Pengaruh Media Sosial dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Studi Kasus Mahasiswa FEB UMI
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1051Keywords:
Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Media Sosial, Produk SkincareAbstract
Seiring dengan perkembangan pesat teknologi dan media sosial, penelitian ini menjadi sangat penting untuk menguji pengaruh media sosial dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk skincare, khususnya di kalangan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muslim Indonesia yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo Km. 5, Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, dan berlangsung selama dua bulan, dari November hingga Desember 2024. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa aktif Angkatan 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muslim Indonesia, yang berjumlah 496 mahasiswa. Untuk menentukan sampel, kami menggunakan rumus Slovin, sehingga jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 84 responden. Data primer diperoleh dengan cara memberikan kuesioner atau lembar pernyataan langsung kepada 84 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel media sosial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara gaya hidup juga memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Afiqah, L., & Afandi, A. (2023). Pengaruh kualitas produk dan penggunaan label halal serta BPOM terhadap minat beli skincare Wardah (studi kasus pada mahasiswa di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 6(2), 336–347.
Anggraini, T. R. (2022). Pengaruh gaya hidup dan brand awareness terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian produk Emina. CAPITAL: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 5(2), 143–161. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/capital/index
Ardiana, I. N., & Rafida, V. (2023). Pengaruh green marketing dan brand image terhadap minat beli skincare Avoskin (studi pada mahasiswa di Kota Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 253–261. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/55344
Barus, N., Pangaribuan, M., & Purnama, S. (2021). Pengaruh promosi menggunakan media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Ms. Glow pada mahasiswa di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 2, 616–626.
Bs, S., Arizal, N., & Handayani, R. (2023). Analisis pengaruh content marketing, influencer, dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen. Jurnal Manajemen dan Bisnis Terapan, 5(2), 78–83.
Chelintia, M. S., Purbowati, D., & Fadlillah, F. F. (2022). Literature review keputusan pembelian melalui minat beli: Promosi iklan TV dan media sosial. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 175–190.
Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh cita rasa dan promosi melalui media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25–42.
Elwani, R. S., & Kurniawan, F. (2020). Pemanfaatan media sosial dalam pemasaran sosial bagi remaja. Jurnal Komunikasi, 12(1), 64.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen pada produk fast fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34.
Kiesah, R. (2023). Pengaruh konten pemasaran influencer di media sosial terhadap minat beli produk skincare pada mahasiswa. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(1), 70–77.
Nasution, H. H., & Nobelson, N. (2022). Pengaruh strategi promosi media sosial Instagram, citra merek, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian produk Hito Coffee Bekasi. Veteran Economics, Management & Accounting Review, 1(1), 19–30.
Norhidayati, R., & Amrulloh, R. (2022). Revised: Aug 22. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 1–11.
Muliyah, P., Aminatun, D., Nasution, S. S., Hastomo, T., Sitepu, S. S. W., & Tryana. (2020). No title. Journal GEEJ, 7(2), 26–43.
Purba, D. G., & Nurbasari, A. (2024). The influence of social media marketing and influencer marketing on consumer purchasing decisions for Azarine skincare products at Maranatha Christian University. VIII(2), 146–163.
Rachmad, S., et al. (2023). Manajemen pemasaran (Teori dan studi kasus).
Rina, M. H., Maryudi, & Subhan, M. (2023). Pengaruh citra merek, kualitas produk, kualitas pelayanan, dan gaya hidup mahasiswa terhadap minat beli produk skincare pada e-commerce. Jurnal Visioner & Strategis. Retrieved from http://jmas.unbari.ac.id/index.php/jmas/article/view/1772
Rossi, F., et al. (2024). Analisis pengaruh penetapan harga, kualitas, dan brand image Skintific terhadap minat beli mahasiswa. Community Development Journal, 5(3), 4516–4521.
Safitri, A. N., & Basiya, R. (2022). Pengaruh brand image, lifestyle, dan promosi media sosial terhadap keputusan pembelian di Toko 3Second. YUME: Journal of Management, 5(2), 450–458.
Santoso, H. D., et al. (2022). Asistensi mengajar, adaptasi teknologi, dan administrasi dalam program kampus mengajar. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 4(2), 100.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 CESJ: Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.