Analisis Penentuan Sektor Basis dan Pergeseran Struktur Ekonomi di Kabupaten Soppeng

  • Akbar Fatur Rahman Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Syamsu Nujum Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Aryati Arfah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Struktur Ekonomi, Sektor Basis, Location Quotient, Shift Share

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan untuk menentukan sektor unggulan dan perubahan struktur perekonomian daerah Kabupaten Soppeng sebagai bahan informasi dan pertimbangan dalam perencanaan pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui Badan Pusat Statistik (BPS), data yang digunakan dari tahun 2010-2019. Data dianalisis menggunakan Analisis Location Quotient (LQ) dan Shift Share. Hasil analisis Location Quotient menunjukkan sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan; pengadaan listrik dan gas; konstruksi; penyediaan akomodasi dan makan minum; real estat; administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib; dan jasa pendidikan merupakan sektor basis di Kabupaten Soppeng. Hasil analisis Shift Share menunjukkan bahwa sektor yang merupakan sektor kompetitif, yaitu sektor sektor pertambangan dan penggalian; industry pengolahan; pengadaan air, pengelolaan sampah, limbah dan daur ulang; transportasi dan pergudangan; penyediaan akomodasi dan makan minum; real estate; dan jasa perusahaan. Perekonomian Kabupaten Soppeng selama tahun 2010-2019 tidak mengalami transformasi struktural. Hasil analisis per sektor berdasarkan kedua alat analisis menunjukkan bahwa sektor yang merupakan sektor unggulan di Kabupaten Soppeng dengan kriteria tergolong ke dalam sektor basis, maju dan tumbuh dengan pesat, serta kompetitif, yaitu sektor pertanian dan sektor listrik.

References

Pahlevi, N. (2011). Pengembangan Potensi Ekonomi Kabupaten Lebak: Studi Kasus Kawasan Agropolitan Kecamatan Wanasalam (Doctoral dissertation, Tesis Program Magister Perencanaandan Kebijaka Publik, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, Jakarta).
Siagian, S. P. (1984). Proses Pengelolaan Pembangunan Nasional. Jakarta: Gunung Agung.
Arsyad, Lincolin. 2005. Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah Yogyakarta: BPFE.
Fachrurrazy. 2009. Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian Wilayah Kabupaten Aceh Utara Dengan Pendekatan Sektor Pembentuk PDRB. Tesis. Medan : Universitas Sumatera Utara.
Tambunan, Tulus T H. 2001. Transformasi Ekonomi di Indonesia: Teori &Penemuan Empiris. Jakarta : Salemba Empat.
Kuncoro, Mudrajad. 2004. Otonomi dan Pembangunan Daerah Reformasi, Perencanaan, Strategi Dan Peluang. Jakarta : Erlangga.
Published
2021-07-31
How to Cite
Rahman, A. F., Nujum, S., & Arfah, A. (2021). Analisis Penentuan Sektor Basis dan Pergeseran Struktur Ekonomi di Kabupaten Soppeng. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3), 634 - 652. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/921
Section
Articles