PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI

  • Nurgunawan Abdi Pasca Sarjana, Universitas Muslim Indonesia
  • Muhsin Wahid Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Kompetensi, Lingkungan Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, dan  2) untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis Regresi Berganda. Data penelitian diperoleh dari pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kausal yang bersifat explanatory. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, hal ini berarti bahwa dengan adanya kompetensi yang tinggi, maka kinerja pegawai akan semakin baik sehingga akan menghasilkan kualitas kerja seperti yang diharapkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, dan 2) Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, hal ini berarti bahwa dengan adanya lingkungan kerja yang ada, telah sangat sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Selayar, sehingga tugas dan tanggungjawab yang telah diberikan dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan oleh pimpinan

References

Albatros, E. 2012. Hubungan Kompetensi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kependidikan Universitas Singaperbangsa Kerawang. Jurnal Manajemen. Vol. 10 No. 1.
Alwi. 2016. Analisis Kinerja Pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Mamuju Utara. e-Jurnal Katalogis, Vol 4 No 4. PPs Universitas Tadulako.
Amirullah, 2012, Perilaku Konsumen, Edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : Graha Ilmu, Yogyakarta
Ardana, I Komang Dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha ilmu.
Astutik, Mardi. 2016. Pengaruh Disiplin Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang. Jurnal Bisnis Manajemen & Perbankan. Vol 2 No 2. STIE PGRI Dewantara Jombang.
Bangun, Wilson. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Erlangga. Jakarta.
Byars, Lloyd I. dan Leslie W. Rue. 2008. Human Resource Management. 8th edition. McGraw-Hill.
Darsono dan Siswandoko. 2011. Sumber Daya Manusia Abad 21. Penerbit: Nusantara Consulting. Jakarta.
Dessler, Gary., 2010. Manajemen SDM, Terjemahan Eli Tanya, Edisi IX. PT. Indeks Kelompok Gramedia. Jakarta.
Dhermawan, Anak Agung; Sudibya, I Gde Adnyana dan Utama. 2012. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai Kantor Dinas PU Provinsi Bali. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan. Vol. 6, No.2. Universitas Udayana.
Efendi Mohamad, Agus Widarko dan Achmad Agus Priyono. 2017. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Study Kasus Pada Karyawan Bagian Produksi Perusahaan Rokok Adi Bungsu Malang). e-Jurnal Manajemen. Prodi Manajemen. Fakultas Ekonomi Unisma. Hal: 203-216.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Penerbit: Badan Penerbit UnDip. Semarang.
Gibson, et al, 2010. Organisasi: Perilaku,Struktur,Proses,jilid 1-2. Penerbit: Erlangga. Jakarta.
Gitosudarmo, Indrio dan I Nyoman Sudita, 2008. Perilaku Organisasi. BPFE, Yogyakarta.
Handoko, Hani T. 2008. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Penerbit: BPFE. Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: PT Bumi Aksara. Jakarta.
Hutapea, P., & Thoha, N. 2008. Kompetensi Plus. Teori, Desain, Kasus dan Penerapan untuk HR dan Organisasi yang Dinamis. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Junaidi. 2016. Analaisis Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Sistem Reward Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Pertanahan Kota Padang. Artikel Pascasarjana. Universitas Bung Hatta.
Knoers, A.M dan Hadinoto, S.R, 2011, Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Penerbit: Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Layaman dan Nidak Sofwatun. 2016. Analisis Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank BJB Syari’ah Cabang Cirebon. Jurnal Al-Amwal. Vol 8 No 2. Fakultas Syari’ah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Linawati dan Suhaji. 2012. Pengaruh Motivasi, Kompetensi, Kepemimpinan Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT. Herculon Carpet Semarang).
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2010. Evaluasi Kinerja. Penerbit: PT. Refika Aditama. Bandung.
Manullang, 2012, Manajemen Personalia, Penerbit : Ghalia Indonesia, Jakarta.
Mathis, R.L & Jackson, J.H. 2010. Human Resources Management, Manajemen Sumber Daya Manusia. Terjemahan. Edisi Ke 10. PT. Salemba Emban Patria. Jakarta.
Murbijanto, Reinhard Efraim. 2013. Analisis Pengaruh Kompetensi Kerja dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pegawai Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi). Jurnal Ilmiah Manajemen. Universitas Diponegoro.
Nitisemito, Alex S. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia.. Penerbit: Ghalia Indonesia. Jakarta
Putra, Amni Agus. 2013. Kebijakan Disiplin Kerja Pegawai Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance Pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara) Jurnal Administrasi Reform. Vol 1 No 1. MIAN Fisip Universitas Mulawarman.
Rahim Abdul, Saiyid Syech dan Muhammad Zahari, MS. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjung Jabung Timur. J-MAS. Vol 2 No 2. FE UNBARI
Revita, Meri. 2015. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Sigi. e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 9. PPs Universitas Tadulako
Rivai, Veithzal. 2014. Performance Appraisal: Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Menigkatkan Daya Saing Perusahaan. Penerbit: PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Robbins, Stephen P. 2010. Perilaku Organisasi : Konsep, Kontroversi, Aplikasi, edisi kedelapan versi Bahasa Indonesia, Jilid 1 & 2, PT. Prenhallindo, Jakarta
Robbins dan Judge. 2011. Perilaku Organisasi Buku 1 (Edisi Ke-12). Salemba Empat. Jakarta.
Ruky, Achmad, 2013. Sumber Daya Manusia Berkualitas Mengubah Visi Menjadi Realitas. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Saifuddin, Azwar. 2008, Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Samsudin, Sadili, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia, Penerbit: Pustaka Setia. Bandung.
Sartika, Amwiarni. 2015. Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Koa Palu. e-Jurnal Katalogis, Volume 3 Nomor 1. PPs Universitas Tadulako.
Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2013. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Penerbit: Bumi Aksara. Jakarta.
Sedarmayanti. 2011. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit: CV. Mandar Maju. Bandung.
Simamora, Henry. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi kedua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (YKPN). Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit: Alfabeta. Bandung.
Suprayitno dan Sukir. 2007. Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Sumberdaya Manusia 2 (1) : 23-34.
Sutrisno, Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit: Kencana. Jakarta.
Untari Siti dan Wahyuati Aniek. 2014. Pengaruh Kompetensi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmu & Riset Manajemen. Vol 3 No. 10. STIESIA Surabaya.
Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja Edisi Ketiga. Penerbit: PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Wirawan, 2011. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Teori, Aplikasi, Dan Penelitian, Penerbit: Salemba Empat. Jakarta.
Yunarsih, Tjutju dan Suwatno, 2008, Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori, Aplikasi dan Isu Penelitian. Penerbit : Alfabeta. Bandung.
Yunanda, M.A. 2012. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan. (Studi Pada Perum Jasa Tirta I Malang Bagian Laboratorium Kualitas Air).
Published
2018-10-31
How to Cite
Abdi, N., & Wahid, M. (2018). PENGARUH KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI. PARADOKS : Jurnal Ilmu Ekonomi, 1(1), 66-81. Retrieved from https://jurnal.fe.umi.ac.id/index.php/PARADOKS/article/view/86
Section
Articles