Analisis Pengaruh Kualitas Destinasi, Persepsi Harga, Citra Destinasi, dan E-Wom Terhadap Niat Mengunjungi Kembali Obyek Wisata Umbul Ponggok
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1021Keywords:
Citra destinasi, E-wom, Kualitas destinasi, Niat mengunjungi kembali, Persepsi hargaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas destinasi, persepsi harga, citra destinasi, dan E-wom terhadap niat berkunjung kembali ke objek wisata Umbul Ponggok. Metode penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer sebagai sumber informasi utama. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pengunjung tempat wisata di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jumlah populasi yang ada di wilayah tersebut sebanyak 1.284 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan kriteria responden yang pernah mengunjungi tempat wisata di Umbul Ponggok, Klaten dan responden dengan rentang usia 15-40 tahun. Sampel untuk penelitian ini terdiri dari 143 orang, yang dihitung dengan menggunakan rumus Isak dan Michael. Metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Kuesioner disusun dengan menggunakan format skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 29.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Kualitas Destinasi, Persepsi Harga, Citra Destinasi, dan e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Mengujungi Kembali.References
Abror, A., Patrisia, D., Engriani, Y., Evanita, S., Yasri, Y., & Dastgir, S. (2020). Service quality, religiosity, customer satisfaction, customer engagement and Islamic bank’s customer loyalty. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1691–1705. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2019-0044
Albari & Kartikasari. (2019). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price on Customer Satisfaction and Loyalty. AJEFB - Asian Journal of Entrepreneurship and Family Business, 3(1), 49–64. https://www.researchgate.net/publication/339796640
Anggara, A. D. (2022). Pengaruh Citra Destinasi, Motivasi, Fasilitas, dan E-Wom Terhadap Niat Berkunjung Kembali di Telaga Wahyu Magetan. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 4, 1(1), 172–180.
Anggraeni, P. W. P., Antara, M., & Ratna Sari, N. P. (2022). Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali yang Dimediasi oleh Memorable Tourism Experience. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 9, 179. https://doi.org/10.24843/jumpa.2022.v09.i01.p08
Arief, A. F., Wiyadi, W., Muzakar, I., & Zulfa, I. (2024). The Influence of Brand Image and Price Perceptions on Purchasing Decisions Mediated by Consumer Buying Interest in Levi Strauss & Co. Brilliant International Journal Of Management And Tourism, 4(1), 117–136. https://doi.org/10.55606/bijmt.v4i1.2672
Armianti, C., Palinggi, Y., & Ningsih, K. E. (2024). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Destinasi Dan Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Terhadap Minat Kunjungan Ulang (Studi Pada Museum Mulawarman). Jurnal Ekonomi & Manajemen Indonesia, 24(1), 54–68. https://doi.org/10.53640/jemi.v24i1.1533
Edriani, D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobistek, 10(4), 213–220. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i21.114
Fadilah, N. L., & Huda, M. (2024). Pengaruh Storytelling Marketing dan Citra Destinasi terhadap Minat Berkunjung Kembali dengan Tourist Satisfaction sebagai Variabel Intervening pada Pengunjung Tanaria Park. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1136–1147. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i3.1053
Fadoli, M. A. (2024). Pengaruh Citra Destinasi, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Wisatawan (Studi Kasus Pada Wisatawan D’las Serang Purbalingga). Αγαη, 15(1), 37–48.
Fatimah, S. (2019). Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, 17(2), 28–41. https://doi.org/10.33489/mibj.v17i2.207
Fauziah, E. (2024). Pengaruh Citra Destinasi, Daya Tarik Wisata, Kualitas Pelayanan, dan Pengalaman Berkunjung terhadap Minat Berkunjung Kembali pada Pantai Menganti Kebumen. 3(5), 2499–2513. http://eprints.universitasputrabangsa.ac.id/id/eprint/1582/
Hidayat, T. T. N., Chalil, C., & Sutomo, M. (2017). Pengaruh Aksesibilitas Dan Citra Destinasi Terhadap Niat Berkunjung Kembali Ke Telaga Tambing. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 3(2), 201–212. https://doi.org/10.22487/jimut.v3i2.87
Hikmah, Y. N., & Purwanto, H. (2023). Pengaruh E-Wom, Daya Tarik, Destination Image, Dan Fasilitas Terhadap Minat Berkunjung Di Objek Wisata Bukit Soeharto Ponorogo. SIMBA: Seminar Inovasi …, September. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SIMBA/article/view/4967
Iyan Nurdiyan Haris, 2018. (2018). Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering (Vol. 15, Issue 1).
Kamajaya, V., & Wiyadi. (2024). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Merek Ortuseight Di Surakarta. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4737–4749. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Khoirrani, N., & Silitonga, P. (2023). E-Wom, Persepsi Harga Meningkatkan Kepuasan Wisatawan Melalui Keputusan Berkunjung Di Museum Macan. Human Capital Development, 10(2), 1–17.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education,Inc.
