Menelusuri Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Niat Wajib Pajak untuk Mengadopsi Fasilitas E-Filing
Studi Empiris di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v6i4.107Keywords:
Adopsi E-Filing, Niat Wajib Pajak, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, PengalamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang memengaruhi niat wajib pajak dalam mengadopsi fasilitas E-Filing, dengan fokus pada konteks Kantor Pelayanan Pajak Pratama Makassar Utara. Melalui pendekatan studi empiris, penelitian ini mengeksplorasi aspek-aspek baru yang menjadi faktor penentu dalam adopsi teknologi ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan model pengukuran. Data primer dikumpulkan melalui penelitian lapangan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden di KPP Makassar Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, keamanan dan kerahasiaan, serta pengalaman secara positif dan signifikan memengaruhi niat wajib pajak orang pribadi dalam mengadopsi E-Filing. Kontribusi penelitian ini terletak pada penjelasan mendalam mengenai bagaimana faktor-faktor ini berperan dalam konteks spesifik kantor pajak dan mendorong inovasi dalam penggunaan teknologi untuk kepentingan pajak.References
Ajzen, I. (2012). A The Theory of Planned Behavior. Handbook of Theories of Social Psychology.
Devina, S., & Waluyo, W. (2016). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kecepatan, Keamanan 75 dan Kerahasiaan Serta Kesiapan Teknologi Informasi Wajib Pajak terhadap Penggunaan E-filingbagi Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Tangerang, Kecamatan Karawaci. Jurnal ULTIMA Accounting, 8(1), 75–91.
Ermawati, N., & Delima, Z. M. (2016). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan, dan Pengalaman terhadap Minat Wajib Pajak Menggunakan Sistem E-filing(Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi di Kabupaten Pati). Jurnal Akuntansi Indonesia, 5(2), 163.
Fishbein, & Ajzen. (1975). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory and Research.
Kimea, Chimilila, & Sichone. (2019). Analysis o f Taxpayers’ Intention to Use Tax E-filingSystem in Tanzania: Controlling for Self-Selection Based Endogeneity. Journal, African Review, Economic VII, 7(2), 193–212.
Machrus, H., & Purwono, U. (2016). Pengukuran Perilaku Berdasarkan. Theory of Planned Behavior. INSAN Media Psikologi. INSAN Media Psikologi, 12(1), 64–72.
Rahayu, A. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Wajib Pajak dalam Menggunakan E-filingSebagai Sarana Pelaporan Pajak. Jurnal Akutansi dan Ekonomi Bisnis, 5(1), 20.
Syahnur, K. N. F. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak dalam Menggunakan Fasilitas E-filing(Studi Kasus pada Kantor Pelayanan Pajak Makassar Utara). Makassar: Universitas Hasanuddin.
Syaninditha, Putu, S. A., & Setiawan, P. E. (2017). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Faktor Sosial, dan Kondisi yang Memfasilitasi Terhadap Minat Penggunaan E-filling. 21(1).
Tania, I. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak dalam Menggunakan Fasilitas E-filing(Studi Empiris pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kepanjen). E-Jurnal Universitas Brawijaya.
Widiastutik, A., & Oktaviani, R. M. (2020). Pengaruh Pengalaman dalam Memoderasi Persepsi Kemudahan Terhadap Identitas Penguuna E-Filling. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(1), 40–47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CESJ UMI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.