Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Kepribadian Wirausahawan dan Pengalaman Berwirausaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi

  • Masdar Mas'ud Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Mursalim Mursalim Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Wahyuni Saleh Magister Akuntansi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Pengetahuan Akuntasi, Kepribadian Wirausahawan, Pengalaman Berwirausaha, Penggunaan Informasi Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengetahuan akuntansi, kepribadian wirausahawan dan pengalaman berwirausaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari pelaku UKM di Kabupaten Enrekang tepatnya di Kecamatan Maiwa yang bersedia menjadi responden.Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari sumber asli (tidak melalui perantara) dan dikumpulkan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan penelitian dengan memberikan kuesioner kepada 46 orang responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengetahuan Akuntansi, Kepribadian Wirasusahawan dan Pengalaman Berwirausaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi.

References

Belkaoui, A. R. (2000). Teori Akuntansi Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Belkaoui, R. A. (2010). Teori Akuntansi Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Christanti, R. (2012). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Jiwa Kewirausahaan Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi dalam Pembuatan Keputusan Investasi. Universitas Udayana.
Christiani, V. (2012). The Influence of Knowledge Accounting Function and Organizational Commitment on Management Accounting Information System and Its Implication on Manajerial Performances. International Accounting Converence an Accounting Research Student Form.
Erlina, S. M. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis : Untuk Akuntansi dan Manajemen, Cetakan Pertama . Medan: USU Press.
Firdarini, K. C. (Januari 2019). Pengaruh Pengalaman Usaha dan Penggunaan Informasi Akuntansi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Terhadap Keberhasilan Usaha. Jurnal Riset Manajemen Vol 6 No. 1, 25-37.
Fithoriah, S. (2019). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Berwirausaha, dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi.
Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ke 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haron, S. Y. (2004). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntasi dalam Pengambilan Keputusan Investasi. Denpasar : Makalah SImposium Akuntansi VII.
Hendrisna, H. (2015). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. Bandung: Universitas Widyatama.
Hironnymus Jati, B. B. (2019). Menumbuhkan Kebiasaan Usaha Kecil Menyusun Laporan Keuangan . Jurnal Bisnis dan Usahawan Vol. 2 No. 8.
Hudiwinarsih, I. P. (Januari 2012). Persepsi Manajer atas Informasi Akuntansi Keuangan dan Pengaruhnya Pada Keberhasilan Mengelola Perusahaan Kecil dan Menengah di Surabaya. The Indonesian Accounting Review Volume 2 No. 1, 11-24.
Imaduddin, I., Budiandriani, B., & Bahari, A. F. (2021). ANALISIS PENINGKATAN KEPUTUSAN KUNJUNGAN WISATAWAN MELALUI PROMOSI, PRASARANA DAN PELAYANAN. AkMen JURNAL ILMIAH, 18(1), 28-35.
J Arnold, T. H. (1990). Accounting for Management Decisions Second Edition . Great Brittain: Prentice Hall International Inc.
Jr, C. T. (2007). Akuntansi . Dalam Akuntansi Jilid I Edisi 7 (hal. 4). Jakarta: Erlangga.
Judge, S. R. (2007). Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat .
Kasiram, M. (2008). Metodologi Peneletian. Malang: UIN-Malang Pers.
Kiryanto, D. R. (2001). Pengaruh Persepsi Manajer atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan Kecil. 200.
L, S. (1990). Akuntansi Keuangan Lanjutan Edisi 1. Yogyakarta: BFE.
Lestanti, D. (2015). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pengalaman Usaha, dan Motivasi Kinerja Terhadap Persepsi Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Pelaku UMKM Boyolali Yogyakarta. Yogyakarta.
Lincolin, A. (1999). Pengantar Perencanaan dan Pembangunan Ekonomi Daerah. Yogyakarta: BPFE.
Makmun, A. S. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Maula, F. A. (2017). Pengaruh Pengalaman Berwirausaha dan Latar Belakang Pendidikan Terhadap Karakteristik Kewirausahawan Mahasiswa. Semarang .
