Faktor Produk, Harga, dan Promosi dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian SLO

di PT. Jasa Inspeksi Kelistrikan Indonesia

Authors

  • Bakhtiar Tijjang Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada, Pare-Pare, Indonesia
  • Nurfadhilah Institut Agama Islam Negeri Parepare, Pare-Pare, Indonesia
  • Pandi Putra Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada, Pare-Pare, Indonesia
  • Rezky Nurbhakti Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada, Pare-Pare, Indonesia
  • Tzaza Aulia Syafira Institut Ilmu Sosial dan Bisnis Andi Sapada, Pare-Pare, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56750/csej.v7i1.1008

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah produk, harga dan promosi berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian Sertifikasi  Laik  Operasi  (SLO) pada PT. Jasa Inspeksi Kelistrikan Indonesia (PT. JIKI). Metode Analisis yang diambil dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Roscoe dan akan melakukan metode multivariate (korelasi atau regresi ganda) maka cara menghitungnya menggunakan aplikasi SPSS. Dan dapat disimpulkan bahwa pada variabel produk tidak berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, variabel harga berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan pada variabel promosi berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil uji simultan dapat disimpulkan bahwa, variabel produk (X1), harga (X2), dan promosi (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y).

References

Alimuddin, F., & Muslimin, U. (2022). Pengaruh Harga, Periklanan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Sedaap Di Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 1(1), 38–49.

Putra, P. (2021). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Produk Mie Sedaap. Jurnal Ilmiah Manajemen & Kewirausahaan, 8(1), 70–76.

Putra, P., Alimuddin, F., Tijjang, B., & Hasan, H. (2024). Dinamika Pemasaran PT. TASTI ANUGRAH MANDIRI: Bagaimana Citra Merek, Distribusi, Dan Harga Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. MANOR: JURNAL MANAJEMEN DAN ORGANISASI REVIEW, 6(1), 84–92.

Sugiono, D. (2020). Metode penelitian administrasi.

Tamunu, M., & Tumewu, F. (2014). Analyzing The Influence Of Price And Product Quality On Buying Decision Honda Matic Motorcyles In Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Tijjang, B. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Suku Cadang Pada Pt. Tasti Anugerah Mandiri Cabang Parepare. PROSIDING SINERGITEK UNIVERSITAS LABUHANBATU, 1(1).

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Faktor Produk, Harga, dan Promosi dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian SLO : di PT. Jasa Inspeksi Kelistrikan Indonesia. (2024). Center of Economic Students Journal, 7(1), 14-23. https://doi.org/10.56750/csej.v7i1.1008