Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan

  • Hafid Sumarwadji Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Bahar Sinring Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Mapparenta Mapparenta Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhammad Ridwan Manulusi Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
Keywords: SERVQUAL, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Sinjai. Hipotesis penelitian menggunakan basis teori/konsep, didukung oleh penelitian-penelitian sebelumnya yang mempunyai kesamaan variabel. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif, yang menggunakan data primer. Sampel penelitian ini masyarakat Kabupaten Sinjai yang berjumlah 50 orang. Uji hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Keandalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan masyarakat, Daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan masyarakat, Jaminan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan masyarakat, Empati berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan masyarakat. Bukti langsung tidak berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan masyarakat.

References

Parasuraman, A ; Zeitham , V A; Berry, L. 1990. Delivering Quality Service: Balancing Customer Perception and Expectations. New York: The Free 71 Press.
Sarwono dan Z Rohmad. 2013. Pengaruh Kinerja Pegawai Dan Mutu Pelayanan Pegawai TerhadapKepuasan Masyarakat Dalam Memperoleh Kartu Tanda Penduduk Dan Kartu Keluarga Di Kantor Kecamatan Baki. Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, No: 02/Th.Vi/Agustus 2012 - Januari 2013.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga.
Lembaga Administrasi Negara. 2007. Modul Manajemen Strategis dalam Proses Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. Jakarta : LAN.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius, 2004, Service, Quality Satisfaction. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Published
2021-07-31
How to Cite
Sumarwadji, H., Sinring, B., Mapparenta, M., & Manulusi, M. R. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3), 593 - 602. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/885
Section
Articles