Mulyadi. (2001). Sistem Akuntansi Edisi Tiga . Jakarta: Salemba Empat.
Musdalifah. (2016). Pengaruh Pemahaman Akuntansi dan Tingkat Pendidikan Terhadap Kualitas Laporan Keuangan. Makassar: Universitas Muslim Indonesia.
Nur Indriantoro, B. S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen Edisi 1 Cetakan Ke 12. Yogyakarta: BPFE.
Philip Kotler, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Pinasti, M. (2007). Pengaruh Penyelenggaraan dan Penggunaan Informasi Akuntansi terhadap Persepsi Pengusaha Kecil atas Informasi Akuntansi. Suatu Riset Eksperimen Akuntansi .
Putra, B. P. (2018). Pengaruh Locus of Control dan Kreativitas Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa Ekonomi Islam FEBI UINSU). Medan : Repositori Institusi USU.
Rahim, S. (2003). Hubungan Antara Enterpreneurship Korporasi dengan Governance, Kepemilikan dan Manajemen Strategik : Study Empiris Perusahaan-Perusahaan di BEJ. Surabaya : Simposium Nasional Akuntansi VI.
Riyanti, B. P. (2003). Kewirausahaan dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian. Jakarta: Grasindo.
Robert Kreitner, A. K. (2005). Perilaku Organisasi Buku 1 Edisi Ke 5. Jakarta: Salemba Empat.
Rotter, J. (1966). Generalized Expectancies fo Internal Versus External Control of Reinforcement. Dalam Physological Monographs.
Rotter, J. (1975). Generalized Expectancies for Internal Versus External Control of Reiforcement. Dalam Psychological Monographs.
S Haswel, S. H. (1989). Estimating the Small Business Failure Rate : A Reappraisal. Journal of Small Business Management.
Sari, A. B. (2014). Persepsi Pemilik dan Pengetahuan Akuntansi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah atas Penggunaan Informasi Akuntansi.
Schmitt, B. (1999). Experiental Marketing. The Free Press New York.
Schumpeter, J. (1934). Theory of Economyc Development. Cambidge: Mass Harvard University Press.
Scott Holmes, N. (1988). An Analysis of The Use of Accounting Information by Australian Small Business. Journal of Small Business Management, 57-58.
Sekaran, B. (2013). Research Methods For Business Edisi 4 Buku 2. Jakarta: Wiley.
Simamora, H. (2000). Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Siregar, A. F. (2009). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Kepribadian Wirausaha Terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Jasa di Kota Medan. Medan.
Sugianto. (2017). Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Usaha, dan Jenis Usaha terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil dan Menengah yang ada di Kecamatan Tanjungpinang Timur. Tanjungpinang: Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.
Sumayang, L. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.
Suryana. (2003). Kewirausahaan : Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses (Edisi Revisi). Jakarta : Salemba Empat.
Suryana. (2013). Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru : Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat.
T, J. A. (1968). Child Psychology Sixth Edition. New York: Prentice Hall Inc.
Tambunan, F. (2019). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi dan Pengalaman Usaha Terhadap Pengembangan Usaha dan Penggunaan Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Intervening (Kajian Empiris Pada Pelaku Usaha Kecil dan Menengah di Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal). Jurnal Ekonomi Islam, 373-374.
Tatang, A. (2011). Populasi dan Samppel Penelitian 4 : Ukuran Sampel Rumus Slovin. Jakarta: Erlangga.
UKM, K. K. (2012).Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
Wahyuni. (2015). Pengaruh Tingkat Pengalaman Berwirausaha, Produktivitas dan Inovasi Terhadap Pengambangan Usaha Kulit Lumpia (Studi Kasus pada UMKM Kulit Lumpia di Kelurahan Kranggan Kota Semarang) . Semarang: Universitas Diponegoro.
Warren, C. D. (2005). Pengantar Akuntansi Buku 1 Edisi 21. Jakarta: Salemba Empat.
Zikmund, W. G. (2003). Integrating Marketing Strategy and Information Technologi. New Jersey : John Wiley and Sons.
Published
2020-10-30
How to Cite
Mas’ud, M., Mursalim, M., & Saleh, W. (2020). Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Kepribadian Wirausahawan dan Pengalaman Berwirausaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(4), 214 - 221. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/904
Section
Articles