Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memiliki Kartu Kredit

  • Muh. G Try Heady Magister Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Jeni Kamase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Ilham Labbase Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Bauran Pemasaran, Keputusan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) Untuk mengetahui signifikansi dan derajat pengaruh variabel-variabel yang ada dalam bauran pemasaran (produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan layanan pelanggan) terhadap keputusan konsumen memiliki kartu kredit BRI di BRI Kantor Cabang Pinrang. (2) Untuk mengidentifikasi diantara variabel-variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan layanan pelanggan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen dalam memiliki kartu kredit BRI di BRI Kantor Cabang Pinrang. (3) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh variabel-variabel bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen memiliki kartu kredit BRI di BRI Kantor Cabang Pinrang berdasarkan tingkat penghasilan konsumen. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen

References

Bahari, A. F., Basalamah, J., Ashoer, M., & Syahnur, M. H. (2021). Internet Business: How Perception of Benefits, Risks, and Ease in Decision Making. Jurnal Manajemen Bisnis, 12(2), 176-186.
Kotler, P dan Amstrong, G. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Penerjemah Imam Nurmawan. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran Indonesia. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta. PT. Gelora Aksara Pratama.
Payne, A. (2000). The Essence Of Service Marketing: Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.
Rangkuti, Freddy. 2002. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Sumarni, M & Supriyanto, J. (1993). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan), Edisi Ketiga. Yugyakarta
Published
2021-07-31
How to Cite
Heady, M. G. T., Kamase, J., & Labbase, I. (2021). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Konsumen Memiliki Kartu Kredit. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3), 668 - 677. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/957
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)