Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Gear 125 di Kota Surakarta

Authors

  • Muhammad Govinda Ramdhani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Edy Purwo Saputro Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1020

Keywords:

Harga, Keputusan pembelian, Kualitas produk, Promosi

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan promosi produk terhadap keputusan pembelian Yamaha Gear 125 di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data penelitian ini menggunakan data primer.  Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga masyarakat Surakarta yang pernah melakukan pembelian kendaraan Yamaha gear 125. Sampel dalam penelitian ini diambil sesuai dengan teori Malhotra. Jumlah sampel penelitian ini ialah 100 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Uji Koefisien Determinasi, Uji F, Uji t, dan Uji regresi linier. Hasil penelitian ini ialah bahwa Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Harga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Promosi berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian.

References

Abdurrahman, A., & Andriani, W. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Merek Dharma (Studi Kasus pada Konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kabupaten Sumbawa Besar). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 1(2), 15–26. https://doi.org/10.30812/target.v1i1.587

Abshor, M. U., Hasiolan, L. B., & Malik, D. (2018). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk torabika duo (Studi kasus di area kabupaten Demak). Journal Ekonomi Dan Bisnis, 1–15.

Amron, A. (2018). The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars. European Scientific Journal, 14(13). https://doi.org/10.19044/esj.2018.v14n13p228

Andriani, W., Abdurrahman, & Sari, P. R. K. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian air mineral dalam kemasan merek dharma (Studi kasus pada konsumen CV. Bahana Tirta Alam Maritim di Kabupaten Sumbawa Besar). Target : Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1). https://doi.org/10.30812/target.v1i1.587

Anggita, R., & Ali, H. (2017). The influence of product quality, service quality dan price to purchase decision of SGM bunda milk (Study on PT. Sarihusada generasi mahardika region Jakarta, South Tangerang District. A Multidisciplinary Journal, 3(6), 261–272. https://doi.org/10.21276/sb

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4), 433–445. https://doi.org/10.21276/sjbms

Budiyanto, E. P., Sholahuddin, M., & Saputro, E. P. (2019). Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Di Nava Hotel Tawangmangu. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 10(2), 1–6.

Farahan, O. F., & Lestari, D. W. (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Mie Gacoan Di Kota Surakarta). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 263–275.

Hasanah, N., & Usman, O. (2021). Influence of Brand Image, Price, and Product Quality on Purchase Decision on Lazada E-Commerce. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3768312

Hidayah, S. A., & Apriliani. (2019). Analisis Pegaruh Brand Image, Harga, Kualitas Produk, Dan Daya Tarik Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Batik Pekalongan (Studi Pada Pasar Grosir Setono Batik Pekalongan). Journal of Economic, Business and Engineering, 1(1), 24–31.

Irmawati, & Sandy. (2022). Peran Kepuasan Konsumen Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Dan Corporate Social Responsibility. URECOL, 32–44. http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/2193%0Ahttp://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/2193/2155

Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shopee Online Purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(2), 100–110. https://doi.org/10.32493/informatika.v5i2.4946

Nababan, B. O., & Jubaedi. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Club Di Kota Bogor. Economicus, 13(2), 101–112. https://doi.org/10.47860/economicus.v13i2.169

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.56

Downloads

Published

2025-01-29

How to Cite

Muhammad Govinda Ramdhani, & Edy Purwo Saputro. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Gear 125 di Kota Surakarta. Center of Economic Students Journal, 8(1), 44–58. https://doi.org/10.56750/csej.v8i1.1020