Pengaruh Live Streaming Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Aplikasi TikTok Shop di Kota Makassar

Authors

  • Viviet Marjiana Fadla Institut Teknologi dan Bisnis Kalla, Makassar
  • Anhar Januar Malik Institut Teknologi dan Bisnis Kalla, Makassar
  • Khaerunnisa Nur Fatimah Syahnur Institut Teknologi dan Bisnis Kalla, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1028

Keywords:

Interaktivitas, Hiburan, Diskon, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya jumlah pengguna internet di Indonesia, khususnya dalam penggunaan aplikasi TikTok sebagai platform pemasaran digital yang semakin populer. TikTok menyediakan berbagai fitur, salah satunya adalah live streaming, yang sering dimanfaatkan oleh pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka. Salah satu produk yang dipasarkan melalui TikTok live streaming adalah Skintific, yang menarik perhatian konsumen dengan interaktivitas, hiburan, serta penawaran diskon yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana faktor interaktivitas, hiburan, dan diskon memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan metode purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS melalui uji regresi berganda, uji parsial, dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran berbasis media sosial dalam memengaruhi perilaku konsumen secara efektif.

References

Anindasari, A. P., & Tranggono, D. (2023). Pengaruh Live Streaming TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Generasi Z Pengikut Akun @skintific_id. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 13–26. https://doi.org/10.5281/zenodo.10077520.

Britannica. (2023). stimulus - response theory.

Chen, C. C., & Lin, Y. C. (2018). What drives live-stream usage intention? The perspectives of flow, entertainment, social interaction, and endorsement. Telematics and Informatics, 35(1), 293–303. https://doi.org/10.1016/j.tele.2017.12.003

Chen, C., Hu, Y., Lu, Y., & Hong, Y. (2019). Everyone can be a star: Quantifying grassroots online sellers’ live streaming effects on product sales. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2019- Janua, 4493–4498. https://doi.org/10.24251/hicss.2019.544

Chen, H. A., Marmorstein, H., Tsiros, M., & Rao, A. R. (2012). When more is less: The impact of base value neglect on consumer preferences for bonus packs over price discounts. Journal of Marketing, 76(4), 64–77. https://doi.org/10.1509/jm.10.0443

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Strategi Komunikasi Stimulus Respon. Ilmu Komunikasi, 26–51.

Dai, Q., & Cui, X. (2022). The influence and moderating effect of trust in streamers in a live streaming shopping environment. Journal of University of Science and Technology of China, 52(2). https://doi.org/10.52396/JUSTC- 2021-0219

Databoks. (2023). Indonesia Punya Pengguna TikTok Terbanyak ke-2 di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/22/indonesia- punya-pengguna-tiktok-terbanyak-ke-2-

Dwi Arrohma, R., Istiyanto, B., Tinggi, S., & Surakarta, I. E. (2023). Pengaruh Live Streaming Video Promotion, Diskon Harga, Online Costumer Review Saat Live Streaming Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Bisnis, 1(3), 22–35. https://doi.org/10.59061/dinamikapublik.v1i3.266

Fiedler, M., & Sarstedt, M. (2014). Influence of community design on user behaviors in online communities. Journal of Business Research, 67(11), 2258–2268. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2014.06.014

Fitryani, Nanda, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Pandemi Covid- 19 (Studi Kasus E-Commerce Shopee). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index

Hair J, R, A., Babin B, & Black W. (2010). Multivariate Data Analysis.pdf. In Australia : Cengage: Vol. 7 edition (p. 758).

Hilvert-Bruce, Z., Neill, J. T., Sjöblom, M., & Hamari, J. (2018). Social motivations of live-streaming viewer engagement on Twitch. Computers in Human Behavior, 84, 58–67. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.02.013

Jennifer Elfreda. (2020). How COVID-19 Boosted the Skincare Industry in Indonesia. https://brightindonesia.net/2020/10/28/how-covid-19-boosted-the-skincare-industry-in-indonesia/

Kotler and Keller. (2009). Keputusan Pembelian. http://repo.darmajaya.ac.id/451/3/BAB II.pdf

Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Sains Manajemen, 5(2), 137–160. https://doi.org/10.30656/sm.v5i2.1861

Lee, C. H., & Chen, C. W. (2021). Impulse buying behaviors in live streaming commerce based on the stimulus- organism-response framework. Information (Switzerland), 12(6), 1–17. https://doi.org/10.3390/info12060241

Li, M., Wang, Q., & Cao, Y. (2022). Understanding Consumer Online Impulse Buying in Live Streaming E-Commerce: A Stimulus-Organism-Response Framework. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(7). https://doi.org/10.3390/ijerph19074378

Lislindawati, Wahyuningsih, Y., & Saputra, M. (2023). Keputusan Pembelian Konsumen Dipengaruhi Online Live Streaming, Free Gift dan Diskon Pada Media Social Tiktok. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1–10.

Luthfiannur, D. F., & Listiani, E. (2020). Prosiding Manajemen Komunikasi Hubungan Product Placement dengan Keputusan Pembelian Produk. Jurnal Prosiding Manajemen Komunikasi, Vol. 6(No. 1), 87–91.

Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial (Vol.33).

Sonata, I. (2019). Pengaruh Price Discount Dan in-Store Display TerhadapKeputusan Impulse Buying Pada Produk Miniso. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis, 4(1), 46–53.

Song, C., & Liu, Y.-L. (2021). The effect of live-streaming shopping on the consumer’s perceived risk and purchase intention in China. 23rd Biennial Conference of the International Telecommunications Society (ITS): “Digital Societies and Industrial Transformations: Policies, Markets, and Technologies in a Post-Covid World,” 1–18. http://hdl.handle.net/10419/238054

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ( 2nd ed). In Data Kualitatif.

Sun, Y., Shao, X., Li, X., Guo, Y., & Nie, K. (2019). How live streaming influences purchase intentions in social commerce: An IT affordance perspective. Electronic Commerce Research and Applications, 37(August), 100886. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2019.100886

We Are Social. (2023). Digital 2023.

Xu, X., Wu, J. H., & Li, Q. (2020). What drives consumer shopping behavior in live streaming commerce? Journal of Electronic Commerce Research, 21(3), 144–167.

Zhang, M., Qin, F., Wang, G. A., & Luo, C. (2020). The impact of live video streaming on online purchase intention. Service Industries Journal, 40(9–10), 656–681. https://doi.org/10.1080/02642069.2019.1576642.

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Fadla, V. M., Malik, A. J., & Syahnur, K. N. F. (2025). Pengaruh Live Streaming Shopping Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific Pada Aplikasi TikTok Shop di Kota Makassar. Center of Economic Students Journal, 8(1), 113–124. https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1028