Analisis Komparatif Tanaman Pangan setiap Kecamatan di Kabupaten Sinjai

  • Pardi R. Magister Ilmu Ekonomi, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Isal Anwar Hasan Doktor Ilmu Manajemen, Pascasarjana Universitas Muslim Indonesia
  • Junaiddin Zakaria Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
  • Muh. Arif Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Keunggulan Komparatif, Tanaman Pangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanaman pangan yang ada di Kabupaten Sinjai dan perkembangan keunggulan komparatif tanaman pangan yang akan diprioritaskan sebagai potensi penggerak pembangunan di masing-masing Kecamatan di Kabupaten Sinjai tahun 2020. Pengumpulan data menggunakan data sekunder yang diperoleh dari dokumen kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sinjai dengan fokus analisis pada tanaman pangan yang akan diprioritaskan sebagai potensi penggerak pembangunan disetiap Kecamatan. Tekhnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Location Quotient (LQ) berguna untuk mengidentifikasi basis ekonomi (base sector) suatu wilayah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap Kecamatan memiliki keunggulan yang berbeda-beda, antara lain Kecamatan Sinjai Barat memiliki keunggulan komparatif pada komoditi Padi. Kecamatan Sinjai Borong memiliki keunggulan komparatif pada komoditi Jagung dan Ubi Jalar. Kecamatan Sinjai Selatan memiliki keunggulan komparatif pada komoditi padi dan Ubi kayu. Kecamatan Tellu Limpoe memiliki keunggulan komparatif pada komoditi Jagung dan ubi kayu. Kecamatan Sinjai Timur memiliki keunggulan komparatif pada komoditi Jagung dan Kacang Tanah. Kecamatan Sinjai Tengah memiliki keunggulan komparatif pada komoditi Jagung. Kecamatan Sinjai Utara terdapat implikasi meliki keunggulan komparatif pada komoditi Kacang Tanah, Ubi kayu dan Ubi jalar. Kecamatan Bulupoddo memiliki keuggulan komparatif pada komoditi Jagung dan Kacang tanah. Kecamatan Pulau IX tidak memiliki keunggulan tanaman pangan sebab mata pencaharian masyarakat di Pulau sebagai nelayan untuk menghasilkan ikan.

References

Arifin, B. 2003. Pembangunan Pertanian. Buku Ajar Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas Pertanian.Universitas Lampung.
Riyadi dan Deddy Supriyadi Bratakusumah. 2005. Perencanaan Pembangunan Daerah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Sinjai. 2019. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Wajo. Sengkang.
Badan Pusat Statistik. 2019. Sektor-Sektor Ekonomi. http://www.bps.go.id. Diakses 30 Agustus 2020.
Haryono, D., I. Effendi, A.A. Gumilar, D. A. H. Lestari, dan T.R. Basoeki, 1999. Aspek Ekonomi Penggunaan Benih Padi Unggul di Propinsi Lampung. JSE. Volume 5. Nomor 1.
Emelia dan Imalia. 2006. Modul Ekonomi Regional, Jurusan Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi.
Singaribuan, Efendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Erlangga. Jakarta.
Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2021-07-31
How to Cite
R., P., Hasan, I. A., Zakaria, J., & Arif, M. (2021). Analisis Komparatif Tanaman Pangan setiap Kecamatan di Kabupaten Sinjai. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 4(3), 583 - 592. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/884
Section
Articles