Pengaruh Suasana Hati (Mood) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan di kantor BAPPELITBANGDA Provinsi Sulsel
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1081Keywords:
Suasana hati, Motivasi kerja, Kinerja pegawaiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana suasana hati (mood) dan motivasi kerja memengaruhi kinerja pegawai di Kantor Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Dalam penelitian ini, 50 pegawai yang bekerja di kantor tersebut menjadi responden. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang dirancang untuk menggali suasana hati, motivasi kerja, dan kinerja pegawai. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk melihat hubungan antar faktor-faktor tersebut. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara-cara untuk meningkatkan kinerja pegawai melalui pengelolaan suasana hati dan motivasi kerja yang lebih baik.
References
Bagaskara, B. I., & Rahardja, E. (2018). Analisis pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan (Studi pada PT. Cen Kurir Indonesia, Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 7, 1–11.
Edison, M., S. A., & Rahardjo, S. (2016). Indikator kinerja dalam organisasi: Teori dan praktik. PT. Rineka Cipta.
Fajar Nur’aini, D. F. (2017). Manajemen kinerja karyawan: Konsep dan aplikasi. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Frijda, N. H. (1994). Emotion and motivation. Cambridge University Press.
Halgin, R., & Whitbourn, S. (2011). Abnormal psychology: Clinical perspectives on psychological disorders (2nd ed.). McGraw-Hill Education.
Luthans, F. (2006). Organizational behavior (10th ed.). McGraw-Hill.
Malayu, S. P. (2015). Manajemen sumber daya manusia. PT. Rajagrafindo Persada.
Mangkunegara, A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia: Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.
Mayer, J. D., & Gaschke, Y. N. (2008). The experience and effects of mood. Journal of Personality and Social Psychology.
Robbins, S. P., & Stephen, P. (2006). Organizational behavior (10th ed.).
Rothbard, N. P., & Wilk, S. L. (2011). Waking up on the right or wrong side of the bed: Start-of-workday mood, work events, employee affect, and performance.
Sinambela. (2012). Kinerja pegawai: Teori, pengukuran, dan implikasi.
Sy, T., C. S., & Saavedra, R. (2005). The contagious leader: Impact of the leader’s mood on the mood of group members, group affective tone, and group processes.
Thayer, R. E. (1989). The biopsychology of mood and arousal. Oxford University Press.
Uno, H. B. (2012). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di lingkungan kerja. PT. Bumi Aksara.
Watson, D., C. L. A., Tellegen, A., & Khasanah. (2017). Development and validation of brief measures of positive and negative affect.
Winardi. (2016). Kepemimpinan dalam manajemen.
Wirawan, H., Snyderman, B. B., & Herzberg, F. M. B. (2013). Manajemen sumber daya manusia: Untuk perusahaan. Salemba Empat. The Motivation to Work. John Wiley & Sons.
Wursanto. (2014). Motivasi dalam organisasi: Teori dan penerapannya. Gadjah Mada University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESJ : Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.