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan kemampuan komunikasi terhadap minat beli di PT. Indah Sakti Motorindo Medan dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan sampel sebanyak 94 orang pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli dengan koefisien regresi 0,687 dan nilai thit 4,047, sedangkan kemampuan komunikasi juga berpengaruh signifikan dengan koefisien regresi 0,542 dan nilai thit 5,281. Kepuasan berperan sebagai variabel intervening dengan koefisien regresi 0,496 dan nilai thit 5,847. Secara simultan, hasil analisis menunjukkan nilai Fhitung = 9,619, lebih besar dari Ftabel 2,71, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dan kemampuan komunikasi terhadap minat beli melalui kepuasan. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan kemampuan komunikasi berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap minat beli melalui kepuasan konsumen.

References

A. Anwar Prabu Mangkunegara, 2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Adair, John. 2008. Kepemimpinan yang memotivasi. PT,Gramedia pustaka utama: Jakarta.

Agustiani, H. 2009. Psikologi Perkembangan Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Penerbit PT. Refika Aditama: Bandung.

Alwi, Syafarudin. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua. BPFE Yogyakarta: Yogyakarta.

B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara: Jakarta :

Blum and Nylon.2009. Sikap kerja dan faktor yang mempengaruhi : penerbit Alfabeta: Bandung.

Burns, R.B. 1993. Konsep diri, teori, pengukuran, perkembangan dan perilaku. Arcan : Jakarta.

Covey, Stephen R. 1997. Kepemimpinan yang berprinsip. Binarupa Aksara : Jakarta.

Dermantio, E. 2009. Hubungan Antara Motivasi Kerja dengan Prestasi Kerja Pegawai Bogor.

Dinna Riana, Valentyne Yunda Agatha 2016 Pengaruh Konflik Kerja, Stres Kerja, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Perusahaan Kantong Plastik Keris Surakarta Bhirawa. Vol.3. No.1.

Djumialdi, Fx. 1999. Perjanjian kerja. Bumi Aksara : Jakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Rivai, Veithzal. 2005. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Jakarta: Bumi Aksara. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keempat, Penerbit Alfabeta, Jakarta.

Andriyani, S., Darmawan, D., & Hidayati, N. O. (2018). Buku Ajar Komunikasi dalam Keperawatan. Bandung: PT Refika Aditama.

Asmuji. 2014. Manajemen Keperawatan: Konsep dan Aplikasi. AiRuzz Media

Duha, T. 2018. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Deepublish : Jogjakarta

Susanto, B. (2018). Pendekatan Komunikasi Organisasi Di Madrasah Ibtida’iyah Muhammadiyah Tangkit Batu Natar. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Tampubolon, P. L. (2019). Hubungan Komunikasi Organisasi dengan Kinerja dan Kepuasan Perawat Pelaksana di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Royal Prima Medan Tahun 2017. Universitas Sumatera Utara.

Togatorop, M. (2019). Hubungan Iklim Organisasi dengan Kinerja Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin Medan (Universitas Sumatra Utara). Retrieved from http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/16213

Wibowo, M. A., & Putra, Y. S. (2016). Pengaruh Motivasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Umum (RSU) Salatiga. 2016. Retrieved from http://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/124.

Downloads

Published

2025-04-11

How to Cite

Jaya Ndruru, I. D. (2025). Pengaruh Motivasi, Komunikasi Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Indah Sakti Motorindo Medan. Center of Economic Students Journal, 8(1), 437–456. https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1094

Issue

Section

Articles