Self Control atas Pengelolaan Keuangan Remaja Penggemar Kpop
DOI:
https://doi.org/10.56750/csej.v6i4.1012Keywords:
Kpop, Self-control, fandom, Pengelolaan KeuanganAbstract
Globalisasi telah mendorong interaksi antar bangsa di seluruh dunia menjadi semakin terbuka dan seolah tanpa batas. Istilah "Korean wave" mengacu pada penyebaran budaya populer Korea secara luas, yang sering dimanifestasikan dalam berbagai bentuk seperti musik, drama, makanan, mode, dan lainnya. Fenomena ini terlihat dari meningkatnya permintaan terhadap produk-produk asal Korea. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji self control atas pengelolaan keuangan penggemar kpop terkhusus kepada remaja-remaja di Indonesia. Pengumpulan dan pemilihan data dilakukan dengan menggunakan explanatory sequential design. Sebanyak 100 responden yang memenuhi kriteria berpartisipasi dalam penelitian ini, dimana 10 diantaranya di wawancara secara mendalam untuk memahami bagaimana pengelolaan keuangan mereka sebagai penggemar kpop. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kontrol diri (self-control) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan remaja dalam mengelola keuangan mereka. Pengaruh ini terlihat berkaitan erat dengan cara remaja menunjukkan kecintaan mereka serta bagaimana mereka mengidentifikasi diri dalam sebuah area komunitas atau fandom. Dengan kata lain, semakin baik kontrol diri yang dimiliki oleh seorang remaja, semakin efektif pula mereka dalam mengelola pengeluaran, meskipun mereka terlibat dalam aktivitas konsumtif yang terkait dengan kecintaan mereka sebagai bagian dari penggemar kpop.
References
Averill, J. R. (1973). Personal control over aversive stimuli and its relationship to stress. Psychological Bulletin, 80(4), 286.
Cesara, C. M., & Putri, Y. R. (2020). Analisis Gaya Hidup Penggemar Pada Fandom Kpop (Studi Pada Penggemar Wanna One Dalam Fandom Wannable Indonesia). E-Proceeding of Management, 7(2), 6984–6992.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Mixed methods procedures. Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M Ethods Approaches.
Etikasari, Y. (2018). KONTROL DIRI REMAJA PENGGEMAR K-POP (K-POPERS) (Studi pada Penggemar K-pop di Yogyakarta) THE SELF-CONTROL AMONG TEENAGER OF K-POP LOVERS (K-POPERS) (Study on K-pop Lovers in Yogyakarta). 190.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2010). Teori-teori psikologi. Ar-ruzz media.
Hartono, J. (2011). Konsep dan aplikasi structural equation modeling berbasis varian dalam penelitian bisnis. Yogyakarta: Upp Stim Ykpn, 55.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Marsinondang, M., & Dewi, F. I. R. (2022). Self-Control and Aggressive Behavior in Adolescent Fans of Korean Pop (K-pop). Proceedings of the 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021), 655(Ticash 2021), 1403–1407. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220404.224
Meidita, A. (2013). Dampak negatif industri hallyu ke Indonesia. EJournal Ilmu Hubungan Internasional, 1(4), 979–992.
Novitasari, D., Juliana, J., Asbari, M., & Purwanto, A. (2021). The effect of financial literacy, parents’ social economic and student lifestyle on students personal financial management. Economic Education Analysis Journal, 10(3), 522–531.
Papalia, D. E., Feldman, R. D., & Martorell, G. (2014). Experience Human Development. McGraw-Hill Education. https://books.google.co.id/books?id=QAQgngEACAAJ
Sugiyono, S. (2021). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D (Catatan Ke). Yogyakarta.
Zaid, H., Sudiana, Y., & Wibawa, R. S. (2021). Teori Komunikasi dalam Praktik (Vol. 1). Zahira Media Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CESJ: Center of Economic Students Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.