Leong, C. M., Loi, A. M. W., & Woon, S. (2022). The influence of social media eWOM information on purchase intention. Journal of Marketing Analytics, 10(2), 145–157. https://doi.org/10.1057/s41270-021-00132-9
Mangifera, L., Pramesti, A. N., & Dewi, S. N. (2016). Efektifitas Katalog Sebagai Media Promosi Bagi Pengembangan Umkm Di Kabupaten Sragen. In Benefit: Jurnal Manajemen dan Bisnis (Vol. 1, Issue 1, p. 43). https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2364
Novitasari, S. W., & Nasir, M. (2023). Analisis Pengaruh Social Media Marketing, Inovasi Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Wisatawan Berwisata Di Solo. Jurnal Manajemen Dirgantara, 16(2), 396–410. https://doi.org/10.56521/manajemen-dirgantara.v16i02.1012
Prasetio, R., & Laturette, K. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Chepito Tour & Travel. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(3), 335–341.
Pratama, A. Y., & Wiyadi, W. (2024). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bittersweet By Najla Dengan Kepuasan Kosumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Lentera Bisnis, 13(2), 915. https://doi.org/10.34127/jrlab.v13i2.1097
Pratiwi, D. A., Suzana, A. J., & Uripi, C. R. (2023). Majalah Ilmiah Manajemen & Bisnis (MIMB) Pengaruh Promosi Media Sosial, Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Air Bojongsari. Majalah Ilmiah Manajemen & Bisnis (MIMB), 20, 55–66.
Prihadi, D., & Susilawati, A. D. (2018). Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 15. https://doi.org/10.23917/benefit.v3i1.5647
Purnama, N., & Marlena, N. (2022). Pengaruh E-Wom Dan Harga Terhadap Niat Berkunjung Kembali Pada Gunung Semeru. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 1626–1634. https://doi.org/10.26740/jptn.v10n1.p1626-1634
Rahmayanti, P. L. D., Suartina, I. W., Wijaya, N. S., Wardana, M. A., Sumerta, K., & Yasa, N. N. K. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Niat Berkunjung Kembali Pada The Sila’s Agrotourism. Journal of Innovation in Management, Accounting and Business, 1(2), 48–56. https://doi.org/10.56916/jimab.v1i2.169
Rifki, M., Wicaksana, A., & Santosa, S. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Jne Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–12.
Rokhim, M. A., Irdiana, S., & ... (2019). Peranan Word Of Mouth dan Iklan Media Electronic terhadap Keputusan Berkunjung (Studi Kasus Pada Tempat Wisata B29 Argosari Kecamatan Senduro Lumajang). Jobman: Journal of …, 52–56. https://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/view/232%0Ahttps://jkm.itbwigalumajang.ac.id/index.php/jrm/article/download/232/184
Rosi, F., Rosi, F., & AS, F. (2024). Peran Citra Destinasi dan E-WOM Terhadap Minat Berkunjung Kembali Melalui Keputusan Berkunjung Pada Wisata Kabupaten Sampang. Jurnal Bina Manajemen, 12(2), 64–82. https://doi.org/10.52859/jbm.v12i2.569
Sanyal, S., Hisam, M. W., & Baawain, A. M. S. (2021). The Impact of Individual And Technological Factors On Online Customer Satisfaction And Repurchase Intention: The Moderating Role of Ewom And Personality. International Journal of Economics, 29(1), 23–44.
Setijadi, & Ainiyah, G. Z. (2020). Pengaruh E-Wom, Kualitas Layanan Terhadap Citra Destinasi Berdampak Pada Minat Kunjung Wisatawan Ke The Picas Adventure Banjarnegara. Jurnal Ilmiah Ekonomi, 4, 292–312. https://www.ejournal.stiepena.ac.id/index.php/fe/article/viewFile/569/369
Setya Budi, A. D. A., Septiana, L., & Panji Mahendra, B. E. (2024). Memahami Asumsi Klasik dalam Analisis Statistik: Sebuah Kajian Mendalam tentang Multikolinearitas, Heterokedastisitas, dan Autokorelasi dalam Penelitian. Jurnal Multidisiplin West Science, 3(01), 01–11. https://doi.org/10.58812/jmws.v3i01.878
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Utama, I. P. H. B., & Giantari, I. G. A. K. (2020). PERAN CITRA DESTINASI MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT BERKUNJUNG KEMBALI WISATAWAN (Studi Pada Obyek Wisata Taman Edelweis Bali). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(4), 1230. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i04.p01
widjianto, trisna. (2019). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Citra Wisata, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Di Objek Wisata Ketep Pass.
Wulandari, R. W., Sidanti, H., & Kadi, D. C. A. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata, Persepsi Harga dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Lawu Park Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 4(3), 1–20.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hafiz Raihan Firdaus & Wiyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.